Cherokee SRT8, Siap Digeber di Segala Medan

nurcahyo

New member
Cherokee SRT8, Siap Digeber di Segala Medan


KapanLagi.com - Grand Cherokee SRT8 sangat cocok bagi Anda yang biasa 'nggeber' di jalanan dengan kecepatan tinggi, namun tenaganya yang kokoh membuat jeep ini cukup OK mengarungi medan menanjak. Dengan keunggulan yang ditawarkan bisa jadi Grand Cherokee SRT8 menjadi kendaran paling kencang dan paling bertenaga dalam sejarah mobil Chrysler.

Dengan akselerasi 0-60mph, dalam waktu kurang dari lima detik, Grand Cherokee SRT8 dapat melesat dari diam menjadi berkecepatan 100 km/jam, ini berarti mengungguli Porsche Cayenne Turbo (5.16 detik) dan BMW X5 4.8is (6.8 detik). Angka itu lebih impresif lagi karena bobot Grand Cherokee yang mencapai 4788 pounds.

Tak hanya itu Cherokee SRT8 juga menjadi Jeep pertama yang menggunakan emblem SRT (Street and Racing Technology/ AMG-nya Chrysler).

Mesin 6.1 liter menghasilkan 420hp dan 420lb-ft torsi. Daya maksimal lahir saat putaran mesin 6000rpm, atau hanya 200rpm dibawah garis merah. Sedangkan daya maksimal 308kW dan torsi 569 Nm berada di 4800rpm.


kokoh & tangguh

Daya mesin dialirkan lewat transmisi 5AT. Karena menggunakan sistem penggerak roda 4WD, Para desainer SRT mengembangkan sistem penggerak dari material ringan, namun kokoh dan tangguh untuk mengendalikan muntahan tenaga yang luarbiasa besar dari mesin Cherokee SRT8.

Dengan mengembangkan full-time 4WD system, agar bisa menghandle torsi berukuran masif. Mereka menciptakan transfer case dengan kopling kecepatan tunggal yang dikontrol secara elektronis untuk mengalirkan power ke semua roda. Transfer case ini lebih ringan 30kg dari heavy duty case yang biasa digunakan Jeep lain.

Sebuah program stabilitas elektronik memonitor kecepatan roda dan posisi throttle untuk memutuskan ke mana torsi harus dibagikan. Pada kondisi normal, 10 persen torsi dikirim ke roda depan. Bila kondisinya menuntut, 100 torsi bisa dikirim ke roda yang memiliki traksi.

Ban Goodyear 255/45 (depan) dan 285/40 (belakang) membungkus aluminium wheels berpalang lima dengan diameter 20 inch. Suspensi dibuat satu inci lebih rendah dari Grand Cherokee standar. Lebar truck, sosoknya yang rendah dan ban lebar mendorong pengemudi untuk memasuki tikungan tajam seperti sedang berada di sport car. Tentu saja ini berbahaya, karena bagaimanapun performance SUV bukan sport car.

Modifikasi eksterior termasuk menundukkan bagian depan untuk mempermudah aliran udara mendinginkan mesin. Dibelakang dua ujung knalpot menyembul dibagian tengah. Interiornya bernuansa sport dengan kursi model balap.

Jeep Grand Cherokee SRT8 juga dilengkapi Fitur safety diantaranya Advanced Multi-stage Airbag system yang daya letupnya disesuaikan dengan tingkat kekerasan benturan, ABS yang dikontrol secara elektronik, sekaligus membantu kendali kemudi saat pengereman ekstrim.

ESP membantu pengemudi mempertahankan arah mobil tetap stabil terhadap oversteer atau understeer. Occupant Classification System yang mampu mengetahui apakah airbag penumpang depan harus bekeja atau tidak bergantung pada beban penumpang depan.
 
Mantap ini, sebuah mobil yang tanggung di segala medan. Tentunya sangat bagus dimiliki yang punya duit. Tapi kalau ada pajak, maka mencekik.
 
Back
Top