Hindari Kesalahan 'Fatal' Dengan Pemeriksaan Berkala

nurcahyo

New member
Hindari Kesalahan 'Fatal' Dengan Pemeriksaan Berkala


KapanLagi.com - Menurut sebuah studi yang dilakukan akhir-akhir ini, lima persen dari kesalahan fatal yang terjadi pada kendaraan bermotor kita disebabkan oleh kecerobohan dalam melakukan perawatan. Berikut ini adalah beberapa langkah 'mudah' dalam pengecekan, sebagai pencegahan yang 'murah' terhadap kerusakan yang mengancam 'kesehatan' dari kendaraan kita, demi kepastian dan kenyamanan selama berkendara dan bahkan 'ramah' terhadap lingkungan.

- Bacalah selalu buku pedoman bagi pemilik kendaraan, yang berisi petunjuk perawatan kendaraan bermotor.

- Gantilah filter oli secara berkala, tiap 3000 hingga 4000 mil.

- Pastikan semua perangkat yang berisi cairan, telah cukup terisi, seperti rem, power steering, perangkat transmisi/transaxle, pembersih kaca depan dan antifreeze. Cairan ini memegang peranan yang besar dalam keselamatan berkendara dan performa dari kendaraan Anda.

- Periksa tekanan ban. Ban yang kekurangan angin akan mengakibatkan borosnya bahan bakar dan mengurangi 'masa pakai' dari ban tersebut. Paling tidak, pemeriksaan terhadap ban dilakukan tiap bulan sekali.

- Jagalah agar kinerja mesin mobil Anda 'stabil'. Kondisi busi yang sudah tak layak pakai, atau injector bahan bakar yang berfungsi maksimal, dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar hingga 30%.

- Minyakilah chassis mobil Anda secara berkala. Langkah ini akan memperpanjang usia dari komponen-komponen, yang berhubungan dengan sistem suspensi mobil Anda.

- Periksalah kabel-kabel yang terhubung dengan baterai dan bersihkan dari korosi. Pastikan kabel-kabel yang mempunyai konektor, terpasang dengan baik. Cairan pengisi baterai juga harus diperiksa dan diisi jika kurang.

- Periksalah juga sistem pencahayaan atau lampu mobil secara berkala, termasuk lampu depan, lampu turn lamp dan rem, serta lampu tambahan yang lainnya.

- Periksalah wiper kaca depan dan pastikan bisa berfungsi maksimal serta tak merusak kaca. Segera ganti dengan yang baru jika sudah tak mampu membersihkan kaca dengan maksimal.

- Periksalah belt-belt yang terdapat pada mesin Anda, secara berkala. Belt yang rusak akan mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda.

- Periksalah sistem penyaringan secara berkala dan seperlunya. Filter udara harus diperiksa dari kerusakan, paling tidak pada setiap penggantian oli mesin. Sistem ini menentukan performa dari kinerja mobil Anda.

Nah, kurang lebih, pemeriksaan-pemeriksaan di atas sudah harus Anda pahami, demi untuk perawatan mobil dan juga keselamatan Anda selama berkendara. Pastilah ada jenis-jenis perawatan tambahan yang lain, yang tentunya didasarkan pada teori baru maupun berdasar pengalaman dari diri kita sendiri maupun orang lain. Dan tentu saja, selama teori itu masuk akal, kenapa tidak kita lakukan. Ya khan?
 
Back
Top