Ruz Bukhari
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Ruz Bukhari

Bagi yang pernah umrah atau haji biasanya telah mencicipi nasi khas Arab ini. Ruz Bukhari menjadi makanan khas yang di gemari bangsa Arab banyak ditemukan di berbagai math’am/restaurant di Saudi Arabia. Cocok di jadikan hidangan special untuk bulan ramadhan ataupun Idul Fithri.Ukhti bisa membuatnya sendiri jangan khawatir rasanya ga kalah sedap dari nasi Kebuli yang biasa kita makan yuk kita coba,…

Bahan :

- 2 cup beras, cuci tiriskan *

- 650-800 gr ayam potong-potong sesuai selera

- 2 buah bawang Bombay ukuran sedang cincang kasar

- 6 siung bawang putih, cincang halus/lembut

- 2 buah wortel, parut dengan parutan keju

- ¼ cup tomat pasta

- ½ cup air

- 1 sdt jintan bubuk

- 1 batang kayu manis

- 6 butir cardamom/kapulaga

- 5 butir cengkeh

- 1 sdt lada hitam bubuk

- ½ sdt bubuk cabai (bagi yg suka pedas yang tidak suka bisa dihilangkan)

- ½ sdt kunyit

- 3 sdm makan minyak samin/mentega (dipakai untuk menumis)

- 2 cup air

- ¾ sdt gula(secukupnya/optional)

- 2 sdm garam atau sesuai selera

- 1 bungkus royco/ penyedap rasa (bila suka)

- 3 sdm minyak samin/mentega untuk jenis beras parboiled rice cukup 2 sdm karena bila kebanyakan akan berminyak(digunakan terakhir kedalam masakan bersama beras)

- 1- 2 cup air/secukupnya (dimasukkan terakhir bersama beras)





Caranya:

1.Cuci beras, tiriskan dan sisihkan kemudian tiriskan ayam taburi dengan garam dan merica remas-remas hingga garam dan merica meresap kedalam ayam. Sisihkandan diamkan selama 15 menit.

2.Dalam panci besar (paling bagus menggunakan panci anti lengket/Teflon). Panaskan 3 sdm minyak samin/mentega tumis ayam hingga kedua sisinya berwarna kuning keemasan.Jangan sampai matang hanya agak kuning coklat di kedua sisinya. Angkat ayam sisihkan.

3. Dalam minyak yang sama tuang bawang Bombay cincang. Aduk rata kemudian masukkan bawang putih, tumis keduanya hingga berbau harum tambahkan kunyit bubuk aduk lagi hingga rata.tumis bumbu selama kurang lebih 10 menit atau hingga berwarna kuning keemasan.

4.Masukkan tomat pasta tambahkan ½ gelas air. Aduk rata.Masukkan bumbu rempah kayu manis, kapulaga, cengkeh,jintan, cabai bubuk,garam, gula dan penyedap rasa. Aduk-aduk kembali hingga semua bumbu tercampur sempurna.

5. Masukkan wortel parut bersama ayam (yang telah di tumis dengan mentega tadi)aduk kembali hingga ayam terselimuti dengan bumbu.diamkan selama 3 menit.

6. Tambahkan 2 gelas air, aduk kembali. Kemudian tutup masakan ayam berbumbu selama 20 menit atau hingga ayam lunak/matang.

7.Buka tutup panci, tambahkan 1 cup air (ini adalah ukuran kira-kira/optional lihat keadaan beras, bila beras ukhti beras yang keras maka porsinya bisa ditambah bila lunak maka kurangi airnya)kemudian masukkan beras dan 3 sdm minyak samin/mentega aduk hingga mentega mencair dalam masakan ayam tadi.

8. Tutup panci dengan rapat. Jangan lupa balut tutup panci dengan kain lap/tea towel agar uap airnya tidak menetes kedalam nasi. Masak ruz bukhari dengan api kecil selama 35 menit atau hingga masak. Ingat, jangan dibuka-buka hingga ukhti mencium baunya yang harum biasanya akan tercium setelah 30 menit, setelah 30 menit buka tutup panci untuk mengecek karena terkadang nasi sudah matang. Apabila belum tunggu selama 5-10 menit lagi biasanya nasi sudah matang. Siap dihidangkan.



* Pilih beras yang berkualitas bagus yang biasa di gunakan untuk membuat nasi kebuli atau biasa dinamakan beras basmati (biasa di jual di swalayan besar) ada dua jenis basmati yang berwarna kuning keemasan(parboiled rice) ini adalah beras bagus untuk ruz bukhari karena tidak mudah hancur dan bisa anti tambahkan porsi airnya kira- kira 1-11/2 cup air adapun beras basmati yang biasa berwarna putih maka anti harus hati-hati memasaknya karena biasanya tidak suka terlalu banyak air maka porsi ½ cup – 1 cup air biasanya sudah cukup bila terlalu banyak air nasi akan hancur.Gunakan minyak samin/ghee untuk hasil terbaik,..insya Allah nah selamat mencoba ya,
andy_baex andy_baex is offline
National Level

Post: 1.860
 
Reputasi: 5

__________________
blog tutorial www.soloboys.blogspot.com
       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.