Si Kecil Pun Perlu Keramas

nurcahyo

New member
Si Kecil Pun Perlu Keramas
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Rambut adalah mahkota, yang harus selalu dipelihara dan dijaga sebaik mungkin. Pemeliharaan rambut ga hanya dilakukan saat menginjak dewasa, namun juga harus dilakukan sedari kecil, bahkan mulai bayi kebersihan rambut pun harus dijaga.

Keramas bagi orang dewasa bukanlah sebuah masalah, tapi bagi sikecil keramas menjadi hal yang membuat mereka enggan untuk mandi, terutama saat busa sabun masuk ke mata. Namun bagi ibu yang bijaksana dan mengerti akan pentingnya kesehatan, selalu ada solusi terbaik untuk agar si kecil mau keramas.

Pengotor Rambut di Kulit Kepala Bayi

Seperti halnya rambut orang dewasa, rambut bayipun tak lepas dari kotoran. Zat berlemak yang mengendap di kulit kepala bayi berasal dari minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar rambut. Pengotor lain adalah sel-sel mati dari kulit ari atau epidermis, yang merupakan lapisan permukaan kulit.

Selain kotoran dari rambut itu sendiri, mungkin para orang tua tak menyadari bahwa sabun dan bedak yang kerap digunakan pada bayi mereka juga bisa menjadi penyebab kotornya kepala bayi. Memang, sabun kalau digunakan pada kulit tubuh dapat berfungsi sebagai pembersih, tetapi jika digunakan pada kulit kepala, sabun dapat menyebabkan rambut tersalut endapan.

Mengapa Bayi Perlu Keramas

Keramas bukan hanya monopoli anak yang lebih besar atau orang dewasa saja, bayi yang baru lahirpun memerlukan untuk keramas. Mengapa? karena pada kepala bayi tak memiliki cukup rambut untuk menyerap seluruh minyak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak di kepalanya, sehingga sering mengakibatkan terjadi penumpukan kotoran di kepalanya, yang menyebabkan timbulnya jamur.

Untuk mengatasi masalah ini, rambut bayi perlu dikeramas. Sebelum dikeramas, terlebih dahulu gosok bagian yang memiliki banyak kerak atau endapat kotoran tadi dengan minyak khusus untuk bayi (baby oil). Pemilihan sampo khusus bayi juga harus diperhatikan, sebaiknya tidak menggunakan sabun untuk membersihkan rambut, dan tidak memilih sampo untuk orang dewasa.

Bayi yang jarang dikeramas, pertumbuhan rambunyapun akan sulit berkembang, dan jika tumbuh, rambut bayi akan kelihatan kaku dan tak menarik, ini karena kulit kepala yang kering dan bersisik. Berbeda dengan bayi yang selalu rutin dikeramas, kulit kepala akan selalu bersih, sehingga jamur tak bisa berkembang, yang menjadikan rambut akan tumbuh dengan baik dan lembut jika dipegang.

Sampo Khusus Bayi

Sampo untuk bayi berbeda dengan sampo untuk orang dewasa, perbedaannya terletak pada jenis deterjen yang digunakan. Deterjen pada sampo untuk orang dewasa lebih aktif dan dapat menimbulkan rasa perih jika terkena mata. Sekalipun tidak berbahaya, namun rasa perih itu sungguh tidak nyaman bagi bayi, bisa-bisa sikecil tidak mau dikeramas lagi.

Karena itulah sampo bayi dibuat dengan menggunakan deterjen yang lunak dan tak perih di mata. Sekalipun lunak, daya pembersih sampo bayi cukup baik. Untuk menambah daya tarik, banyak sampo bayi diberi zat warna dengan aroma bunga atau buah-buahan, yang dijamin membuat si kecil suka keramas.

'Anak Anda cakep, rambut si kecil bagus ya...' salah satu pujian yang kerap membuat orang tua bangga dengan buah hatinya. Nah selain sehat pasti pujian bakal kerap terlontar memuji si kecil. (sud)
 
Back
Top