Panasonic Berencana Caplok Sanyo

warrior

New member
Panasonic Berencana Caplok Sanyo


Panasonic menyatakan siap mengakuisisi Sanyo. Jika tender offer ini berhasil maka Panasonic diperkirakan mampu menjadi produsen elektronik terbesar di dunia.

Tender offer ini telah dimulai Panasonic dengan harga USD4,4 miliar. Produsen TV plasma terbesar di dunia ini berharap dapat memiliki sekira 50 persen dari saham Sanyo. Panasonic sendiri mengincar bisnis solar panel dan baterai isi ulang milik Sanyo.

"Penawaran ini telah kami mulai sejak saat ini, 5 November hingga 7 Desember di harga USD1,4 per saham,' ujar juru bicara Panasonic Akira Kadota, seperti dikutip melalui Associated Press, Kamis (5/11/2009).

Pemegang saham mayoritas Sanyo, Goldman Sachs, Daiwa Securities SMBC dan Sumitomo Matsui Banking Corp telah setuju untuk memberikan saham gabungan mereka yang berjumlah 3,07 miliar kepada Panasonic sesuai dengan harga di atas. Jika digabungkan, ketiga perusahaan tersebut memiliki 70 persen dari total saham Sanyo.

Sanyo didirikan oleh Konosuke Matsushita, yang notabene masih memiliki hubungan dengan pendiri Panasonic. Sanyo sempat menjadi produsen ternama di Jepang, namun belakangan perusahaan itu terus mengalami penurunan pendapatan dan kehilangan pamor.



sumber :eek:kezone.com
 
Back
Top