- Aksara jawa siji bintang - Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
soal berikutnya :

maaf ada yang kelupaan, kenyang itu wareg, bukan warek.
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0

 






Reply With Quote     #12   Report Post  

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

Kutip:
Oleh tiyangjogja View Post
maaf ada yang kelupaan, kenyang itu wareg, bukan warek.
juga wareg/ huruf jawa tidak mengenal ra dipepet untuk bunyi re seperti pada [re]ndang. untuk bunyi itu menggunakan huruf pa diceret.
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #13   Report Post  

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
yuhuuuuu langsung aja yak....terjemahkan tulisan aksara jawa di bawah ini ke tulisan alfabet.....
yang bener tanpa salah dikit pun...langsung diluncuri bintang (hihihi...bahasanya..diluncuri..)


soal pertama:

tulisan itu pastinya dimaksud sebagai kalimat basa jawa iku unik.
Namun, untuk menulis basa jawa, seharusnya huruf jawa nglegena, atau tanpa sandangan -- taling tarung. dengan pengenaan taling tarung akan dibaca boso jowo dengan "o" seperti pada kata komodo --- jenis binatang.
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #14   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

Kutip:
Oleh tiyangjogja View Post
bos, maksud anda pastinya basa jawa kuwi unik. namun penulisannya dalam huruf jawa sebenarnya salah. seharusnya, panjenengan nulisnya untuk basa jawa --- nglegena atau huruf itu tanpa taling tarung. kalau pakai taling tarung terbaca boso jowo -- dengan huruf "O" dibaca seperti pada kata "coro" yang berarti kecoa.
sedangkan kuwi, menulis wi pakai wa, bukan ha.
Nuwun.
oo yups-yups makasih koreksinya,,,,karena ini games...sementara ditulis latinnya berdasarkan aksara jawa yang saya tulis aja..hehehe oke2..karena saya juga masih belajar

Kutip:
Oleh tiyangjogja View Post
yang ini mestinya bermaksud maema [maemma] jan nganti wareg. namun kesalahannya, pada kata reg. huruf jawa, ra tidak bisa dipepet. sehingga untuk re [seperti pada [re]ndang menggunakan huruf pa yang diceret.
terima kasih. maaf, bukan bermaksud menggurui.
bukan, maksud aku..kata pertama itu "maem" yang dibawah huruf ma adalah pasangan ja....maksudnya maem itu dimatikan dengan pasangan huruf selanjutnya, karena mematikan kata ditengah bahasa itu tidak boleh dfipangkon, kecuali jika di akhir..apa tidak begitu?? itu sih yang saya terima waktu SD
tidak apa...saya malah suka digurui jika maksud anda memang membenarkan

oke..nanti akan saya sertakan...huruf dan tanda bantu dalam menulis aksara jawa

Kutip:
Oleh tiyangjogja View Post
maaf ada yang kelupaan, kenyang itu wareg, bukan warek.
iya makasih diingatkan...seperti kata saya tadi hehe sementara baca saja menurut tulisan saya

Kutip:
Oleh tiyangjogja View Post
juga wareg/ huruf jawa tidak mengenal ra dipepet untuk bunyi re seperti pada [re]ndang. untuk bunyi itu menggunakan huruf pa diceret.
hmmm...gitu to??

Kutip:
Oleh tiyangjogja View Post
tulisan itu pastinya dimaksud sebagai kalimat basa jawa iku unik.
Namun, untuk menulis basa jawa, seharusnya huruf jawa nglegena, atau tanpa sandangan -- taling tarung. dengan pengenaan taling tarung akan dibaca boso jowo dengan "o" seperti pada kata komodo --- jenis binatang.

ya ini sudah anda kemukakan tadio...makasih masukannya sangat berarti
oya kenapa ga dijawab aja soal saya yang nomer 2??
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #15   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

soal lanjute:

resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #16   Report Post  

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

ooh.. ituu.. xixixi
popoi
Continent Level

Post: 6.098
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #17   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

hayo..apa om pop
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #18   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: - Aksara jawa siji bintang -

nih ada bantuan..moga bisa mempermudah




ini untuk pasangannya:




yang ini untuk tandanya:

resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
[share] Cerito Basa Jawa (rusak), Jawa Timuran nizhami Belajar Bahasa Lain 294
Masyarakat Pegunungan Bintang,Papua Tak Kibarkan Bendera Bintang Kejora nurcahyo Politik, Ekonomi & Hukum 4
tebak kalo benar dapet bintang bintang bintang.... ray_minola Quiz dan Teka-Teki yang Sudah Selesai 8


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.