AC Bikin Gemuk? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

AC Bikin Gemuk?

AC Bikin Gemuk?
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Berdingin-dingin dalam ruangan ber-AC saat musim panas pasti sangat menyenangkan, tapi pernakah kita berpikir jika AC bisa bikin kita gemuk? AC dan penghangat ruangan sengaja dibuat untuk membuat tubuh tetap pada temperatur normal atau berada di 'The Thermoneutral Zone', yaitu temperatur di mana tubuh tak perlu lagi mengatur suhu badan untuk beradaptasi dengan suhu ruangan.

Dan saat tubuh kita di atas atau di bawah temperatur normal tersebut, tubuh secara otomatis akan meningkatkan jumlah energi yang tersimpan dalam tubuh, namun dengan bantuan pendingin atau penghangat ruangan, tubuh tak perlu lagi bekerja ekstra. Hal ini membuat energi tubuh yang tersimpan dalam tubuh, seperti lemak tetap aman di tempatnya dan membuat tubuh cenderung membengkak.

"Tanpa disadari hal tersebut menjadi salah satu faktor yang potensial meningkatkan epidemi kegemukan di Amerika," kata David Allison, kepala Clinical Nutrition Research Center dari Universitas Alabama di Birmingham, seperti dilaporkan ABCnews awal Juli lalu.

Sebenarnya kegemukan itu sendiri tak hanya karena pengaruh suhu, namun juga bisa terjadi kebiasaan mengudap makanan cepat saji, kurang olahraga, menjalani pengobatan, gangguan tidur dan bahkan berhenti merokok yang membuat seseorang jadi lebih suka ngemil untuk mengalihkan perhatian, seperti yang dimuat dalam Jurnal International Journal of Obesity.

Ada banyak faktor yang membuat berat badan seseorang naik, misalnya gangguan tidur kronis. Banyak warga Amerika mengalami masalah tidur dan saat lelah, mereka tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Alhasil salah satu cara untuk mendapat energi adalah dengan makan secara berlebihan," tambah David Jenkins, pemimpin riset yang meneliti masalah hizi dan metabolisme tubuh dari Kanada.

Menjalani pengobatan medis seperti konsumsi obat anti-diabetic dan antihistamin (obat anti-alergi) juga bisa menaikkan berat badan. Atau tengah menjalani pengobatan hormon, terutama pada obat pencegah kehamilan atau obat yang bersifat hormonal.

Selain itu faktor keturunan adalah faktor utama yang berperan membuat seseorang menjadi gemuk. Dari penelitian sebelumnya menunjukkan indeks massa tubuh seseorang memiliki peranan yang menentukan seseorang menjadi gemuk sekitar 65 persen.

Namun bagaimana dengan pendingin ruangan, benarkah AC bisa membuat seseorang menjadi gemuk? Darwin Deen, seorang profesor dari Albert Einstein College of Medicine, Bronx, N.Y. membantah anggapan tersebut, menurutnya temperatur ruangan sama sekali tak memiliki hubungan dengan kenaikan berat badan.

"Sekitar 30 persen obesitas lebih disebabkan faktor keturunan. Namun kenaikan berat badan berdasarkan fakto ini baru tampak setelah kurun waktu 25 tahun, papar Terrill Bravender, dari Duke University Medical Center, yang menyebutkan bahwa iklim yang berbeda-beda tak berpengaruh pada naik turunnya berat badan, dan keberadaan alat pendingan juga tak memberi efek pada kenaikan berat badan.

"Gaya hidup juga menjadi penyebab utama seseorang menjadi gemuk. Karena itu menganut gaya hidup aktif adalah cara terbaik mengatur berat badan," jelas Keith-Thomas Ayoob, profesor dari Department of Pediatrics, Albert Einstein College of Medicine. (abc/rit)
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

 

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Gemuk Lebih Mudah Depresi nurcahyo Kesehatan 2
Gemuk karena Bahagia KalinaMaryadi TV & Film 0
Gemuk Lebih Mudah Depresi nurcahyo Kesehatan 0
Gemuk Lebih Mudah Depresi nurcahyo Kesehatan 0
Berhenti Merokok Bikin Gemuk? nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.