Hati-Hati, Formalin di Makanan Anda!!!

andy_baex

New member
Issue telah beredar di kalangan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini tentang ditemukannya formalin sebagai bahan pengawet beberepa jenis makanan yang banyak di konsumsi masyarakat setiap harinya. Diantara jenis makanan tersebut adalah mie, tahu, penthol bakso dan ikan asin. Seperti kita ketahui bersama bahwa formalin adalah jenis bahan pengawet yang biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat. Jelas hal ini berbahaya sekali bagi kesehatan orang yang tanpa sadar telah mengkonsumsinya.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) di Jakarta telah melakukan penelitian terhadap 98 sampel produk makanan yang dicurigai mengandung formalin dari pasar tradisional dan swalayan di sejumlah wilayah di Jakarta. Ternyata 56 diantara sample tersebut positif mengandung formalin. Sungguh kenyataan yang sangat mengejutkan.



Petugas penyelia Laboratorium Pangan dan Bahan Berbahaya, dari BB POM, membeberkan ciri mie basah yang mengandung formalin adalah bila dicium berbau bahan kimia. Bahan makanan yang mengandung bahan pengawet ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu dampaknya adalah dalam waktu menahun bisa menimbulkan kanker. Dalam jangka panjang, bahan ini juga bisa menyebabkan iritasi saluran pernafasan, muntah-muntah, pusing, rasa terbakar pada tenggorokan, penurunan suhu badan dan rasa gatal di dada. Lebih parah lagi bahan ini juga bisa memicu kerusakan hati, jantung, otak limfa, system susunan syaraf pusat dan ginjal.



Oleh karenanya, awas?dengan makanan awetan yang anda makan. Dan jangan lupa Bismillah sebelum makan dan minum?.!!!???



________________________________________

Sumber: dari banyak sumber media massa dan forum diskusi
 
Back
Top