Masalah Pendidikan di indonesia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Masalah Pendidikan di indonesia




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Masalah Pendidikan di indonesia

Masalah Pendidikan di indonesia



Walaupun aku bukanlah tipikal pelajar yang teladan dengan nilai – nilai A, tapi aku sendiri sangat prihatin dengan etika dan kualitas pelajar sekarang ini.

Pelajar – pelajar sekarang (sebagian besar diantaranya) memiliki sikap tidak tahu malu didepan guru dan juga pergaulan yang terlalu bebas. Bebas…? Iya….contoh kasarnya seperti disfungsi HP berkamera. Ngerti kan parahnya…. Apa lagi…? Dilema cinta monyet…Bukan musiman lagi orang – orang mencari cinta baik di sekolah ataupun tempat lain. Setiap hari memikirkan hal tersebut…imbas, pelajaran jadi prioritas kesekian, apalagi agama.

Ada lagi…? Iya ada. Duduklah yang tenang..

DUGEM. Anak gaul mana ada yang ngga tau…, setiap malam dihabiskan untuk kehebohan dunia gemerlap, dihabiskan untuk fly. Kalau sial, tertangkap polisi membawa narkoba, di-DO dari sekolah, dst…dst…

Fasilitas Warnet yang sangat terbuka dan dilindungi privacy-nya membuat pelajar bisa saja membuka situs – situs yang mengundang…..Kalau pribadi orang tersebut sudah kuat tidak apa – apa, namun bagaimana sebaliknya. Intensitas penggunaan warnet bisa menggila, sampai tengah malam (Hanya berlaku untuk Warnet 24 jam), hanya untuk mengurus satu site, misalnya Friendster atau apalah.

Tapi kenapa masih saja ada yang melakukan kegiatan sampai tengah malam…? Stress jadi penyebab….? Bisa….gara – gara PR yang terlalu banyak…? Apalagi…

Yang sakit….yang sakit…

Kenek bus pasti bilang begitu kepada semua orang. Wajar…? wajar….Perilaku anak muda sekarang banyak yang perlu mendapat pengobatan…. ^_^;

Mengapa bisa begitu…? Apa lagi kalau bukan karena longgarnya perhatian orang tua, lemahnya kualitas kontrol wali kelas kepada anak – anaknya….Secara langsung akan mengurangi mutu dan kualitas pelajar itu sendiri.

Bingung.

Saya sendiri punya beberapa solusi yang cukup unik, mungkin. Beberapa di antaranya sudah saya post sebagai komentar di Blog milik Menteri Desain Indonesia (Kesannya nyasar….)

- Pembatasan penggunaan Internet khusus pelajar

- Pemberlakuan jam malam (jadi tidak ada yang melakukan dugem diatas jam 20.00, secara tidak langsung meningkatkan tingkat kedisiplinan karena mereka akan terbiasa untuk bangun lebih pagi.)

- Kurikulum Pembelajaran seharusnya TETAP KURIKULUM 1994 saja (Karena Malaysia sukses memakai Kurikulum tersebut)

- Pendekatan Guru kepada Murid, dan juga pembaharuan metode pengajaran (sang guru harus mengetahui karakteristik si Murid, dan memilih cara penyampaian pelajaran yang tepat untuknya.)

- Jam masuk sekolah dimajukan 2 jam dan jam pulang diundur 2 jam (Jadi masuk pkl. 09.00 dan pulangnya dilebihkan 2 jam. Seperti sekolah di luar negeri, sang siswa tidak akan stress karena diharuskan bangun pagi)

- Pelarangan akses ke diskotik ataupun Bar bagi seseorang yang berusia 21 tahun kebawah. KTP diperiksa (Sehingga hanya orang – orang dewasa yang bisa masuk, sedangkan pelajar/mahasiswa tidak bisa. Percaya atau tidak, orang di kelasku yang berusia 16 tahun sudah merasakan suasana diskotik. Maka itu, pelarangannya harulah ketat.)

- Guru harus bisa menjadi orang tua kedua di sekolah (Bukan dengan memberi uang jajan ke setiap murid, bukan….). Guru harus berlaku layaknya orang tua. Sehingga dia bisa mengetahui perilaku siswa dan bisa menjuruskannya ke ‘jalan yang benar’.



Yah, mungkin hanya segitu yang bisa saya katakan..............
Village Level

Post: 77
 
Reputasi: 1

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Masalah Pendidikan di indonesia

Bener banget tuh guys
Waktu aku SMA banyak sekali siswa yang tidak menghormati gurunya
Ditambah orang tua anak itu sendiri kurang memperhatikan anaknya sendiri.

Mereka Pelajar tapi kelakuannya seperti orang tak berpendidikan.
Menurut aku pribadi, Pelajar-pelajar seperti ini memang berada pada masa peralihan remaja menuju dewasa, emosi yang tak terkontrol, dan ingin mencoba segala sesuatu.

Tapi kita (Guru pengajar, wali murid, orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah )
harus bisa mengambil tindakan.
Agar perilaku kenakalan dikalangan pelajar bisa terkendali.
World Level

Post: 10.654
 
Reputasi: 300






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Masalah Pendidikan di indonesia

hhmm permasalahan yang sangat kompleks..
sangat.. sangat... kompleks.
popoi
Continent Level

Post: 6.098
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Masalah Pendidikan di indonesia

Pendidikan masalah yang paling utama di Indonesia, kalau menurut aku.
Aku_wanita_cantik
City Level

Post: 265
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Masalah Pendidikan di indonesia

iyuuups,,menyangkut banyak hal ini, bukan hanya pendidikan saja...

oya,,sedikit komen masalah salah satu solusi yang disarankan..
"Jam masuk sekolah dimajukan 2 jam dan jam pulang diundur 2 jam (Jadi masuk pkl. 09.00 dan pulangnya dilebihkan 2 jam. Seperti sekolah di luar negeri, sang siswa tidak akan stress karena diharuskan bangun pagi)"

wahaaa kalau diberlakukan seperti ini, yang ada generasi muda malah jadi pemalas, tidak disiplin sama sekali.........lagi pula masuk pagi menurut saya akan lebih efektif mengingat di saat pagi kan pikiran lebih fresh dan semangat...jadi memulainya kalau siang malah bisa malas bawaannya untuk sekolah
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 51

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Masalah Pendidikan di indonesia

- Pembatasan penggunaan Internet khusus pelajar
huwow... gimana caranya bos?

- Pendekatan Guru kepada Murid, dan juga pembaharuan metode pengajaran (sang guru harus mengetahui karakteristik si Murid, dan memilih cara penyampaian pelajaran yang tepat untuknya.)
gurur jaman sekarang bgimana mungkin punya waktu untuk gituan?

- Jam masuk sekolah dimajukan 2 jam dan jam pulang diundur 2 jam (Jadi masuk pkl. 09.00 dan pulangnya dilebihkan 2 jam. Seperti sekolah di luar negeri, sang siswa tidak akan stress karena diharuskan bangun pagi)
:setujuu:

salam newbie
crackincroach
Village Level

Post: 47
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pendidikan di Indonesia Megha Politik, Ekonomi & Hukum 9
Nasib Dunia Pendidikan di Indonesia LoveHurts Politik, Ekonomi & Hukum 7
Menakar Kualitas Pendidikan Indonesia Megha Science & Penemuan 0
Hubungan Antara Pendidikan Dan Pekerjaan di Indonesia andree_erlangga Humor 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.