Fortuner, SUV Urban yang Aman dan Nyaman
 
Go Back   Home > Otomotif > Mobil

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Fortuner, SUV Urban yang Aman dan Nyaman

Fortuner, SUV Urban yang Aman dan Nyaman


KapanLagi.com - Mobil SUV memang masih menjadi primadona, sebut saja Honda CRV, Nissan XTrail Ford Escape, Mazda Tribute, Suzuki Escudo 2.0, Suzuki Grand Escudo 2.7, KIA Sportage II, Hyundai Santa Fe dan Subaru Forester, masih menjadi dominasi di pasaran. Dan kemunculan Toyota Fortuner makin menjadi kompetiter di pasar SUV yang patut diperhitungkan. PT Toyota-Astra Motor (TAM) sendiri sebagai pemasar produk ini mengaku mengalami overload pemesanan dari jatah yang diberikan.

Menilik Toyota Fortuner sendiri, produk unggulan Toyota ini merupakan varian IMV 4 dari proyek global Toyota yakni IMV Project (Innovative International Multipurpose Vehicle Project) yang menghadirkan konsep desain SUV urban yang lagi trend saat ini.

Konsep utama yang ingin diusung Fortuner adalah kendaraan SUV, yang mengutamakan kenyamanan berkendara di segala medan dan kondisi. Dengan kapasitas penumpang tujuh tempat duduk, dimensi kabin dengan panjang 2,880 meter dan lebar 1,475 meter, yang memberikan keleluasaan kaki untuk bergerak. Dengan bodi besar dan panjang, didukung desain eksterior yang sporty dan elegan makin menjadikan Fortuner tampak lebih macho.

Didukung mesin bensin 2.7 liter (2.694 cc) VVT-i (variable valve timing with intelligence), 4 x 2 dan 4 x 4 atau berpenggerak empat roda permanen. Dua jenis Fortuner dari seri V bermesin bensin 2.7 liter, 4 silinder segaris, VVT-i dan turbo diesel intercooler 3.0 Liter (2.982 cc), sama-sama menggunakan penggerak empat roda permanen dan berpersneling otomatik. Teknologi mesin bensin VVT-i menghasilkan power besar dan responsif. Toyota sendiri berani mengklaim bahwa Fortuner memiliki torsi terbaik di kelasnya, selain hemat bahan bakar serta ramah lingkungan, benar-benar mobil urban keren dan tanggap situasi.


Luas dan Elegan

Lepas dari obrolan mesinnya, kita mencoba mengulik lebih dalam sisi interior dan fitur-fitur yang dibawa Fortuner. Meskipun menyebut dirinya sebagai mobil SUV, namun Toyota ingin memprioritaskan faktor kenyamanan. Interior mewah sebanding Innova tipe V dengan tampilan interior berwarna dasar ivory dan silver lumayan memberi kenyamanan dengan dukungan bangku berbungkus kulit dan berdesain ergonomis. Pengatur ketinggian kursi (height adjuster) pada kursi kemudi membuat pengendara makin merasa nyaman karena bantalan dan sandaran kursi bergerak secara simultan menyesuaikan posisi duduk yang paling nyaman.

Sekarang coba kita amati tampilan dashboard-nya, futuristic dan elegan dilengkapi Steering Switch Control yang membuat pengendara lebih mudah mengontrol audio player dan multi information display (MID) hanya dengan sentuhan jari pada setir. Kita juga bisa mengatur pencahayaan sesuai kebutuhan dengan dukungan Optitron meter dengan LED.

Gerah? tak usah khawatir, Fortuner juga dilengkapi fitur Automatic AC dengan panel kendali tipe tekan (push type) dan LCD/Liquid Crystal, selain itu penumpang bagian belakangpun tak perlu khawatir mandi keringat karena mereka bisa merasakan kesejukan hanya dengan mengatur tombol rear cool pada instrument panel dan tombol blower di kanan kursi baris ketiga.

What about the music? Toyota menghadirkan audio canggih untuk memasang MP3 (untuk tipe G Luxury & V) dengan dilengkapi pula 2 DIN AM/ FM Radio Cassette 6 CD Indash dengan 6 buah speaker dan tweeter.

Kelupaan mencharge baterai ponsel atau laptop? No problem, karena Fortuner menyediakan Power outlet berkapasitas 12 V yang terpasang di dua tempat (di bagian bawah center console dan di samping kiri bagasi). Perangkat ini pun bisa digunakan untuk memasang peralatan elektronis lain, seperti laptop.

Fitur keselamatan makin mengukuhkan Fortuner sebagai mobil yang aman dan nyaman, dengan dilengkapi dua kantung udara (airbag) bagi pengemudi dan penumpang di depan, pelindung pintu dari tabrakan samping (side door impact beam), sabuk pengaman (seatbelt) di setiap kursi dan soft upper interior, kaca depan laminated glass, serta sebagai peredam kejut yang terdiri dari suspensi double wishbone independent suspension dengan stabilizer dibagian depan dan 4-link coil spring suspension dengan lateral rod di belakang .

Body yang dibangun dengan struktur Global Outstanding Assessment (GOA) mampu menyerap energi benturan, membuat kabin tetap utuh dan melindungi penumpang dari cedera saat kecelakaan. Benar-benar memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Fortuner tersedia dalam tiga varian, dengan pilihan grade G, 2.7, 4 x 2, otomatik yang dijual dengan harga on the road di Jakarta Rp 295 juta; grade G, 2.7, 4 x 2, otomatik luxury Rp 307 juta; serta grade V, 2.7, 4 x 4, otomatik Rp 353 juta. Fortuner tersedia dalam enam pilihan warna, yakni super white, silver metallic, greyish brown metallic, dark grey mica, black mica, dan blue metallic.
nurcahyo
nurcahyo nurcahyo is offline
Continent Level

Post: 3.490
 
Reputasi: 13

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Fortuner, SUV Urban yang Aman dan Nyaman

Fortuner sangat garang gan, para yang hobi bisa membeli kalau punya duit. Selanjutnya bisa mendapatkan kenyamanan berkendara.
vixitev
vixitev vixitev is offline
National Level

Post: 1.097
 
Reputasi: 2

__________________
Sip bos...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tips Berhelm Nyaman dan Aman nurcahyo Mobil 1
Fortuner, SUV Urban yang Aman dan Nyaman nurcahyo Mobil 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.