Diperbanyak Jadi Mutasi
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Diperbanyak Jadi Mutasi

Tipe mutasi ada 3 bentuk,? ungkap Gregori Hambali, pakar aglaonema di Bogor. Perubahan bentuk yang dihasilkan ada yang bersifat stabil sehingga penampilan yang abnormal tidak berubah meski diperbanyak terus-menerus. Tipe mutasi lainnya: tidak stabil. Setelah mengalami penyimpangan, tanaman masih berubah ke bentuk lain. Mutasi terakhir bersifat reversible, yaitu mudah balik ke bentuk asli.

Penyebab mutasi bermula dari munculnya kelainan di jaringan sel tanaman. Jika bagian yang mengalami kelainan hanya sebagian (sektoral) maka dihasilkan tanaman berdaun merah dan hijau yang terpisah. Bila terjadi persis di titik tumbuh, menjadikan tanaman berubah total. Misal, bila sebelumnya hijau, maka tanaman baru itu jadi merah, kuning, atau paduan kedua warna.

Perubahan bentuk sering dialami aglaonema lantaran kerabat Araceae itu kerap diperbanyak secara vegetatif, yakni setek batang. Sel-sel mutasi yang sebelumnya dorman, terpicu bangun dan membentuk tunas yang mengalami penyimpangan. Perubahan sosok berupa warna, guratan daun, dan bentuk daun yang berlainan.

Saat ini donna carmen dan pride of sumatera kerap dijumpai bermutasi. Itu lantaran keduanya paling sering diperbanyak masyarakat. Toh tak semua donna carmen berpeluang mengalaminya. Hanya yang mewarisi ?darah? mutasi saja yang menjelma menjadi si cantik atau si buruk rupa

trubus-online.com
andree_erlangga
andree_erlangga andree_erlangga is offline
National Level

Post: 1.896
 
Reputasi: 5

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.