Di-PHK Picu Serangan Jantung Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Di-PHK Picu Serangan Jantung




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Di-PHK Picu Serangan Jantung

Di-PHK Picu Serangan Jantung


KapanLagi.com - Kehilangan pekerjaan adalah sebuah hal yang tak diinginkan semua orang, apalagi pada usia paruh baya dan dalam kondisi yang serba sulit seperti sekarang ini. Kehilangan pekerjaan bisa memicu tingkat stress dan serangan jantung, seperti yang diungkapkan penelitian terbaru oleh para ilmuwan Yale University.

Para periset meneliti 4.301 orang dari usia 51-61 yang bekerja pada 1992. Dalam jangka waktu lebih dari 10 tahun, pada 582 orang yang di-PHK sekitar 23 orang di antaranya mengalami serangan jantung dan 13 mengalami stroke, seperti yang dimuat dalam Jurnal Occupational and Environmental Medicine.

"Banyak individu yang mengatakan kehilangan pekerjaan adalah pengalaman yang sering membuat mereka stres, terutama kehilangan pekerjaan secara mendadak," ujar

"Saya rasa yang semakin membuat stress adalah faktor usia, di mana usia 50 tahun adalah usai yang sulit untuk menemukan pekerjaan lain," jelas Hugh Robertson, dari Trade Union Congress.

Dari total responden, sekitar 202 mengalami serangan jantung dan 140 mengalami stroke, jumlah ini termasuk mereka yang kehilangan pekerjaan, pensiun, atau berhenti untuk sementara dari pekerjaan mereka.

Salah satu penyakit yang banyak dialami kalangan pekerja usia lanjut adalah diabetes, kegemukan dan darah tinggi, dan mengalami peningkatan serangan jantung sekitar 2,5 persen dan 2,4 stroke, pada mereka yang di-PHK.


"Diberhentikan dari pekerjaan pada usia lanjut memicu seseorang makin stress dan tertekan karena mereka tak mampu mencari pekerjaan lain karena usia mereka. Pensiun juga membuat mereka merasa tak lagi dibutuhkan, dan hal ini sering membuat resiko penyakit makin naik, tambah Hugh Robertson.

Hal yang sama juga dikemukakan Ellen Mason, ahli medis jantung di British Heart Foundation, mengatakan berhenti beraktivitas secara mendadak atau merasa tak lagi dibutuhkan membuat seseorang sering merasa stress dan tertekan. Namun kita tak bisa secara pasti menyimpulkan bahwa hal tersebut adalah penyebab utama stres dan serangan jantung meningkat di kalangann usia 50 ke atas, karena masih ada penyebab lain selain diberhentikan dari pekerjaan, misalnya masalah keluarga. (bbc/rtr/rit)
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **


Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Stress Pasca-Trauma, Picu Serangan Jantung nurcahyo Kesehatan 0
Jurnal of Medicine: Berita Buruk Picu Serangan Jantung nurcahyo Kesehatan 0
Email Picu Serangan Stroke nurcahyo Kesehatan 0
Alkohol Picu Serangan Asam Urat nurcahyo Kesehatan 0
Stress Pasca-Trauma, Picu Serangan Jantung nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.