Murah dan Cepat dengan Back Bulb
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Murah dan Cepat dengan Back Bulb

Tidak semua bulb tua dapat dirangsang memunculkan keiki. Herman, penganggrek kawakan di Cipayung, Jakarta Timur itu, memilih back bulb yang masih segar dan sehat. Itu ditandai dengan belum banyak kerutan, masih punya mata tunas aktif, dan tidak terserang hama dan penyakit. Calon tunas terbentuk di pangkal, ujung, dan ruas bulb. Bila mata tunas menghitam, berarti tanaman tak akan menghasilkan tunas baru.

Ada 2 cara untuk merangsang bulb tua menghasilkan keiki. Yaitu dengan melukai umbi semu utama dan memotong langsung bulb tua. Yang disebutkan terakhir itu dapat dilakukan dengan syarat tanaman memiliki minimal 4 bulb. Maksudnya, agar setelah dipisahkan pertumbuhan tanaman tidak terganggu karena masih ada 3 bulb yang tersisa.

Pisahkan bulb tua dari tanaman induk menggunakan pisau, lalu dikeringanginkan di atas kawat kasa. Bulb tetap hidup selama masih berwarna hijau. Selanjutnya back bulb disiram larutan vitamin B1 dengan cara pengkabutan atau fogging . Dosis pemakaian 1 cc per 5 l air, diberikan 2 kali sehari, pagi dan sore. Jika cuaca mendung cukup sehari satu kali.

Selang 2 - 3 minggu tunas baru muncul. Ketika tunas muncul segera tegakkan bulb agar keiki tumbuh lurus. Setelah keiki berumur 2 bulan, setinggi 1 cm dan terdapat 1 - 3 akar, pindahkan ke media sabut kelapa. Keiki dipindahkan ke pot individu 4 - 6 bulan kemudian. Dengan perlakuan seperti itu, tingkat keberhasilan mencapai 90%.

trubus-online.com
andree_erlangga
andree_erlangga andree_erlangga is offline
National Level

Post: 1.896
 
Reputasi: 5

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.