Kebiasaan Sehat yang Menyenangkan

andy_baex

New member
Tubuh yang sehat adalah idaman semua orang, siapa yang nggak ingin memiliki badan sehat dan selalu fit???Semua pasti mau kan??!Ternyata dari kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan berikut ini bisa membuat kita tampak lebih segar, lebih menyenangkan dan lebih bersemangat.

1.Makan Untuk Kesejahteraan

Makan produk pertanian berwarna hijau. Dapatkan paling sedikit 4 porsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kale, pea. Sayuran ini kaya lutein yang berkhasiat menjaga kesehatan penglihatan dan mencegah penyakit mata yang disebut ?macular degeneration?.

Minum susu setiap hari. Pilihlah susu skim atau semi skim atau minum yogurt rendah lemak secara teratur. Susu atau produk susu rendah lemak mempunyai kandungan Ca sebanyak susu full-fat tapi tanpa kalori ekstra.

Makan buah-buahan dan sayuran berwarna cerah seperti paprika merah, cabai merah, bayam, wortel yang kaya dengan antioksidan pembasmi kanker.

Ingat! Selalu sarapan pagi, riset menunjukkan sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi dan mencegah energi merosot di pertengahan pagi. Cobalah dengan bubur yang rendah kalori dan mempertahankan energi.

2.Lakukan Aktivitas Fisik

Bangun otot anda. Otot membantu mambakar lemak tubuh sekalipun saat kita sedang istirahat. Kita kehilangan sekitar 2 ons otot setelah usia 30 tahun. Untuk membangun otot cobalah olahraga dengan mengangkat kaleng berisi bahan makanan di dapur.

Tetapkan tujuan jangka pendek yang mudah. Hal ini akan membuat anda lebih termotivasi untuk melakukannya. Usahakan jalan kai cepat 15 menit sehari.

Aktif selama 30 menit setiap hari. Akan lebih baik jika anda mendorong diri anda sampai pada batasnya di gym sekali atau 2 kali seminggu. Lakukan apa saja, mulai dari menaiki tangga, jalan kaki ke pasar/toko dan lakukan pekerjaan rumah tangga.

3.Tenang dan Berpikir Positif

Terus belajar. Sama seperti kita menjaga tubuh kita tetap muda dengan olahraga, kita juga bisa memperlambat proses penuaan otak dengan menggunakannya lebih banyak membaca atau berkebun.

Rapikan rumah dan singkirkan tumpukan barang yang sudah tidak digunakan keluarga kita lagi. Mulai dari baju sampai mainan anak.

Bersikaplah fleksibel. Pikiran kaku hanya menyebabkan stres jika ternyata kita tidak bisa mendapatkan yang kita inginkan dan kemungkinan akan kehilangan peluang yang lain.

4.Tidur malam yang baik.

Pertahankan keteraturan, tidur dan bangun pada jam yang sama untuk mendapatkan jam tubuh yang teratur.

Makan yang tepat. Minum segelas susu atau makan sebuah pisang sesaat sebelum tidur akan membantu kita cepat tertidur. Tidur dengan lampu dimatikan.

Jangan pergi tidur dalam keadaan marah karena kita akan merasa terlalu gelisah untuk bisa tertidur.

5.Rawat dan Jaga Tubuh Kita

Jaga berat badan kita, kelebihan berat badan 20 % dapat meningkatkan risiko kanker sampai 50%.

Makan buah dan sayuran mentah. Proses masak merusak sebagian nutrient pembasmi kanker. Salah satu cara terbaik perlindungan kanker adalah beli juicer dan buat jus segar beberapa kali seminggu.

Cari teman baru atau luangkan waktu bersama keluarga. Rasa kesepian dapat menurunkan sistem imun (kekebalan tubuh). Tidak mengungkapkan emosi dan kurang antusias dalam hidup juga membuat kita rentan jatuh sakit.

Kurangi garam. Terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah. Kurangi konsumsi makanan olahan dan jangan menambahkan garam ketika di meja makan.

OK akhwat fillah nggak ada salahnya kan di coba, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
 
Back
Top