Resin + Catalyst = Fiberglass !!! Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Jual & Beli > Pengumuman, Press Release, Petisi & Review Produk
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Resin + Catalyst = Fiberglass !!!




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #51   Report Post  

Re: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

ngomongin resin apaan sih???? ga jelas
cat_girl
National Level

Post: 1.211
 
Reputasi: 5

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #52   Report Post  

Re: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

Kutip:
Oleh suryafajar View Post
mau tanya klo ada yang tau klo mau cetak fiber tapi bahan cetakannya dari fiber juga biar gak nempel dikasih lapisan bahan apa ya..?
cetakannya dilapisi semir lantai aja, ditoko kimia juga ada. merknya MAA, tapi ada juga produk sejenis dengan merk yang beda. dilapisi berkali kali dengan kuas, yakin deh kalo tuh fiber gak bakal nempel sama cetakan...
selamat mencoba.....!!!!!:finger::finger
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #53   Report Post  

Re: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

biasanya produk ini bisa didapat toko di mana saja? ( di makassar)
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #54   Report Post  

Bls: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

Resin + Catalyst jadinya fiberglasss..

hemm... oke, saya bagi2 ya... seingat saya aja..

resin itu salah satu bagian dari sekian banyak polimer. kelebihannya dia memiliki tingkat kejernihan yang cukup baik dibandingkan dengan plastik tetangganya. kelebihan kedua, tidak mudah pecah dibandingkan dengan kaca. saya rasa kalau ini sudah pada tau semua ya...

Methylmetacrylate memiliki calon pasangan yang sama... juga disebut methymetacrylate. saat kedua molekul ini bergabung, kita sebut mono methymethacrylate. saat banyak molekul2 itu bergabung, disebut Polymethylmethacrylate (PMMA). yang biasa disebut lucyte, atau acrylic (di pasaran disebut fiberglass).

Hehe... padahal yang namanya fiberglass itu... S04 yang sudah mengeras, dan memiliki bentuk seperti rambut makanya disebut "fiber" dan jaringan molekul SO4 yang bersifat amorf makanya disebut "glass" atau kaca (in indonesia).

kalau mau beli resin, banyak tempatnya... kalau di jogja..., beli aja di toko ngaseman sebelah timur plengkung gading
oke...
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #55   Report Post  

Bls: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

Gw juga nyari bahan2 tuk buat fiber tapi bingun karena banyak referensi yang mengatakan hal yang berbeda2.
Tapi inti bahan utamanya adalah resin + katalis.

Ini file2 referensi yang pernah saya download tapi gak tau asalnya dari mana.
semoga bermanfaat & dapat membantu yang lainnya.


Bahan-Bahan Dasar Pembuatan Fiberglass

Resin
Resin adalah bahan kimia yang berbentuk cair, menyerupai minyak goreng, tetapi agak kental. Jenis resin bermacam-macam. Untuk bahan aksesoris fiberglass, umumnya menggunakan resin bening atau resin butek. Resin bening, biasanya digunakan untuk bentuk yang menonjolkan kebeningannya, seperti untuk aksesoris visor, kap lampu dll sebagai pengganti mika, namun penggunaan resin bening yang ada dipasaran untuk pengganti mika, masih belum menghasilkan kualitas yang memuaskan. Sedangkan resin jenis butek lebih banyak digunakan untuk pembuatan aksesoris, disamping harganya murah, resin ini dapat dengan mudah dibeli di toko-toko kimia.

Katalis
Cairan ini bisa dibilang pendamping setia resin, cairan ini biasanya berwarna bening dan berbau agak sengak. Cairan ini berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan adonan fiber, semakin banyak katalis maka akan semakin cepat adonan mengeras tetapi hasilnya kurang bagus. Cairan ini jika mengenai kulit akan terasa panas, seperti cairan air zuur.

Kalsium Karbonat
Bahan berbentuk bubuk putih yang menyerupai terigu ini berfungsi sebagai pengental adonan fiberglass utama (resin, katalis dll). Semakin banyak campuran Kalsium Karbonat pada adonan, maka hasil fiberglass akan menjadi lebih tebal dan berat. Bahan ini dapat diganti dengan Talc, tetapi warna Talc agak lebih gelap. Tetapi saya belum menemukan perbedaan yang signifikan penggunaan Talc & Kalsium Karbonat.

Met/Matt
Met merupakan bahan serat kaca. Bahan ini berfungsi sebagai serat penguat dari adonan fiberglass ketika akan dicetak, agar hasilnya menjadi lebih kuat dan tidak mudah pecah. Bentuk met bermacam-macam, ada yang mirip bihun, kain, karung dan sarang lebah. Tetapi yang banyak dijumpai dipasaran adalah yang berbentuk seperti bihun.

Kobalt (Cobalt Blue)
Kobalt adalah bahan kimia yang berbentuk cair, berwarna biru mirip tinta dan mempunyai aroma tidak sedap. Cairan ini digunakan untuk tambahan campuran adonan resin & katalis, agar adonan lebih merekat pada met dan mempercepat pengerasan adonan fiber. Terlalu banyak menambahkan Kobalt dapat mengakibatkan hasil fiber yang getas (rapuh).

Wax (Mold Release)
Bahan ini sepintas mirip mentega/keju ketika masih di dalam wadahnya. Berfungsi sebagai pelicin pada tahap pencetakan yang menggunakan mal/molding, agar antara molding dengan hasil cetakan tidak saling merekat, sehingga dengan mudah dapat dilepaskan.

Gambar Bahan-bahan dasar Fiberglass

[spoiler="cara membut fiberglass yang benar"][/spoiler]

[spoiler="Bagaimana cara membut fiberglass?"][/spoiler]

[spoiler="bagaimana cara membut cetakan fiberglass"][/spoiler]



Bagi bintangnya ya...
kalo ada referensi lain mohon di share dong. Gw belum nyobaiin ni...
kemarin gw baru tanya2 harga di toko kimia Palembang
resin 1kg kalo gak salah 45rb + katalis 30cc 15rb
Home Level

Post: 8
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #56   Report Post  

Bls: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

Eh... ngomong2 fiberglass termasuk pelastik bukan sih???
Home Level

Post: 8
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #57   Report Post  

Bls: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

saya tertarik dengan produk dengan bahan resin, apa ada yang tahu tentang cara2 pembuatan produk tsb. mohon informasi yg lengkap... thanks
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #58   Report Post  

Bls: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

kalau di daerahku Resin bening 1 lt Rp. 35 ribu Katalisnya 100 ml Rp. 8.000
aku udah coba buat gantungan kunci lumayan bagus sippppp......


Buat yang ingin lebih tahu fiberglass coba lihat disini :
www.amirsuccess.blogspot.com
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #59   Report Post  

Bls: Re: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

CASTING RESIN STARTER KIT. (Ideal for beginners)

Containing all the materials you need to get started and make your first mould and finished pieces (chess pieces, small figurines, paperweights, etc.

Contents: 1 kg Figurine casting resin, 1 kg Clear casting resin, 40ml Catalyst, 500ml Liquid latex, 50ml Latex thickener,, 500ml Acetone, 1kg Microdol H400 filler powder, 1 x 120/400/800/1200 sheets wet & Dry, 100g Stockinette, 10 Pairs latex gloves, 10 Mixing sticks, 10 Mixing cups 150ml, 5 mixing cups 50ml, 2 measuring cups 30ml. 2 Brushes ½"
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #60   Report Post  

Bls: Re: Resin + Catalyst = Fiberglass !!!

Buku untuk nmbah referensi tentang fiberglass hub aja ke nomor 081335684383 Hidayat. Klo gak salah harga buku Rp. 100.000,-
lengkap dengan CD contoh proses pembuatan fiberglass.
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
The Catalyst - Linkin Park theater Musik & Lagu 2
AMD Hadirkan Driver ATI Catalyst Terbaru xraith Komputer 1
Fiberglass Custom Product endo_nesia Pakaian, Aksesoris & Sepatu 0
jual lampu hias resin bergambar Yesus deon_wox Elektronik 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.