Bahas Tentang Autisme
 
Go Back   Home > Psikologi & Self-Help

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Gangguan Kepribadian] Bahas Tentang Autisme

Mari kita bahas mengenai gangguan autisme (retardasi mental) yang semakin meluas di muka bumi ini... sedikit saya akan menceritakan apakah itu autisme ?

" Andi.. Andi.. Haloo.. Andi.." panggil seorang ibu kepada anaknya namun anaknya tidak menjawab sama sekali. Anaknya bahkan bermain sendiri dan pandangannya sama sekali tidak melihat kepada ibunya.

Ibunya menjadi heran mengapa anaknya telah beranjak usia yang seharusnya dapat berbicara namun anaknya masih diam dan tidak bersuara. Mau dikatakan bisu juga tidak demikian karena anaknya dapat mengeluarkan suara ketika menangis dan kadang-kadang mengeluarkan suara yang aneh dan tidak ada maknanya.

Terkadang anak tersebut juga suka melihat jam dinding dalam waktu yang cukup lama, meletakkan telinganya ke sound system dan tertawa sendiri, memegang dan melihat pintu terus menerus, memainkan jari dengan kecepatan yang tinggi, sering melompat-lompat kesana sini, berjalan dengan berjinjit kaki dan sangat nakal. Awalnya orang tua mereka dapat memaklumi tindakan anaknya karena menggagap hal itu biasa seperti anak lainnya namun lambat laun orang tua mereka tidak sanggup melihat perkembangan anaknya yang terus menerus seperti itu dan ingin mengubahnya. Salah satu cara yang diterapkannya adalah tidak memperbolehkan anaknya berperilaku seperti demikian lagi namun kenyataannya anak tersebut kembali lagi bersikap aneh. Akhirnya, , membuat orang tua tidak dapat menahan untuk memukulnya. Hal tersebut berkembang menjadi suatu kebiasaan. Padahal, anak-anak tidak seharusnya diperlakukan dengan kekerasan fisik...

Seorang ibu hampir setiap hari stres, sedih dan menangis melihat keadaan anaknya yang semakin parah.. Tidak mampu merespon terhadap keadaan lingkungan, tidak mampu belajar dan diajar, tidak dapat diperintah dan yang paling menyedihkan adalah hampir semua aspek kehidupan tidak mampu dijalani sendiri, termasuk makan, minum, buang air, ganti baju, pake sepatu, mengambil barang, dsb dan sangat tergantung oleh orang lain......

Apakah anakku Autis ??? Apakah anak saya mengalami keterbelakangan mental ?? Apakah anda saya dapat disembuhkan ?? Banyak orang tua yang mencemaskan hal ini...

Ya.. Kemungkinan besar anak anda telah mengalami gangguan perkembangan mental..

Autisme adalah gangguan perkembangan pervasif ang ditandai oleh kelainan pekembangan yang muncul sebelum usia 3 tahun, dan dengan ciri kelainan fungsi dalam tiga bidang, interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku yang terbatas dan berulang..

Secara konkrit, penyebab utama yang menyebabkan autisme adalah faktor genetik/biologis.. Yah.. Kemungkin terbesar adalah pada saat kondisi ibu mengandung anaknya. Sang ibu tidak berhati-hati dalam mengkomsumsi makanan, polusi, zat-zat, obat-obatan, radiasi, vaksin, dsb sehingga terjadi kerusakan otak pada sang anak..

Apa yang harus kita lakukan untuk menyembuhkan sang anak ??
Apakah hanya perlu menggunakan pengobatan kedokteran namun di sisi lain juga terdapat ganguan perilaku dan interaksi sosial..

Yah.. anda perlu menggunakan kedua medote tersebut untuk menyembuhkan anak anda, yaitu penyembuhan secara fisik dan psikologis.. jika hanya menggunakan terapi psikologis, pengobatan tidaklah terlalu efektif karena sumber utamanya adalah masalah pada organ tubuhnya yaitu otak, sumsum tulang, dsb. Begitu juga sebaliknya.

Semoga thread ini dapat berjalan dengan lancar. saya adalah seorang psikolog dan sinshe dari "Accurate" Hrealth Center Medan. anda dapat bertanya saya mengenai seputar ganguan autisme ini dari sudut pandang psikologi maupun pengobatan timur..

semoga berkenan dan berbahagia selalu

psikolog/sinshe fudin pang
www.accuratehealth.blogspot.com
fudinpang
fudinpang fudinpang is offline
National Level

Post: 907
 
Reputasi: 6

__________________
Psikolog/sinshe Fudin Pang "Accurate" Health Center - www.accuratehealth.blogspot.com
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Bahas Tentang Autisme

alright! btw, apa bner itu krusakan brsifat fisik? (krusakan otak?) oh iya bang, saia dpt gmbran dr chris williams dan barry wright tntang *mereka* tdk dapat ke tempat yang baru krena mrka tdk dapt brimajnasi. kra2 apa yang umumnya menyebabkan seorang anak ini mau ktempat baru ya? ap sbnrnya mrka mau2 aja untuk k tmpt bru hnya sja tdk dpt mnrima jika jadwal mrka bntrok sja?
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Bahas Tentang Autisme

Kutip:
Oleh bjhe View Post
alright! btw, apa bner itu krusakan brsifat fisik? (krusakan otak?) oh iya bang, saia dpt gmbran dr chris williams dan barry wright tntang *mereka* tdk dapat ke tempat yang baru krena mrka tdk dapt brimajnasi. kra2 apa yang umumnya menyebabkan seorang anak ini mau ktempat baru ya? ap sbnrnya mrka mau2 aja untuk k tmpt bru hnya sja tdk dpt mnrima jika jadwal mrka bntrok sja?
Jb. ya.. kerusakan berbentuk fisik dan berimbas kepada psikologisnya.. namun belum terdapat dimana penelitian fisik yang bermasalah, seperti ternyata tidak teradapat penelitan adanya kerusakan otak di kepala, dsb.. ada juga yang berasumsi bahwa kekurangan beberapa hormon di dalam kepala penderita autisme..

mereka bisa kok ke tempat baru, namun harus dituntun karena mereka sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan,. biasanya mereka akan bersikap canggung dan hiperaktif namun lambat laun mereka dapat terbiasa kok... pola pikiran mereka sulit diarahkan dan mereka sulit menerima banyak pengetahuan dan pendidikan sekaligus oleh sebab itu mereka memang sulit mengubah jadwal kehidupan mereka...

semoga bahagia

psikolog/sinshe fudin pang
fudinpang
fudinpang fudinpang is offline
National Level

Post: 907
 
Reputasi: 6

__________________
Psikolog/sinshe Fudin Pang "Accurate" Health Center - www.accuratehealth.blogspot.com





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Bahas Tentang Autisme

oh, okay okay. . .berarti seenggaknya gini. . .ketika mengunjungi tempat baru harus ada pacuan berupa ketertarikan dalam bentuk panca indra yang sama nyamannnya seperti yang ia kenal atau lebih daripada yang ia kenal bukan? (misalnya ke toko perhiasan, matanya menangkap benda berkilau. Ke restoran, aromanya sama kayak dirumah, dll)
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Bahas Tentang Autisme

saya mau tanya tentang home schooling bagi anak autis dok, ada sumber yang mengatakan bahwa bagi anak autis lebih disarankan memperoleh pendidikan melalui jalur home schooling...nah bagaimana bentuk kurikulumnya dok.
makasih sebelumnya,,info ini akan sangat berguna untuk melengkapi thread "home scholing bagi anak autis" yang saya buat di forum permasalahan keluarga....
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Bahas Tentang Autisme

Apakah anak autisme dapat sembuh atau normal seperti anak lainnya?
Apa yang harus diperbuat oleh ibu yang memilki anak autisme.
Gia_Viana Gia_Viana is offline
World Level

Post: 10.649
 
Reputasi: 304






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Bahas Tentang Autisme

Kutip:
Oleh bjhe View Post
oh, okay okay. . .berarti seenggaknya gini. . .ketika mengunjungi tempat baru harus ada pacuan berupa ketertarikan dalam bentuk panca indra yang sama nyamannnya seperti yang ia kenal atau lebih daripada yang ia kenal bukan? (misalnya ke toko perhiasan, matanya menangkap benda berkilau. Ke restoran, aromanya sama kayak dirumah, dll)
Jb. gak mesti juga ada ketertarikan seperti itu. seperti anak-anak normal lainnya kan bisa menemukan suatu ketertarikan untuk mengunjungi tempat tersebut, namun mereka cenderung tidak memahami kemana dan dimana mereka pergi pada awalnya, setelah beberapa kali kunjungan mereka baru mengerti tujuan untuk mengunjungi tempat tersebut, beda dengan anak normal lainnya, otak mereka cenderung lebih lamban dan kurang berkembang.. biasanya mereka hanya mengikuti jadwal yang sudah ditentukan saja.

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
saya mau tanya tentang home schooling bagi anak autis dok, ada sumber yang mengatakan bahwa bagi anak autis lebih disarankan memperoleh pendidikan melalui jalur home schooling...nah bagaimana bentuk kurikulumnya dok.
makasih sebelumnya,,info ini akan sangat berguna untuk melengkapi thread "home scholing bagi anak autis" yang saya buat di forum permasalahan keluarga....


Jb. home scholing bukanya nama sebuah praktek yang ada di Indonesia ya atau home scholing yang dimaksud adalah terapi/belajar di rumah yang mendatangkan terapis autisme.. memang anak autisme memerlukan terapi di rumah namun ada juga orang tua yang membawa anaknya terapi di luar rumah seperti di sekolah terapi autis.. semua berguna kok.. bentuk kurikulum itu semua tergantung oleh prosuder dan tata cara pengajaran dari sekolah tersebut.. biasanya berbeda beda dari sekolah satu dengan yang lain.. jika sekolah yang berkualitas biasanya mereka mendatangkan guru dan bahan pembelajaran dari luar negeri...


Kutip:
Oleh giapianawati View Post
Apakah anak autisme dapat sembuh atau normal seperti anak lainnya?
Apa yang harus diperbuat oleh ibu yang memilki anak autisme.


Jb, bisa sembuh bahkan pernah ada anak autis yang berhasil kuliah sampe s2.. namun kesembuhannya tidak dapat seperti anak normal lainnya, pasti ada sesuatu yang berbeda.. kesembuhan yang dimaksudkan disini adalah dapat menjalani kehidupan dengan baik, dapat menyelesaikan semua tuntutan dan tugas pribadi dengan baik tanpa bantuan orang lain... namun sifat dan perilaku dan pola berpikir mungkin tidak dapat berbeda dengan anak-anak normal lainnya, mereka cenderung suka menyendiri dan bermain sendiri...

konspirasi ibu terhadap anak yang autis adalah berilah anak tersebut terapi psikologis maupun terapi medis atau non medis, seperti terapi wicara, terapi perilaku, fisioterapi, terapi pijat anak untuk melancarkan darah, terapi bermain, dsb... banyak terapi yang ditawarkan oleh ahli ahli autis.. saya sarankan coba saja untuk mengetahui seberapa besarnya terapi tersebut dapat menyembuhkan dan memaksimalkan anak autis tersebut..

semoga bahagia

psikolog/sinse fudin pang
fudinpang
fudinpang fudinpang is offline
National Level

Post: 907
 
Reputasi: 6

__________________
Psikolog/sinshe Fudin Pang "Accurate" Health Center - www.accuratehealth.blogspot.com





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Bahas Tentang Autisme

aku pernah dengar kalo autis itu hidup dengan dunianya sendiri. mereka hidup dengan imajinasi yang mereka bangun lewat dunia khayal mereka. klo ga salah ada sebuah film yang mengisahkan seorang anak autis yang menjadi juara lari. dia ga tau olahraga itu, yang dia tahu dia senang berlari!!
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132

__________________
Size doesn't matter





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Bahas Tentang Autisme

Kutip:
Oleh shisio View Post
aku pernah dengar kalo autis itu hidup dengan dunianya sendiri. mereka hidup dengan imajinasi yang mereka bangun lewat dunia khayal mereka. klo ga salah ada sebuah film yang mengisahkan seorang anak autis yang menjadi juara lari. dia ga tau olahraga itu, yang dia tahu dia senang berlari!!
Jb. iya. memang kadang-kadang orang autis tidak mengetahui apa yang mereka lakukan... yang lebih parahnya mereka seperti idiot seperti melihat sesuatu secara terus menerus dan berkata dengan maksud dan tujuan yang tidak dapat diketahui oleh siapapun juga...

semoga bahagia

psikolog/sinshe fudin pang
fudinpang
fudinpang fudinpang is offline
National Level

Post: 907
 
Reputasi: 6

__________________
Psikolog/sinshe Fudin Pang "Accurate" Health Center - www.accuratehealth.blogspot.com





Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Bahas Tentang Autisme

Kutip:
Oleh giapianawati View Post
Apakah anak autisme dapat sembuh atau normal seperti anak lainnya?
Apa yang harus diperbuat oleh ibu yang memilki anak autisme.
anak autis juga bisa jadi anak normal. Anak autis tidak permanen, karena otak mereka juga berkembang. Ada contohnya banyak autis yang udah dewasa nulis buku, dapet kerjaan, dan punya istri. Gw punya salah satunya

Kutip:
Oleh shisio View Post
aku pernah dengar kalo autis itu hidup dengan dunianya sendiri. mereka hidup dengan imajinasi yang mereka bangun lewat dunia khayal mereka. klo ga salah ada sebuah film yang mengisahkan seorang anak autis yang menjadi juara lari. dia ga tau olahraga itu, yang dia tahu dia senang berlari!!
mereka tidak berimajinasi. Gambaran yang paling tepatnya, mereka terjebak dalam dunia sendiri. Jadi, dia bisa melihatmu, sama seperti gambaran yang nyata, cuma mereka membatasinya dengan "kaca2" sehingga tidak sembarang orang bisa memasukinya, memasuki rutinitasnya.
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

__________________
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.