[materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain > Arabic/Arab
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


[materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats



pertanyaan dan komentar silahkan.....

sumber percakapan :
http://indonesiaindonesia.com/f/5915...sa-arab-super/
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 172

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

den masykur, untuk yang isim muannats yang tidak menggunakan ketiga tanda itu masih banyak lagi ga contohnya apa cuma angin, jiwa, matahari, atau masih ada lagi? begitu juga dengan yang isim mudzakkar? pa masih ada yang lainnya?
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.560
 
Reputasi: 240

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
den masykur, untuk yang isim muannats yang tidak menggunakan ketiga tanda itu masih banyak lagi ga contohnya apa cuma angin, jiwa, matahari, atau masih ada lagi? begitu juga dengan yang isim mudzakkar? pa masih ada yang lainnya?
masih banyak tapi aku udah lupa...nanti aku tanya sama kakakku dulu, dia yang lebih ngerti ilmu nahwu....tunggu jawabannya:finger:
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 172






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

weh makasih den masykur udah diusahain... iyah nih, biar tahu aja kalau sewaktu waktu ketemu sama kata kata yang ga menggunakan ciri2 khusus itu... hehe... biar ga bingung tuh termasuk isim muannats apa isim mudzakkar... makasih banyak sebelumnya...
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.560
 
Reputasi: 240

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
weh makasih den masykur udah diusahain... iyah nih, biar tahu aja kalau sewaktu waktu ketemu sama kata kata yang ga menggunakan ciri2 khusus itu... hehe... biar ga bingung tuh termasuk isim muannats apa isim mudzakkar... makasih banyak sebelumnya...
ini aku dapat dari :http://badar.muslim.or.id

1. Isim Mudzakkar adalah isim yang menunjukkan jenis laki-laki

a. Isim Mudzakkar Haqiqi

Isim yang berasal dari kelompok makluk hidup yang berjenis kelamin laki-laki.

Contoh:

تِلْمِيْذٌ (Seorang siswa laki-laki)

أَسَدٌ (Seekor singa jantan)

b. Isim Mudzakkar Majazi

Ism yang berasal dari kelompok benda mati yang dianggap berjenis kelamin laki-laki berdasarkan kesepakatan orang arab.

Contoh:

بَيْتٌ (Sebuah rumah)

قَمَرٌ (Bulan)

2. Isim Muannats adalah isim yang menunjukkan jenis perempuan

A. Isim Muannats Haqiqi

Isim yang berasal dari kelompok makluk hidup yang berjenis kelamin perempuan.

Contoh:

مُدَرِّسَةٌ (Seorang pengajar perempuan)

هِرَّةٌ (Seekor kucing betina)

B. Isim Muannats Majazi

Isim yang berasal dari kelompok benda mati yang dianggap berjenis kelamin perempuan berdasarkan kesepakatan orang arab

Contoh:

دَارٌ (Sebuah perkampungan)

شَمْسٌ (Matahari)


Tanda-Tanda Isim Muannats Diantaranya:

1. Isim yang diakhiri dengan ta’ marbuthoh

Contoh:

مَدْرَسَةٌ (Sekolah)

قَلَنْسُوَةٌ (Peci)

مُدَرِّسَةٌ (Seorang pengajar perempuan)

مُسْلِمَةٌ (Perempuan muslimah)

2. Nama orang perempuan


Contoh:

مَرْيَمُ (Maryam)

زَيْنَب (Zainab)

3. Isim yang khusus untuk perempuan

Contoh:

أُمٌّ (Ibu)

مُرْضِعٌ (Orang yang menyusui)

4. Nama negara atau kota

Contoh:

إِنْدُوْنِيْسِيَا (Indonesia)

جُوْكْجَاكَرْتَا (Jogjakarta)

5. Nama anggota badan yang berpasangan

Contoh:

عَيْنٌ (Mata)

يَدٌ (Tangan)

6. Jamak taksir

Contoh:

كُتُبٌ (Buku-buku)

فِرَقٌ (Golongan-golongan)

Catatan:

Nama orang laki-laki, walaupun diakhiri dengan ta’ marbuthoh tetap dikatakan sebagai isim mudzakkar

Contoh :

أُسَامَةُ (Usamah)

مُعَاوِيَةُ (Mu’awiyah)
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 172






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

oh gitu to.... oke deh den masykur, makasih.... aku pelajari dulu, nanti kalau ada pertanyaan lagi aku tanya lagi yah.. hihi..
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.560
 
Reputasi: 240

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

tafadhol silahkan...
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 172






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Bahasa arabnya cinta apa bro?
National Level

Post: 478
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Kutip:
Oleh andiandia View Post
Bahasa arabnya cinta apa bro?

اَـــــــــــَبَّ - يُــــــــــِبُّ
اَنَا اُــــــــــــبُّكَ
هَلْ أَنْتَ تُــــــــــبُّنِي؟

ـــــــــــtanda ini berarti huruf ha (kecil) karena tidak bisa tampil di browser
ahabba-yuhibbu=mencintai-menyukai
ana uhibbuka=saya menyukaimu
hal anta tuhibbuni?=apakah kamu menyukai saya?
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 172






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

makasih bang masykur....
oyah yang tanda- tanda Isim Mudzakkar kayaknya belum ya bang...?
trus yang tanda isim muannats..asal ada akhiran ta’ marbuthoh, selain nama pria,,,sudah memang pasti masuk ke isim muannats ya.

Lalu lagi saya mo nanya karna mang nggak tahu,,,kok dibagi- bagi menjadi 2 isim ini kenapa dan untuk apa? minta pencerahannya yak bang,,,makasih sebelumnya
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 51

__________________
Putri PetiR

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
[materi dasar B.arab 4] Tata bahasa - pembagian kata masykur Arabic/Arab 8
DOWNLOAD "matan al-ajrumiyah" dasar-dasar tata bahasa arab GRATIS! masykur Arabic/Arab 11
[materi dasar B.arab 5] Tata bahasa - kata benda nama (isim alam) masykur Arabic/Arab 5
[materi dasar B.arab 3] Percakapan - Keluarga masykur Arabic/Arab 9
[materi dasar B.arab 2] Percakapan - Kebangsaan masykur Arabic/Arab 6


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.