Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

nurcahyo

New member
Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Mungkin tak banyak orang menyadari, bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Tak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari. Sarapan memberi modal energi pada Anda untuk berktivitas sepanjang hari. Sebenarnya, selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Berikut beberapa manfaat dari sarapan.

Memberi Kekuatan Metabolisme Setelah Sepanjang Malam - Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula Anda. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang Anda makan. Di pagi hari, setelah Anda tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh Anda turun ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh Anda menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

Berguna Untuk Penurunan Berat Badan - Selama tidur 12 jam tubuh Anda puasa sepanjang malam, dan di pagi hari Anda berada dalam tahap pertama merasa lapar. Melewatkan sarapan membuat tubuh Anda tetap 'dalam kelaparan,' sedang mengkonsumsi makanan yang bagus akan memberi peningkatan metabolisme. Jika Anda dalam upaya mengurangi berat badan, hal terakhir yang Anda ingin lakukan Andalah tingkat metabolisme rendah. Sarapan makanan sehat akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Lebih jauh, sarapan dapat meningkatkan tingkat energi Anda sebagaimana metabolisme sepanjang hari.

Menambah Esensial Nutrisi Dan Tingkat Keseluruhan Energi - Sarapan menyediakan proporsi significan asupan total nutrisi untuk sepanjang hari, dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat. Esensial vitamin, mineral dan nutrisi lainnya hanya dapat diperoleh dari makanan.

Memberi Otak Anda Bahan Bakar Untuk Meningkatkan Konsentrasi - Sarapan memperbaiki kemampuan Anda berpikir dan menjaga Anda tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan.


Menghindari Makan Tak Terkontrol - Sarapan dengan baik akan menjaga Anda dari rasa lapar berlebih, dimana ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat Anda meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong Anda mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Apapun yang Anda pilih untuk menu sarapan, beri tubuh dan otak Anda energi yang dibutuhkan untuk dibawa sepanjang hari. Berlakulah baik pada diri Anda sendiri, dan biasakan sarapan. Kebiasaan ini akan membuat Anda merasa lebih baik sepanjang hari. (.articlebiz/erl)
 
Saya saranin ya sarapan teratur. Kalau lagi hari kerja, stapan saya yang gampang saja; orak-oraik sama bacon dan satu lembar roti (orange juice dan coffee) atau telur rebus (matang) , sesekali mie intsant (tambahin sayur dan daging cincang (minced beef)), terkadang cuman oat meal dan bacon, atau muslie(biji-bijian kering) tambah susu.
Siang saya jarang makan kecuali kalau lagi ada meeting di luar office baru deh di sempetin kalau di tempat tersebut ada warung/restauran
Malamnya? lebih simple kalau sudah makan siang.
Paling roti lagi dan proscuito (jenis daging asap olahan) atau kalau lagi pengen banget, masak kari ayam sendiri (cuman karena saya sendirian di flat, malas masaknya kecuali weekend baru ngundang teman kerja untuk makan malam bersama)
 
sejak tahun 1976 saya tidak pernah serapan pagi tetapi sapai saat ini tidajk mengalami problem metabolisme tetapi bila saya lapar lang sung makan tidak punya jadwal untuk makan apa akibatnya nanti untuk saya
 
Sarapan pagi merupakan ibadah yang harus kita tunaikan dan janganlah kita menjolimi tubuh yang sudah sempurna ini,jangan menjadi manusia yang egois dengan tidak sarapan
 
soal sarapan..... wah itu sangat penting sekali, karena dgn sarapan kita bisa tahan sampai siang, seandainya kita terlambat makan siang jadi tidak akan pengaruh sekali. apalagi bagi orang2 yang sibuk sperti saya ini.
 
dari mulai kecil saya gak pernah tuh sarapan....
smpi skrg ga da problem
 
Sarapan ??? duch....kLO aku jrg kli yg nma'y sarapan.tp kLO smpet bys'y sarapan kOk,cmn kLO dah buru2 amat jd mLz sarapan.smpe siang pun saya tahan az rasa Lapar.kebiyasaan yg buruk ya?jan d'tiru ya??
 
Bls: Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

iya sarapan tu penting bagi tubuh kita kalau tidak sarapa aktivitas kita akan terhambat. bisa- bisa magh akan menyerang kita ya antisipasi nya sarapan sebelum melakukan aktivitas walapun itu hanya sesendok nasi atau sepotong roti ^_^
 
Bls: Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Sekarang roti menjadi hot issue di Amerika ketika org Amerika-pun sekarang ini menjerit: Too Much Bread Improver, Too much Bread softener, Too Much Preservative.

Pengujian roti di Malaysia menunjukkan bahwa 92% dari roti yang ber-edar (termasuk roti ternama atau roti yang dihidangkan di restoran siap saji) mengandung pengawet hingga 5 kali dari yang dibenarkan oleh undang-undang.
Diperkira-kan hal yang sama juga terjadi pada industri makanan di Indonesia-pun.

Di Indonesia makanan basah seperti mie basah, bakso basah, tahu basah, roti, dll, mengandung terlalu banyak pengawet. Dan karena mau murah mereka memakai pengawet yang bukan food grade. Padahal kebanyakan pengawet dihubungkan dengan penyakit ADD hiperaktive. Dan Bread Improver yang terlalu banyak untuk supaya roti dapat mengembang besar sekali bisa menimbulkan kanker (Source Wikipedia: Bread Improver)

Kemarin ini di sekolah untuk anak kurang mampu, aku lihat anak cewek umur 5 tahun cakep, tapi kalau diperhatikan lagi anak kecil ini terkena penyakit ADD hiperactive(Jadi kerja-nya goyang melulu). Kasihan sekali, ya !!

Sekarang juga sudah ada pengganti roti yang lebih sehat, yaitu roti beras kering (rice cake).
Kalau yang buatan Australi nama-nya Sun Rice, kalau yang buatan lokal nama-nya N_asiKriuk Debbie (Tersedia di All Fresh atau Mini market Nano Pluit atau Supermarket Rezeki). Harga-nya juga tidak mahal.
Rice cake /roti beras kering ini:
Karena kering, tidak perlu pengawet.
Karena terbuat dari beras, tidak perlu pengembang yang bisa menyebabkan kanker.
Karena terbuat dari beras, bukan gandum, rendah kalori-nya, bisa tetap langsing.

Karena banyak-nya obesitas (kegemukan), org Amerika sekarang juga berpindah dari gandum ke beras (cereal mereka yg pakai beras seperti cocoa puff atau rice krispy).

Trm kasih.
 
Bls: Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

ak jarang sarapan pagi loh paling banter jam 10. 00 makan roti sobek dan segelas capucino
 
Back
Top