Astro Boy (The History)

shisio

New member
astroboy1.jpg

Astro boy diadaptasi dari manga jepang Yang berjudul Tetsuwan Atom, yang kemudian mengalami perubahan judul menjadi Astro Boy untuk versi bahasa inggris. Tetsuwan atom adalah manga bertemakan science fiction yang dibuat oleh Ozamu Tezuka yang lebih dikenal sebagai God of Manga. (ini adalah manga pertama yang kubeli!!). manga ini sendiri sudah dibuatkan versi animenya sampai live actionnya. Kata Atom sendiri adalah nama dari seorang robot fiksi yang menjadi tokoh utama kisah ini. Mengambil waktu abad ke 21, dimana nuklir menjadi energy yang kemudian menjadi sumber tenaga untuk melahirkan atom sebagai robot muda.

Karakter Atom pertama kali diperkenalkan pada bulan April 1951 melalui manga dengan judul Atom Taishi. Sejak maret 1952 Atom mulai diperkenalkan sebagai tokoh utama hingga April 1968 melalui manga Tetsuwan Atom yang dipublikasikan di majalah manga Shounen terbitan Kobunsha. Sejalan dengan manganya, maka Fuji TV membuat versi anime dari Tetsuwan Atom yang masih berupa anime hitam putih sekaligus sebagai seri anime pertama yang pernah dibuat oleh orang Jepang dan ditayangkan sejak bulan April 1963 hingga tahun 1966. Episode pertama dari anime ini mendulang sekitar 30% rating penonton yang selanjutnya menjadi tontonan favorit di masa itu. Kepopulerannya di Jepang membuat anime ini dilirik oleh beberapa stasiun televisi luar negeri dan memutarkannya di negeri mereka masing-masing. Pada tahun 1980 dibuat versi anime full color yang ditayangkan oleh Nihon Television dengan judul yan sama sebagai versi remake dengan menambahkan warna. Selanjutnya dibuat sekuel kedua dari anime ini pada tahun 2003 dengan judul Astro Boy Tetsuwan Atom dengan melakukan perombakkan besar dalam hal penggambaran karakter dan pewarnaan. Setelah beberapa lama absen, Tetsuwan Atom kembali beraksi sebagai CG animated film dengan judul Atom, atau Astro Boy untuk versi luar Jepang.

Dalam kisah Atom Taishi, Atom hanyalah tokoh pendamping yang justru kepopulerannya melebihi Tamao, tokoh utama dalam kisah itu. Hal itu mendorong Ozamu Tezuka membuat cerita baru yang dimodifikasi dengan memposisikan Atom sebagai tokoh utama. Menurut cerita yang dibuatnya, tanggal 7 April 2003 adalah hari lahir Atom. Diciptakan oleh Dr. Tenma yang baru saja kehilangan Tobio Tenma, anak kesayangannya karena sebuah kecelakaan. Dr. Tenma kemudian memanggil robot ciptannya dengan nama Tobio. Walau memiliki perasaan yang mendekati emosi manusia, Dr.Tenma menyadari robot ciptannya itu tidak dapat tumbuh seperti layaknya manusia biasa dan menjualnya ke sebuah sirkus, dimana nama Atom kemudian didapatnya dari pemilik sirkus tersebut. Sebagai robot yang memiliki perasaan, Atom yang tinggal bersama manusia mulai terbentuk sifat-sifat yang tidak berbeda dengan perasaan seorang manusia. Setelah mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh Atom, prof. Ochanomizu kemudian mengadopsi Atom yang kemudian hidup bersama layaknya keluarga dan menyekolahkannya ke sebuah SD seperti halnya manusia biasa. Walau sering mendapatkan masalah di sekolah, Atom mendapatkan beberapa teman yang seringkali membantunya dalam kesusahan. Atom yang memiliki sifat polos ini menjunjung tinggi kebenaran, seringkali mendapatkan konflik dalam hati saat mengetahui dirinya bukanlah seorang manusia.


Salah satu ciri khas atom adalah sepatu merah yang selalu dipakainya. Pada awalnya sepatu ini adalah peralatan yang diperuntukkan bagi robot wanita. Tetapi dengan alasan estetik, sepatu ini dipakaikan ke Atom dan dapat dilepas, walau dalam anime maupun manga tidak pernah diperlihatkan kalau Atom pernah menanggalkan sepatu ini. Sempat ada dugaan kalau bagian kaki Atom sebenarnya diambil dari seorang robot wanita. Dalam serial anime kedua dikisahkan kalau Atom mendapatkan sepatu ini dari robot sirkus bernama Cathy, dan di episode terakhir Atom menggunakan sepatu baru. Walau Atom adalah kisah fiksi, dalam dunia nyata tanggal 7 April 2003 diperingati sebagai hari lahirnya Atom dengan mendirikan monumen khusus berbentuk Atom yang didirikan di depan balai kota perfektur Saitama sebagai daerah dimana studio Tezuka Production berdiri sekaligus mencatatkan sejarah sebagai tokoh utama anime pertama yang dibuatkan monumennya secara khusus.
 
Last edited:
Bls: Astro Boy (The History)

AStro boy, emang keren!
sa suka nonton animasinya waktu dulu, gak pernah kelewatan
 
Back
Top