Jawaban atas Pertanyaan yang Sering Dilontarkan

andy_baex

New member
APAKAH INTERNET ITU?

Manusia menggunakan komputer untuk menyelesaikan hampir seluruh pekerjaannya. Sekumpulan komputer dinamakan network (jaringan). Karena manusia terhubung melalui jaringan, mereka dapat menggunakan komputer untuk bertukar ide dan informasi. Beberapa komputer terhubung ke jaringan secara langsung, sedangkan yang lain (terutama di rumah) terhubung lewat kabel telepon dan peralatan komunikasi seperti modem. Dengan menghubungkan jaringan bersama-sama dengan komputer (peralatan, pent) tertentu yang dinamakan router, orang-orang pada sebuah jaringan dapat bekerjasama dengan orang lain di jaringan yang lain. Kelompok yang ter-INTER-koneksi dalam NETwork (jaringan) ini disebut INTERNET.

Apa yang Dapat Kulakukan di Internet?

Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di internet, yaitu surfing, searching (pencarian), berkirim email, transfer program dan dokumen, chatting (ngobrol), dan bermain game.

SURFING (penelusuran)

Surfing adalah salah satu aktivitas terpopuler di internet. Untuk surfing, seorang pengguna memerlukan sebuah program yang dinamakan web browser. Dengan web browser, pengguna bisa berhubungan ke tempat (situs) yang berisi informasi.
Banyak tempat yang berisi link (jalur) ke situs yang lain yang berisi informasi yang berkaitan. Link-link ini biasanya diidentifikasikan dengan teks bergaris bawah yang berbeda warna dari teks-teks yang lain pada artikel tersebut. Dengan meng-klik salah satu link ini, pengguna dapat terhubung ke informasinya. Informasi ini bisa berada dalam tempat yang sama atau berbeda. Informasi yang baru ini, bisa pula terhubung ke informasi yang lain. Sama halnya dengan footnote atau referensi pada buku-buku atau penerbitan, link-link dapat digunakan untuk mencari informasi, baik yang terkait, atau tidak terkait.

SEARCHING (pencarian)

Proses pencarian ini menggunakan program tertentu, yaitu search engine (mesin pencari). Beberapa program ini berada di situs pencari berbeda. Web browser yang populer pasti memiliki informasi situs-situs pencari ini. Melakukan searching sama halnya dengan menggunakan kartu katalog di perpustakaan. Seperti halnya seseorang yang akan mencari sebuah topik di kartu katalog lalu menemukan satu atau beberapa referensi untuk topik tersebut bersama informasi lokasinya, maka sebuah search engine (mesin pencari) menyediakan sebuah daftar berisi alamat situs-situs yang mengandung informasi yang relevan. Daftar ini sebenarnya adalah sekumpulan link menuju situs-situs tersebut sehingga pengguna cukup meng-klik pada link yang diinginkan untuk menuju situs yang dikehendaki. Seperti halnya dengan kartu katalog di perpustakaan yang berisi kartu referensi yang berbeda-beda, maka beda search engine akan memebrikan daftar referensi yang berbeda-beda pula.

E-MAIL

Email adalah salah satu aktifitas internet yang cukup populer. Cara kerjanya mirip dengan kita mengirim surat melalui kantor pos atau notes dan memo pada sebuah kantor. Email digunakan untuk bertukar pesan antara dua orang atau lebih.
Karena sebuah email dapat menyebabkan salah paham atau bahkan disalahgunakan, para pengguna sebaiknya lebih mengenal netiket email [FYI 28, RFC 1855].

Banyak orang juga berpartisipasi dalam mailing-list. Biasanya mailing-list dibuat untuk membicarakan hobi atau topik tertentu. Beberapa mailing-list digunakan untuk menyediakan informasi kepada para pelanggannya ?seperti kiriman daftar produk terbaru-, atau berupa forum diskusi banyak orang. Saat ini, banyak orang berdiskusi dengan cara mengirimkan email kepada alamat-alamat tertentu dalam sebuah daftar (list), yang kemudian emailnya tersebut didistribusikan kepada seluruh anggota dalam daftar tersebut. Penyalahgunaan daftar-daftar alamat ini adalah salah satu penyebab adanya junk-mail (mail sampah, spam), dan setiap orang sebaiknya berhati-hati, karena bisa jadi mereka adalah sumber dari spam tersebut.

FILE TRANSFER (Perpindahan File)

Program dan dokumen dapat di transfer dalam beragam cara. Yang paling umum adalah seperti yang dilakukan pengguna internet individual, yaitu dengan melampirkan program atau dokumen dalam emailnya (fasilitas attachment). Program dan dokumen biasanya ditransfer dari situs ke pengguna menggunakan fitur web browser atau FTP (File Transfer Protokol).
Adanya berbagai kemudahan transfer ini membuat pengguna bisa mendapatkan bermacam-macam program, dokumen, file audio dan video.

CHAT (Obrolan)

Chat dapat dilakukan oleh satu orang yang terhubung ke internet atau lebih. Chatting mirip dengan mengikuti sebuah acara kumpul-kumpul. Beberapa orang mengelompok dalam satu grup dan mendiskusikan sesuatu, sedangkan chatter bertemu dalam ruang chat (chat room) dan mendiskusikan sebuah topik. Ruang chat ini biasanya disponsori atau dioperasikan oleh organisasi yang memiliki kepentingan dalam topik yang bersangkutan. Sebagai contoh, sebuah organisasi berita online memiliki ruang chat bagi para chatter untuk mendikusikan berita hangat. Untuk bisa ngobrol, seseorang menulis sebuah pesan yang bisa dibaca, dan setelah itu, orang lain bisa langsung menanggapi tulisan tersebut. Untuk pertama kalinya, chatter harus menyadari ?seperti halnya dalam sebuah acara kumpul-kumpul tersebut-, bahwa ada orang-orang di ruang chat yang hanya menyimak pembicaraan. Juga, ada pula beberapa orang sengaja tampil beda daripada keadaan mereka sebenarnya. Terakhir, ingatlah bahwa para chatter itu mudah masuk dan keluar dari ruang chat, sama seperti orang-orang yang berpindah dari satu grup ke grup yang lain dalam sebuah acara pesta.

BERMAIN GAME

Banyak orang menggunakan internet untuk bermain game. Di antara game-game ini, ada yang perlu diinstall di komputer, dan ada pula yang bisa dimainkan langsung dari situs-situs game.

AKTIVITAS LAIN

Beberapa aktifitas yang cukup populer adalah: berbelanja, jasa bank dan berinvestasi secara elektonik (online). Banyak retailer menampilkan gambar produk mereka untuk menarik minat pembeli, dan termasuk juga belanja adalah pembelian tiket pesawat terbang atau pemesanan bahan makanan. Banyak bank yang membolehkan nasabahnya untuk men-transfer uang, mengecek saldo, membayar rekening dan aktifitas-aktivitas lain dengan menggunakan nomor account (akun) dan ID.

Juga, banyak orang berinvestasi melalui internet dalam segala hal, mulai dari penambahan stock gudang, sampai memesan properti (real estate). Satu hal yang harus diingat, jika Anda menggunakan kartu kredit, harap di-cek apakah ada fasilitas keamanan untuk melindungi data informasi kartu kredit Anda. Situs-situs bereputasi baik tentu akan memberi penjelasan bagaimana melindungi data Anda. Jika Anda ragu kinerja perlindungan mereka, jangan gunakan kartu kredit Anda pada situs tersebut
 
Back
Top