5 kawah di hawaii Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

5 kawah di hawaii

5. Kawah / Kaldera Gunung Berapi Di Hawaii


1. Kilauea Iki ( 1959 ) Hawaii









Kilauea iki adalah kaldera yang terbentuk di dekat kaldera kilauea, biasanya kaldera ini dibentuk oleh letusan gunung kilauea yang terletak di dekat kaldera ini? Gunung ini meletus tahun 1959 sebelum letusan di daerah Pedesaan Kapoho tahun 1960 tetapi para ilmuwan tahun itu mencatat bahwa ada letusan di kaldera tersebut yang dimulai pengisian dasar kaldera tersebut kemudian terjadi letusan dan aliran lava dari gunung ini mengalir membentuk aliran sungai.

Gunung ini telah memecahkan rekor sebagai gunung berapi yang mengeluarkan volume magma sebanyak 30 Juta kubik magma dan semburan lava yang mencapai 12 meter hingga membentuk gunung api kecil di tepi kaldera dan gunung kecil itu dinamai Pu`u Pua`i!

Pada akhir letusan gunung ini terjadi longsoran yang cukup besar di gunung kecil tersebut hingga danau lava itu mulai mengalir ke lubang kawah dan kembali ke magma sebanyak 8 Juta kubik?

Setelah itu akhirnya kaldera itu membeku dan menyisakan lava sebanyak 10 Juta kubik magma



2. Kawah Alae ( 1969 )







Kawah Alae merupakan kawah yang dibentuk dari letusan gunung alae tepatnya tahun 1969 di Hawaii pada waktu itu terjadi letusan yang diikuti semburan magma yang sangat besar kemudian aliran lavanya membakar hutan di dekat kawah itu dan menciptakan air terjun lava yang sangat kuat dan deras. Kawah ini terletak di kaki gunung kilauea yang sangat luas.


3. Kawah Halemaumau ( 1924-1967 )




Halemaumau 1924






Halemaumau 1967

Di dekat kaldera kilauea terletak sebuah kawah bernama Halemau`mau Fire Pit. Konon kawah ini merupakan tempat bersemayamnya dewi Pele, dewi gunung berapi hawaii dan penguasa Kepulauan Hawaii? Kawah ini terbentuk tahun 1924 dengan letusan PhreatoPlinian yang sangat kuat. PhreatoPlinian adalah letusan tipe Plinian yang ketika magma dari kawah tersebut tercampur air dari rembesan air laut kemudian akhirnya terjadi letusan yang teramat kuat dari magma tersebut hingga menyebabkan terbentuknya kawah yang cukup besar!


Pada tahun 1967 kawah ini kembali meletus hingga mengeluarkan magma yang cukup banyak dan beberapa tahun kemudian kawah ini akhirnya menjadi tidak aktif.


4. Mauna Loa ( 1984)










Mauna Loa adalah gunung berapi hawaii yang memiliki ketinggian 4000 mdpl. Gunung ini memiliki kaldera bernama Moku`aweoweo? Letusannya terjadi pada tahun 1984 dimana terjadi letusan lava yang keluar dari retakan yang memanjang di kaldera Moku`aweoweo dan aliran lava yang membentuk sungai lava yang mengalir menuju hutan di Distrik Hilo!



Artikel ini berjudul ( 5 KAWAH DAN KALDERA DI PULAU HAWAII )? Saya sengaja bikin artikel ini supaya bisa mengetahui apa itu gunung api dan permasalahannya?






JIKA MAU MENGIRIM KRITIK ATAU SARAN SILAHKAN KIRIM DI



rsai.andrea@gmail.com

Atau

ananta_boga@yahoo.com
volcanoman
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: 5 kawah di hawaii

Ko tidak ada fotonya?
Taru disini saja. Jadi enak dilihatnya.
Village Level

Post: 68
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kawah Putih, Menyulap Kesan Angker Jadi Menakjubkan nurcahyo Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.