Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja




Tidak boleh berenang saat menstruasi! Pernyataan ini pastilah sering Anda dengar dari ibu, nenek, atau pun teman-teman Anda. Sebenarnya apakah yang menyebabkan kita tidak boleh berenang? Apakah darah akan keluar jika kita berenang saat menstruasi?

Ternyata tidak, meskipun darah yang keluar sedang deras-derasnya. Kenapa? Dalam buku Book of Truths yang diterbitkan oleh Koteks, merek pembalut wanita, disebutkan bahwa pembuluh darah cenderung akan menutup atau mengerut ketika bersentuhan dengan air. Misalnya saat berenang, menyelam, berjalan di air, atau di kolam bergelombang.

Pengalaman Lulus (48), yang karena pekerjaan mengharuskan ia mengarungi air, membuktikan hal tersebut.

''Pekerjaan saya di breeding ayam, menuntun saya untuk melakukan bio security atau mandi dalam kolam besar yang telah berisi cairan disinfektan,'' tutur Lulus, yang sudah 15 tahun menekuni pekerjaannya itu.

Setiap akan memasuki kandang ayam, ia diwajibkan untuk masuk dalam kolam setinggi 1,5 meter yang berukuran seperti kolam renang mini. ''Kami tidak menggunakan pakaian, dan harus membasuh tubuh dulu sebelum masuk dan berjalan di dalamnya,'' jelas Lulus.

Setelahnya, ia akan berjalan di dalam kolam itu untuk membasahi seluruh tubuhnya. ''Tidak terkecuali saat datang bulan. Kita harus tetap masuk membersihkan diri. Memang tidak pernah ada darah yang keluar. Tetapi setelahnya, seperti ada rasa berdesir,'' tutur perempuan yang awalnya juga ragu saat diminta melakukan tugas tersebut.

Meskipun demikian, Lulus tidak menyarankan untuk berenang saat datang bulan jika Anda memang merasa risih.

"Risih pun, sebenarnya hanya ada di pikiran kita, kok. Karena berenang di tempat umum, sehingga kita takut ada yang memperhatikan kalau kita sedang datang bulan,'' paparnya.

Jika Anda sedang ingin berenang saat menstruasi, tetaplah memakai pembalut. Berenang dengan menggunakan tampon atau pembalut tidak akan berpengaruh pada kesehatan. Pastikan untuk mengganti tampon dan pembalut setiap 4 jam sekali. Sebelum turun ke kolam renang, pastikan Anda sudah memakai pembalut yang baru.

Meskipun begitu, Anda memang disarankan untuk tidak terlalu lama berada di dalam air, karena belum tentu air yang digunakan untuk beraktivitas itu bebas kuman. Kuman bisa jadi bersarang di pembalut dan bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, kalau perut kita terasa kram, sebaiknya segera hentikan kegiatan ini.



Female.kompas
Gia_Viana Gia_Viana is offline
World Level

Post: 10.653
 
Reputasi: 304

__________________
Asyifa
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

Kutip:
Oleh giapianawati View Post



Tidak boleh berenang saat menstruasi! Pernyataan ini pastilah sering Anda dengar dari ibu, nenek, atau pun teman-teman Anda. Sebenarnya apakah yang menyebabkan kita tidak boleh berenang? Apakah darah akan keluar jika kita berenang saat menstruasi?

Ternyata tidak, meskipun darah yang keluar sedang deras-derasnya. Kenapa? Dalam buku Book of Truths yang diterbitkan oleh Koteks, merek pembalut wanita, disebutkan bahwa pembuluh darah cenderung akan menutup atau mengerut ketika bersentuhan dengan air. Misalnya saat berenang, menyelam, berjalan di air, atau di kolam bergelombang.

Pengalaman Lulus (48), yang karena pekerjaan mengharuskan ia mengarungi air, membuktikan hal tersebut.

''Pekerjaan saya di breeding ayam, menuntun saya untuk melakukan bio security atau mandi dalam kolam besar yang telah berisi cairan disinfektan,'' tutur Lulus, yang sudah 15 tahun menekuni pekerjaannya itu.

Setiap akan memasuki kandang ayam, ia diwajibkan untuk masuk dalam kolam setinggi 1,5 meter yang berukuran seperti kolam renang mini. ''Kami tidak menggunakan pakaian, dan harus membasuh tubuh dulu sebelum masuk dan berjalan di dalamnya,'' jelas Lulus.

Setelahnya, ia akan berjalan di dalam kolam itu untuk membasahi seluruh tubuhnya. ''Tidak terkecuali saat datang bulan. Kita harus tetap masuk membersihkan diri. Memang tidak pernah ada darah yang keluar. Tetapi setelahnya, seperti ada rasa berdesir,'' tutur perempuan yang awalnya juga ragu saat diminta melakukan tugas tersebut.

Meskipun demikian, Lulus tidak menyarankan untuk berenang saat datang bulan jika Anda memang merasa risih.

"Risih pun, sebenarnya hanya ada di pikiran kita, kok. Karena berenang di tempat umum, sehingga kita takut ada yang memperhatikan kalau kita sedang datang bulan,'' paparnya.

Jika Anda sedang ingin berenang saat menstruasi, tetaplah memakai pembalut. Berenang dengan menggunakan tampon atau pembalut tidak akan berpengaruh pada kesehatan. Pastikan untuk mengganti tampon dan pembalut setiap 4 jam sekali. Sebelum turun ke kolam renang, pastikan Anda sudah memakai pembalut yang baru.

Meskipun begitu, Anda memang disarankan untuk tidak terlalu lama berada di dalam air, karena belum tentu air yang digunakan untuk beraktivitas itu bebas kuman. Kuman bisa jadi bersarang di pembalut dan bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, kalau perut kita terasa kram, sebaiknya segera hentikan kegiatan ini.



Female.kompas
OH GITU YA
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 53.398
 
Reputasi: 1268






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

tapi tetep ja merasa ga enak. apa lagi kalo renang di tempat umum ....
memai
memai memai is offline
City Level

Post: 297
 
Reputasi: 0

__________________
I love this novel
Vampire Academy





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

Kutip:
Oleh memai View Post
tapi tetep ja merasa ga enak. apa lagi kalo renang di tempat umum ....
kan ga kliatan atuh
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 53.398
 
Reputasi: 1268






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

Kutip:
Oleh mojave View Post
OH GITU YA
Emangnya ngerti apa?

Kutip:
Oleh memai View Post
tapi tetep ja merasa ga enak. apa lagi kalo renang di tempat umum ....
Bener juga, tapi aku pernah mencoba, ya aku bawa asyik aja.
Gia_Viana Gia_Viana is offline
World Level

Post: 10.653
 
Reputasi: 304

__________________
Asyifa





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

Kutip:
Oleh Gia_Viana View Post
Emangnya ngerti apa?
ak kan udah gede non
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 53.398
 
Reputasi: 1268






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

jiah tetap ga enak.... risih.... hiihi
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.573
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
jiah tetap ga enak.... risih.... hiihi
tergantung kebiasaan non
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 53.398
 
Reputasi: 1268






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

kalo aku belom terbiasa... hehe...
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.573
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Berenang Saat Datang Bulan, Boleh saja

oh begitu yaaaaaa
rizalolo
rizalolo rizalolo is online now
Mod

Post: 46.107
 
Reputasi: 265

__________________
Pangeran kegelapan

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
lama sih perempuan kalau keluar darah datang bulan? HulkHogan Kesehatan 2
Influenza, Penyakit Saat Musim Hujan Datang nurcahyo Kesehatan 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2015, Jelsoft Enterprises Ltd.