IIMove'sNews: Hanung Bramantyo Pilih Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan

Kalina

Moderator
JAKARTA - Sutradara terkenal Hanung Bramantyo saat ini sibuk mengerjakan film Ahmad Dahlan, pendiri organisasi Muhammadiyah. Dia sempat bingung menentukan pemeran Ahmad Dahlan, tapi akhirnya memilih Lukman Sardi.

Menurut Hanung, ada kemiripan tekstur wajah Lukman dengan salah seorang tokoh penyebar agama Islam di Indonesia itu. "Tekstur (wajah) dia mirip, rahang juga, terus dia bisa main biola," ujar Hanung ditemui di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail belum lama ini.

Berdasar risetnya, kata Hanung, Ahmad Dahlan merupakan sosok ulama nyentrik yang salah satunya sering berdakwah sambil main biola. "Saya rasa Lukman adalah aktor yang paling pas," kata suami Zaskia Adya Mecca itu.

Selain Lukman, Hanung sudah memilih beberapa pemain utama lain. Di antaranya, Slamet Rahardjo, Alex Komang, Ikranagara, dan Rafi Ahmad. "Slamet Rahardjo jadi kiai penghulu Kholil Kamaludiningrat, musuh Ahmad Dahlan secara pemikiran. Pak Ikranagara jadi bapak Ahmad Dahlan," ulasnya.

Masih ada lagi pemain senior berbakat lain, tapi belum ditentukan. Antara Jajang C. Noer atau Christine Hakim. Yang terpilih akan memerankan tokoh ibu kandung Ahmad Dahlan. "Terus ada Rafi Ahmad nanti yang menjadi salah seorang murid Ahmad Dahlan," imbuh Hanung.

Sementara itu, Raam Punjabi, produser film Ahmad Dahlan dari Mulitivision, mengatakan sudah mengantongi izin dari Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin. "Beliau welcome sekali dengan ide tersebut. Waktu diadakan 100 tahun kumpulnya ulang tahun Muhammadiyah di Jogja, di situ sudah diumumkan dan diadakan riset," ucapnya.
 
Back
Top