Vit D-Kalsium Minimalkan Resiko Jatuh Lansia

nurcahyo

New member
Vit D-Kalsium Minimalkan Resiko Jatuh Lansia
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Konsumsi suplemen vitamin D dan kalsium secara teratur pada wanita lanjut usia (lansia) dapat mengurangi resiko untuk terjatuh, menurut hasil sebuah studi baru-baru ini.

Dr. Heike A. Bischoff-Ferrari dari Rumah Sakit Universitas Zurich, Swiss, dan rekan melakukan riset pada 199 pria dan 246 wanita, yang berusia 65 tahun ke atas (rata-rata 71 tahun).

Sebagian dari mereka diminta untuk mengkonsumsi vitamin D dan kalsium, dan sebagian lainnya mengkonsumsi placebo (bahan yang sebenarnya bukan obat dan tidak mempunyai dampak apapun pada fisik).

Setelah tiga tahun, 49 persen pria dan 55 persen wanita mengaku mudah terjatuh, menurut laporan yang diterbitkan di Arsip Kedokteran Internal. Sementara dari total 231 kali terjatuh tersebut, 107 terjadi pada mereka yang mengkonsumsi vitamin D-kalsium, dan 124 pada kelompok placebo.

Menurut analisa data tersebut, secara keseluruhan vitamin D-kalsium tidak menurunkan resiko terjatuh pada semua orang.

Namun, khusus pada wanita, vitamin D dan kalsium secara mencolok mengurangi resiko terjatuh, yaitu sebanyak 46 persen. Penurunan yang berarti tidak terjadi pada pria, walau mereka mengkonsumsi vitamin D dan kalsium.

"Wanita lansia yang masih bisa berjalan memiliki kekuatan otot yang lebih rendah dan memiliki resiko mudah terjatuh dibanding pria lansia yang masih bisa berjalan. Namun kemungkinan tersebut jarang dijumpai pada pria yang kurang aktif tapi tetap menjalani perawatan," jelas Bischoff-Ferrari dan rekan yang menyebut penelitian ini masih belum pasti. (rtr/rit)
 
Back
Top