Riset Sel Liver Bantu Pasien Diabetes

nurcahyo

New member
Riset Sel Liver Bantu Pasien Diabetes


KapanLagi.com - Sebuah terobosan dalam riset diabetes dengan menggunakan sel liver pasien yang telah dimodifikasi menawarkan potensi membantu jutaan penderita diabetes di seluruh dunia, para peneliti menyatakan dalam laporan yang disiarkan Senin.

Berbagai percobaan di laboratorium dengan tikus dan kemudian babi hasilnya sangat menjanjikan, kata Dr. Wong Jen San dari Bagian Bedah Umum Rumah Sakit Umum Singapura.

"Kami berharap untuk setidaknya memperbaiki produksi insulin pada para pasien, jika tidak membawanya kembali ke tingkat normal," kata Wong, seperti dikutip The Straits Times, dalam suatu jumpa pers.

Pada orang yang sehat, sel-sel kecil pada pankreas membuat insulin, yang diperlukan tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi. Para penderita diabetes tak mampu memproduksi insulin secara cukup, atau berbagai sel tersebut tidak berfungsi secara tepat.

Wong dan tujuh peneliti lainnya yang terlibat dalam proyek itu telah menemukan cara untuk memodifikasi sel-sel liver guna memproduksi insulin, kata laporan itu.

Berbagai tes memperlihatkan insulin diciptakan pada babi penderita diabates yang memperoleh sel liver yang dimodifikasi itu, katanya.

Pencangkokan semacam ini dapat menjadi jalan pintas bagi para pasien yang terpaksa memperoleh suntikan obat seumur hidup guna menekan penolakan tubuh atas organ atau jaringan asing.

Parawatan itu akan diujocoba pada satwa primata (monyet) sebelum pada manusia, kata Wong, sambil menambahkan masih terbentang jalan panjang yang harus ditempuh.

Eksperimen serupa telah dilakukan di Amerika Serikat dan Israel. Jika dapat dikembangkan dengan sukses, poptensi pasar bagi perawatan semacam ini akan melampaui nilai US$5 miliar per tahun. (dpa/rit)
 
Back
Top