Toyota Ciptakan Mobil Non-Alkohol

nurcahyo

New member
Toyota Ciptakan Mobil Non-Alkohol


KapanLagi.com - Perusahaan otomotif raksasa, Toyota Motor Corp, baru-baru ini menciptakan alat sensor baru untuk meningkatkan keamanan berkendara. Alat ini digunakan pada mobil untuk mendeteksi kadar alkohol pengemudinya. Jika sensor mendeteksi kadar alkohol cukup tinggi atau melebihi batas, maka mesin mobil akan tiba-tiba berhenti atau mati.

Mobil dipasangi sistem pendeteksi dimana mobil tidak akan bisa menyala/start jika sensor keringat yang ada pada stir mobil mendeteksi kadar alkohol dalam darah pengemudi melebihi batas.

Sistem dapat juga menghentikan mobil secara tiba-tiba jika sensor mendeteksi penyetiran mobil dalam keadaan ngawur. Atau juga jika kamera spesial pada kaca mobil mendeteksi pupil pengemudi tidak fokus ke jalan. Mobil akan mendadak berjalan perlahan dan berhenti sama sekali.

Sesuai dengan keterangan reporter, Asahi Shimbun kepada MSNBC, pembuat mobil No.2 di dunia ini, berharap mobil yang dipasangi sistem keamanan mengemudi lengkap ini akan bisa di launching pada akhir 2009.

Nissan Motor Co, yang juga merupakan raksasa otomotif Jepang, telah bereksperimen dengan sistem deteksi nafas yang bisa mendeteksi jika pengemudi dalam keadaan mabuk. Sebenarnya merupakan tekhnologi yang tidak asing lagi, sama seperti penguncian starter alkohol yang telah digunakan di Amerika dan negara lainnya.

Kita tunggu saja peluncuran mobil keamanan khusus alkohol ini. Semoga saja angka kecelakaan akibat alkohol dapat menurun dengan adanya tekhnologi ini.
 
Wiihh baru tau soal ini wkwk, ketingalan banget. Ternyata perawatan mesin mobil dan onderdil kendaraan ada yang bawa-bawa alkohol.. iya juga sih ya kan alkohol untuk ngebersihin..
 
Back
Top