Lippo Karawaci Terbitkan Saham Baru

Dewa

New member
JAKARTA — PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) akan menerbitkan Rp 957 milan atau 112 juta dolar AS saham baru melalui penempatankepada Lippo Group (LIPPO). Aksi korporasi mi dilakukan untuk mendanai sebagian besar akuisisi 27,24 persen kepemilikan di Lippo-Mapletree Indonesia Retail Trust (LMIRT), yang tercatat di Bursa Efek Singapura.
Selain itu, LKPR pun akan rnengakuisisi 40 persen kepemilikan aset manajer Lippo Mapletree Indonesia Retail Trust Management Ltd (LMIRT Mgt). “Langkah ml akan mendonong nilai mal dan asset management LPKR menjadi 4 miliar dolar AS atau Rp 34 tniliun dalam 3-4 tahun,” ujar Presiden Direktur LPKR, Ketut Budi Wijaya, akhir pekan lalu.
Sebagai bagian dan rencana tersebut, L1PPO telah melaksanakan penempatan 1,45 miliar saham yang dimiliki oleb afiliasinya, Pacific Asia Holdings Limited (PAH). Total penempatan sebanyak 112 juta dolar AS atau Rp 957 miliar kepada investor institusional strategis yang diatur oleh CLSA, Singapore Pte Ltd (CLSA),” ujarnya.
Dana penyertaan PAH akan mendanai 70,4 persen langkah akuisisi. Sisanya, yaitu sebesar 47,1 juta dolar AS atau Rp 403 miiar atàu 29,6 persen dari akuisisi tersebut akan didanai oleh kas internal LPKR. Hingga akhir Maret 2011, kas LKPR tercatat 383,2 juta dolar AS atau Rp 3,277 triliun.
LKPR pun setuju untuk melakukan direct placement untuk merealisasikan rencana tensbut. Dengan demikian, LKPR akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 10 persen saham barn tanpa hak memesan efek terlebih dahulu. “Rencana mi telah mendapat persetujuan dan pemegang saham LPKR,” katanya. Saham-saham barn yang dikeluarkan tidak akan dapat dlperdagangkan selama 12 bulan. Saham baru tersebut dipatok pada harga Rp 660 per saham.
Setelah tnansaksi, kepemilikan LPKR di LMIRT akan meningkat menjadi 29,5 5ersen dari 2,26 pensen yang saat liii dimiliki melalui 60 pensen LMIRT Mgt, anak perusahaan. Unit-unit LMIRT akan dinilai sesuai hangs pasar, pads 56 sen dolar Singapura atau 45 sen dolar AS per unit. Sementara itu, 40 persen dan LMIRT Mt dinilai 31,9 juta dolar
Singapura atau Rfr220 miliar. Angka mi setara dengan 14,74 kali proyeksi EBITDA 2011 dan LMIRT bgt.


Sumber : republika
 
Back
Top