Coklat Hitam Cemilan Sehat Para Perokok

nurcahyo

New member
Coklat Hitam Cemilan Sehat Para Perokok
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Coklat...mmm, makanan favorit semua orang, namun coklat tak hanya nikmat di lidah, tapi juga mengandung segudang khasiat, terutama untuk para perokok. Tapi tunggu dulu, bukan coklat manis dan legit yang akan kita bahas, namun coklat pahit atau lebih akrab disebut coklat hitam (dark chocolate).

Memang mengkonsumsi satu atau dua potong cokelat pahit atau hitam tak hanya membuat orang meringis, tetapi juga bisa membantu para perokok menghindari penyakit jantung, seperti hasil penelitian di Swiss yang dipublikasikan Selasa (19/12/05).

Para peneliti di Rumah Sakit Universitas Zurich menguji 20 perokok yang diminta mengkonsumsi 40 gram cokelat hitam. Dari penelitian tersebut ditemukan cokelat hitam dengan kandungan kokoa yang relatif tinggi (sekitar 75 persen) bisa memperbaiki sirkulasi darah mereka secara signifikan, tulis pengkajian yang dilansir jurnal medis Inggris, Heart.

Kabarnya, efek yang ditimbulkan bisa berlangsung hingga delapan jam selain juga akan memicu peningkatan anti-oksidan yang bermanfaat bagi tubuh, sementara itu zat berbahaya yang dapat menyebabkan penggumpalan darah juga berkurang.

Dalam hal ini para perokok dianggap sebagai orang yang memiliki risiko lebih besar untuk mengalami pengerasan pembuluh arteri dan masalah kardiovaskuler.

Pengujian serupa juga dilakukan pada cokelat putih (white chocolate), namun kandungan kokoa yang lebih rendah pada coklat putih tak begitu berperan untuk memperbaiki sirlkuasi darah para perokok, meskipun para peneliti mengaku masih harus melakukan pengkajian lebih lanjut.

Dr. Roberto Corti, seorang ahli kardiologi Rumah Sakit Universitas Zurich, yang juga penggagas penelitian tersebut menekankan bahwa makan coklat hitam bisa mengurangi resiko perokok dengan tingkat stress oxidative tinggi.

Riset yang dipublikasikan Asosiasi Jantung Amerika pada awal Desember itu menjelaskan mengkonsumsi sebatang cokelat setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki daya tahan insulin. (nytimes/rit)
 
Back
Top