Kerja Lembur Lebih Buruk Pada Wanita

nurcahyo

New member
Kerja Lembur Lebih Buruk Pada Wanita

KapanLagi.com - Bekerja melebihi batas waktu atau lembur ternyata memiliki dampak yang lebih buruk terhadap wanita dibanding pria. Sebuah riset yang dipublikasikan Kamis (13/07) menyebutkan wanita lebih banyak melakukan hal yang tak sehat jika mereka bekerja terlalu lama atau bekerja dalam tekanan, seperti mengkonsumsi makanan tak sehat, minum kopi berlebihan dan merokok.

"Wanita yang bekerja melebihi kapasitas kerja lebih suka ngemil snack berlemak dan berkadar gula tinggi, kurang olahraga, lebih banyak konsumsi kopi dan merokok lebih banyak dibanding pria," jelas Dr. Daryl O'Connor, peneliti dari Britain's Leeds University, seperti yang dilaporkan Reuters.

"Sementara pria tak banyak mengalami perubahan dalam kebiasaan berolah raga, konsumsi kopi dan kebiasaan merokok saat bekerja lembur," tambah O'Connor dalam pernyataan yang dimuat di Economic and Social Research Council.

Dalam penelitian ini O'Connor dan tim mempelajari efek stres pada kebiasaan makan, apa yang menyebabkan stres baik di rumah maupun di tempat kerja dan bagaimana mereka bereaksi terhadap hal itu.

Hasilnya menunjukkan mayoritas responden mengalami stres karena urusan pekerjaan, seperti menyiapkan presentasi, meeting dengan bos atau menangani perkejaan yang menerapkan sistem deadline. Hal tersebut membuat wanita lebih suka ngemil makanan berlemak dan jarang mengkonsumsi buah dan sayur.

"Stres membuat orang meninggalkan kebiasaan makan mereka atau biasa disebut 'emotional eaters'. Mereka yang masuk dalam golongan ini adalah mereka yang cenderung menjadikan makanan sebagai pelarian kapanpun mereka merasa emosi mereka tak stabil, tambah O'Connor. (rtr/rit)
 
Back
Top