Tips Merawat Printer HP Laserjet

Redbastard

New member

Tips Merawat Printer HP Laserjet Agar Awet dan Maksimal​

HP+LaserJet+1020+Printer++-+Q5911A%23ABA.jpg

Pict Sample

Kepada seluruh pemakai Printer Laserjet khususnya untuk "HP LOW END LASERJET" seperti Laserjet 4L, 5L, 6L, 1000, 1010, 1020, 2100, 2200, 4000, 5000 dll. Tips berikut juga berlaku untuk semua merk Printer Laserjet.
Berikut ini beberapa tips agar printer anda awet dan hasil cetak memuaskan :

TIPS :

1. Jangan sampai terjatuh serpihan "kawat strapless" pada baki kertas, atau
lubang-lubang printer, ini disebabkan teknologi pemanasan printer tersebut
menggunakan plastic film (fuser film sleeves), sehingga mudah sekali koyak
oleh benda-benda tajam, dan mengakibatkan kertas lecek dan hasil cetak
ada bercak.

2. Jangan mencoba memaksa mencabut kertas yang "JAM" dengan paksa,
usahakan menarik searah saat printer mencetak, apabila tidak bisa lebih
baik bawa ke service center terdekat, daripada dipaksa dan harus ganti
part (biasanya film, dan gear) yang gampang rontok saat kertas ditarik
dengan paksa.

3. Voltage / Listrik
Banyak printer yang hang/rusak hanya akibat tidak ada perlindungan listrik
yang stabil, usahakan menggunakan stabilizer dengan system servo motor,
dan grounding tidak melebihi 5 volt. (Parts DC Controller pada printer, peka
dengan spike listrik)

4. Jangan menyalakan printer terlalu lama (semalaman) tanpa dipakai, apalagi
listrik lepas tanpa stabilizer.

5. Rusak atau tidak rusak, usahakan setiap 6 bulan sekali printer tersebut di service, dan dibersihkan bagian dalamnya dari butiran bubuk toner.

6. Jangan memaksakan toner yang sudah bocor untuk printing, akan menyebabkan tumpukan butiran toner pada pemanas, yang berakibat menempelnya toner tersebut di heater dan pressure roller printer. Hasil print cacat permanen.

7. Jika Anda ingin mencetak diatas media lain yang mengandung bahan plastik, seperti: sticker, transparancy paper, pastikan bahwa media tersebut tahan panas. Jika tidak tahan panas, media bisa meleleh didalam printer dan menyebabkan kerusakan. Gunakan media yang asli dari Vendor yang bersangkutan, misalkan: HP Transparancy Paper, dll.


Semoga tips ini bermanfaat [<:)[<:)
 
Bls: Tips Merawat Printer HP Laserjet

kalo HP 1800??

yap... g beda jauh kok perawatannya...

AKu tambahin yak.. sedikit tips untuk menghindari dari kerusakan-kerusakan printer :

*Pakai Printer secara teratur dan berkala
Permasalahan yang paling sering kita hadapai adalah kwalitas cetak yang buruk, ada garis putih yang melintang , warna yang hilang atau tinta tidak keluar sama sekali. Dengan pemakaian Printer yang teratur, maka kita tetap menjaga agar tinta mengalir dan membasahi permukaan nozzle.

*Apabila kita jarang memakai printer, usahakan minimal tiap 1 minggu sekali kita melakukan test print.
Dengan demikian dapat mencegah agar tinta tidak kering pada permukaan nozzle. Jika anda tidak melakukan ini, maka head printer anda akan lebih cepat buntu, dan ini berlaku untuk semua merk inkjet printer.

*Letakkan catatan kecil di depan monitor kita untuk mengingatkan agar selalu melakukan pencetakan setiap minggu secara rutin, baik untuk warna hitam maupun warna yang lain. misalnya : lakukan pencetakan halaman web yang kaya warna atau foto ukuran kecil yang kaya warna. Cara ini lebih efisien dari pada kita melakukan head cleaning pada printer.

*Mematikan (Shut Down) Printer secara benar
Jangan lupa untuk mematikan printer jika tidak di pakai, cara ini juga dapat menghindari ke-buntuan nozzle pada head printer.

Penting : matikan Printer dengan on/off button pada printer, jangan mematikan dengan cara mencabut kabel printer. Karena bila kita mematikan dengan on/off button, akan mengaktifkan mecanic capping yang akan membantu untuk mencegah nozzle mengering.

* Jangan menggunakan kertas yang kotor atau berdebu
Jika kita mencetak dengan menggunakan kertas yang berdebu, maka mekanik penggerak kertas atau roller paper akan lebih cepat kotor. Jika ini terjadi maka roller paper kita akan lebih cepat aus/rusak, efeknya adalah printer tidak dapat menarik kertas.

Bagaimana bila roller paper anda kotor ?
Kita dapat bersihkan dengan Head Cleaner, caranya : Teteskan Head Cleaner pada kertas HVS polos, kemudian print halaman kosong pada kertas tersebut, lakukan 4-5 kali, atau gunakan tombol tray pada printer, untuk menarik kertas

Penting : Jangan pakai Vacuum Cleaner untuk membersihkan printer, dapat mengakibatkan short/korsleting dan terbakar pada board di dalam printer.

Tips : Jika kita tinggal di tempat yang berdebu, pakailah cover printer agar printer kita lebih terhindar dari debu, cover dapat berupa plastik atau kain.

 
Bls: Tips Merawat Printer HP Laserjet

wew..sip deh nambah referensi..wkwkw tapi ternyata salah...maksud aku tadi canon..tunggu bintangnya yaw
 
Back
Top