Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Komputer
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

Wekekekeke.. berikut adalah daftar istilah2 yang umumnya kita kenal di dunia perkomputeran ( dunia opo kui )

Langsung aja Yak..

A
Access Time - Istilah untuk mengukur kecepatan akses pada Media penyimpanan maupun Memory. Access time pada Hard Disk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memoy menggunakan satuan nanodetik. Makin kecil angka access time menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi.

AGP - Accelerated Graphics Port. Interface yang dikembangkan oleh Intel untuk mendukung pengolahan grafis berkecepatan tinggi pada processor Pentium II dan diatasnya. (Lihat gambar)

Algoritma - Alur logika berpikir manusia yang ditransformasikan kedalam langkah-langkah yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk baris-baris perintah dalam bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.

AT - Advanced Technology. Sebutan untuk PC yang menggunakan processor Intel 80286 dan kompatibelnya.

ATA - AT Attachment, juga dikenal sebagai IDE (Integrated Drive Electronics). Adalah desain interface harddisk dengan controller yang terintegrasi didalamnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 dan Ultra ATA dengan menambahkan berbagai kelebihan, diantaranya kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play dan meningkatnya kecepatan akses.

ATA-PI - ATA Packet interface. Adalah desain standar untuk device seperti CD-ROM dan tape drive yang disambungkan ke interface ATA (IDE) konvensional.

B
BASIC - Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan di Dartmouth College (Hanover, N.H.) pada tahun 1964 untuk digunakan pada komputer mini. Penemunya, Thomas E. Kurtz dan John G. Kemeny menyusun Basic sebagai bahasa pemrograman sederhana yang diperuntukkan bagi mereka yang baru pertama kali mempelajari komputer. Pada tahun 1980-an Bill Gates (sekarang pimpinan Microsoft) berhasil mengembangkan Basic untuk plattform PC. Saat ini Basic telah berkembang menjadi bahasa Visual Basic untuk pemrograman berbasis Windows.

BIOS - Basic Input/Output System. Adalah program yang memfasilitasi operasi input dan output pada sebuah komputer.

Bottleneck - Sumbatan leher botol. Istilah yang digunakan untuk menyebut gangguan yang terjadi apabila piranti keluaran (output) tidak dapat mengimbangi kinerja piranti pemrosesan sehingga memperlambat kerja sistem secara keseluruhan.

Bug - Istilah untuk suatu cacat/kesalahan pada software atau hardware yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Proses untuk menemukan dan mengatasi bug disebut sebagai debugging.

Bus - Jalur utama aliran data antara processor ke komponen lainnya (seperti sound card, video card, memory) pada mainboard

C
C - Bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Bell Laboratories pada tahun 1972. Bahasa C dikenal efisien dan sangat portabel sehingga dapat digunakan di berbagai plattform. Pada pertengahan era 1980-an, Bjarne Stroustrup dari Bell Laboratories mengembangkan bahasa C++ dengan menambahkan kemampuan OOP.

Cache - Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan jauh lebih rendah. Penggunaan cache ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM. Sedangkan dalam terminologi software, istilah ini merujuk pada tempat penyimpanana sementara untuk file-file yang sering diakses (biasanya diterapkan dalam network)

CAD - Computer Aided Design.

CD-R - Compact Disk Recordable. Media penyimpanan sejenis CD-ROM yang dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan sebuah perangkat drive khusus. Berbeda dengan CD-ROM, dimana data langsung dituliskan pada saat keping CD diproduksi, CD-R dijual dalam kondisi kosong (blank). Proses perekaman dilakukan dengan bantuan perangkat lunak khusus dan diistilahkan sebagai burning. Data yang terekam didalamnya bersifat WORM (Write Once Read Many), artinya data hanya dapat ditulis sekali dan untuk selanjutnya hanya bisa dibaca.

CD-ROM - Compact Disk Read Only Memory. Media storage optikal yang secara fisik identik dengan CD-Audio yang telah lebih dahulu dipergunakan sebagai menyimpan rekaman suara. Media ini dibaca menggunakan perangkat CD-ROM Drive. Kecepatan akses CD-ROM drive biasanya diukur dengan satuan speed. 1x speed ekuivalen dengan 150 kBps (kilbyte per detik) yaitu kecepatan baca pada perangkat Audio CD.

CD-RW - Compact Disk Recordable and reWritable. Pengembangan lebih lanjut dari media CD-R dimana data yang telah terekam dalam keping CD-RW dapat ditambah, diubah, atau dihapus sewaktu-waktu.

Chipset - Chip-chip pada mainboard yang berperan sebagai jembatan aliran data antara subsistem sebuah PC. Chipset terbagi atas dua chip utama yang disebut northbridge dan southbridge. Chip northbridge bertugas untuk mengontrol aliran data dari processor, port AGP, dan memori utama sistem. Sementara itu, chip southbridge mengontrol aliran data dari bus PCI, interface hard disk, dan piranti eksternal lainnya.

CHS - Cylinder Head Sector. Adalah cara konvensional untuk pengalamatan sector pada harddisk

CISC - Complex Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang kompleks. Instruksi-instruksi yang tersedia memudahkan para programmer untuk mengembangkan aplikasi untuk plattform CISC. Di lain pihak, banyaknya instruksi dalam CISC dapat mengurangi kecepatannya. CISC merupakan kebalikan dari RISC, biasanya digunakan pada keluarga processor untuk PC (Intel, AMD, Cyrix).

Clock Set - Kecepatan sebuah processor yang merupakan perkalian dari sebuah nilai dengan FSB.

CPU - Central Processing Unit. Unit pemroses sentral pada sebuah komputer. Umumnya CPU diartikan sebagai kotak dimana seluruh peripheral dirangkai. Namun dalam pengertian teknis, CPU merujuk kepada processor yang terpasang dalam sebuah sistem komputer.

D
Database - Basis data. Sekumpulan informasi yang disusun sedemkian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field dan record yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuah field merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuah database. Sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentuk record.

DDE - Dynamic Data Exchange.

DDR-RAM - Double Data Rate-Random Access Memory. Tipe RAM yang bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada SDRAM. Biasanya digunakan pada PC dengan processor Pentium 4 atau yang setara.

DLL - Dynamic Linking Library.

DOS - Disk Operating System. Adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada PC hingga pertengahan era 1990-an. DOS pertama kali dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1981 sebagai sistem operasi standar untuk IBM-PC. Versi terakhir dari DOS adalah MS-DOS 6.3 yang diluncurkan pada tahun 1993. Belakangan, popularitas DOS mulai menyusut dan digantikan oleh sistem operasi yang lebih handal seperti Windows atau UNIX.

DPI - Dot Per Inch. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat kehalusan hasil cetakan printer maupun tampilan di layar monitor. Makin tinggi DPI, tampilan akan terlihat semakin halus.

DVD-ROM - Digital Versatile Disk-Read Only Memory. Jenis media penyimpanan dengan bentuk fisik mirip CD-ROM namun memiliki kapasitas yang jauh lebih tinggi serta kemampuan untuk menyimpan pada kedua sisinya. DVD-ROM biasanya digunakan untuk menyimpan file-file mutimedia berukuran besar.

E
EDO - Enhanced Data Out. Modul memory yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari SIMM.

EISA - Extended Industry Standard Architecture. Arsitektur standar yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan komputer (Compaq, AST, Zenith, Tandy, dll) untuk standarisasi operasi 32 bit.

Ethernet
- Protokol yang biasa digunakan dalam LAN.

F
File - Dalam terminologi komputer, istilah ini megandung pengertian sebagai berkas elektronis yang berisi informasi dan ditempatkan dalam sebuah storage.

Freeware - Software yang diedarkan secara gratis oleh pembuatnya.

FSB - Front Side Bus. Kecepatan bus dari sistem pada mainboard. Sebagai contoh, processor Pentium 4 memiliki FSB sebesar 400 MHz (4 x 100 MHz) sedangkan AMD Athlon Thunderbird memiliki FSB 266 MHz (2 x 133 MHz).

G
GIF - Graphics Interchan
ge Format. Sebuah format standar untuk file grafis (image) terkompresi. File GIF menggunakan teknik kompresi non-lossy sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada image yang tidak terlalu kompleks dengan jumlah warna yang sedikit. Untuk image yang lebih kompleks, biasanya digunakan format JPEG.

GIS - Geographic Information System. Sistem informasi berbasis geografis.

GUI - Graphical User Interface.
Istilah untuk menyebut tampilan pada program yang berbasis grafis.

H
Hardware
- Perangkat keras. Pengertian ini mencakup seluruh perangkat peripheral beserta perangkat pendukungnya dalam sebuah sistem komputer.

Hyperthreading - Teknologi yang dikembangkan oleh Intel untuk keluarga processor Pentium 4 dengan kecepatan 3 GHz keatas. Teknologi ini memungkinkan elemen-elemen yang berbeda dari processor--seperti unit integer, pemrosesan grafis, dan floating point untuk kalkulasi yang kompleks--dapat aktif dalam waktu yang bersamaan. Intel mengklaim teknologi ini mampu meningkatkan unjuk kerja sistem antara 25 hingga 30 persen.

I
IC - Integrated Circuit atau chip. Sebuah rangkaian mikroelektronik berupa semikonduktor yang terdiri dari sejumlah besar transistor dan komponen-komponen lainnya. IC dikemas dalam sepotong bidang persegi empat (disebut sebagai "die") dari silikon. IC dapat digolongkan menjadi IC analog, digital maupun hybrid (campuran).

IDE - Integrated Drive Electronics. Lihat ATA.

Interface - Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.

ISA - Industry Standard Architecture. Adalah slot ekspansi 8 bit dan 16 bit yang digunakan pada komputer XT dan AT. (Lihat gambar)



J
JPEG - Joint Photographic Experts Group. Format file gambar (image) yang dikompresi dengan metode lossy. Format ini cocok diterapkan pada file image yang kompleks dengan jumlah warna yang banyak.



K
Kompresi
- Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kompresi bekerja dengan mencari pola-pola perulangan pada data dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu. Ada dua jenis metode kompresi, yaitu non-lossy dan lossy. Kompresi yang bersifat non-lossy tidak menghilangkan informasi-informasi dalam file asli sehingga cocok diterapkan untuk file dokumen. Sebaliknya, metode lossy menghilangkan informasi yang dianggap tidak signifikan. Biasanya teknik ini diterapkan pada file multimedia berukuran besar, misalnya pada format file JPEG (image), MPEG (video) dan MP3 (audio).



L
LAN - Local Area Network.
Sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dalam lingkup lokal (tidak bisa diakses oleh jaringan lain). Beberapa jaringan LAN dapat dihubungkan melalui suatu hirarki tertentu hingga membentuk WAN (Wide Area Network).

LBA - Logical Block Address. Adalah salah satu cara pengalamatan (addressing) sector pada harddisk yang menggunakan metode berupa penomoran dimulai dari 0 sebagai alamat sector pertama pada harddisk.

Linux - adalah sebuah sistem operasi open source varian UNIX yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL). Linux dikembangkan oleh perorangan maupun kelompok yang bekerja secara sukarela. Para pengembang Linux memanfaatkan jaringan Internet untuk melakukan tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dipersilahkan untuk bergabung dalam pengembangan Linux. Linux pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan pakar UNIX di Internet. Sekarang Linux bisa diperoleh dari distribusi-distribusi yang umum digunakan, misalnya RedHat, Debian, Slackware, Caldera, Stampede Linux, TurboLinux dan lain-lain. Kernel yang digunakan adalah sama-sama Linux, sedangkan perbedaannya hanyalah paket-paket aplikasi yang disertakan, sistem penyusunan direktori, init style, dll.

M
Mainboard -
Juga biasa disebut motherboard, adalah papan rangkaian utama pada komputer dimana Processor, memory dan peripheral-peripheral lainnya terpasang. (Lihat gambar)

MBR - Master Boot Record. Adalah sector pada harddisk yang berlokasi pada silinder 0 head 0 sector 1 (atau dikenal sebagai LBA 0).

MCA - Micro Channel Architecture. Bus yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987. Digunakan pada beberapa model komputer PS/2.

MIDI - Musical Instrument Digital Interface. Merupakan standar untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus.

MMX - Lihat Pentium.

Modem - Modulator and Demodulator. Merupakan piranti untuk keperluan komunikasi data antar komputer yang menggunakan media saluran telepon. (Lihat gambar).

Motherboard - Lihat Mainboard

MP3 - MPEG layer 3. Sebuah format rekaman audio digital terkompresi. Format MP3 disusun berdasarkan algoritma yang dikembangkan oleh Karlheinz Brandenburg dari Universitas Fraunhover, Jerman. Teknologi ini memungkinkan format rekaman audio digital dengan kualitas mendekati CD memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga dapat didistribusikan dan di-download via internet.

MPEG - Motion Picture Expert Group. Sebuah nama populer untuk format file multimedia terkompresi. Pada mulanya MPEG digunakan untuk kompresi data audio-video pada VCD, namun belakangan dikembangkan menjadi format MP3.

O
OLE -
Object Linking and Embedding.

OOP - Object Oriented Programming. Teknik pemrograman yang berorientasi pada objek.

Open Source - Software yang didistribusikan beserta dengan kode sumbernya (souce code) Software ini bebas dimodifikasi oleh user sesuai dengan kebutuhannya.

P
Pascal -
Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth di Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer. Versi bahasa Pascal yang banyak dipakai adalah Turbo Pascal buatan Borland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS. Belakangan, Pascal juga dikembangkan sebagai bahasa pemrograman visual di lingkungan sistem operasi Windows dengan nama Delphi.

PC - Personal Computer. Komputer pribadi; mencakup segala jenis sistem komputer yang umum digunakan dewasa ini untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

PCI - Peripheral Component Interconnect. Adalah bus yang memiliki kecepatan tinggi yang dikembangkan oleh Intel untuk mendukung komputer yang berbasis processor seri 486 dan diatasnya. (Lihat gambar)

Pentium - Merupakan merk dagang untuk processor generasi kelima keluaran Intel. Processor Pentium pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1993 dengan kecepatan 60 dan 66 Mhz. Tahun 1997 Intel mengeluarkan Pentium MMX (Multimedia Extension) yang telah dilengkapi dengan instruksi-instruksi khusus untuk pengolahan data multimedia. Pentium MMX mampu bekerja dengan kecepatan hingga 233MHz. Kini Prosesor Pentium telah berkembang hingga generasi ke-4 (Pentium 4) dengan kecepatan melampaui 1 GHz (1000 Mhz).

Port - Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti ekternal, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel dan beberapa port USB.

Processor - Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. (Lihat gambar)

Prolog - Akronim dari Programming in Logic. Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh ilmuwan Prancis pada era 1970-an. Bahasa Prolog biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan knowledge processing, semacam sistem pakar (expert system), dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

R
RAM
- Random Access Memory. Memory fisik yang terpasang pada PC.

ROM - Read Only Memory. Juga dikenal sebagai memori statik, yaitu memori fisik yang bersifat hanya-baca. Dalam komputer, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi BIOS.

RISC - Reduced Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang lebih ringkas dibandingkan dengan CISC. RISC memiliki keunggulan dalam hal kecepatannya sehingga banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan kalkulasi secara intensif. Konsep RISC pertama kali dikembangkan oleh IBM pada era 1970-an. Komputer pertama yang menggunakan RISC adalah komputer mini IBM 807 yang diperkenalkan pada tahun 1980. Dewasa ini, RISC digunakan pada keluarga processor buatan Motorola (PowerPC) dan SUN Microsystems (Sparc, UltraSparc).

S
SCSI - Small Computer Systems Interface.
Merupakan standar dalam menghubungkan peripheral ke komputer dengan menggunakan interface yang memakai perintah SCSI (SCSI Command). Standar SCSI dapat dibedakan menjadi SCSI (SCSI1) dan SCSI2 (SCSI wide dan SCSI wide and fast). SCSI2 adalah versi terbaru dari SCSI yang menghubungkan berbagai peripheral seperti CD-ROM dan Tape Drive.

SDRAM - Sychronous Dynamic Random Access Memory. Modul memory (RAM) dengan clock speed yang lebih tingi daripada SIMM atau EDO. Biasa dipergunakan pada processor-processor generasi terbaru. Modul ini biasa dijual dengan spesifikasi bus clock tertentu, misalnya 32MB/133Mhz, artinya SDRAM dg kapasitas sebesar 32MB yg bekerja pada FSB sebesar 133Mhz. Bus clock yang tinggi digunakan apabila SDRAM dipasang pada PC dengan processor generasi baru yang juga bekerja pada FSB yang tinggi, namun tidak berpengaruh pada mesin dengan processor generasi lama dengan FSB yang rendah. SDRAM dikemas dalam modul 172 pin.

Server - Komputer yang bertugas sebagai "pelayan" jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya.

Shareware - Software yang diedarkan secara cuma-cuma untuk dapat dicoba oleh calon penggunanya selama jangka waktu tertentu. Apabila si calon pengguna tertarik, maka ia dapat membeli versi komersialnya.

SIMM - Single Inline Memory Module. Modul Memory yang umum digunakan mulai pada PC type 286 hingga Pentium generasi awal. Secara fisik, SIMM dikemas dalam modul 30 dan 72 pin.

Software - Perangkat lunak. Pengertian ini juga mencakup sebuah program yang dibuat untuk dijalankan pada hardware tertentu.

SQL - Structured Query Language. Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mengirimkan suatu perintah query (pengaksesan data berdasarkan pengalamatan tertentu) terhadap sebuah database. Kebanyakan software database yang ada saat ini dapat diakses melalui SQL. Setiap aplikasi yang spesifik dapat mengimplementasikan SQL secara sedikit berbeda, tapi seluruh database SQL mendukung subset standar yang ada.

Storage - Media penyimpanan data pada komputer. Storage dibedakan menjadi removable storage, yaitu media penyimpan data yang dapat dipindah sewaktu-waktu, dan non-removable storage, yaitu media penyimpanan yang bersifat tetap. Floopy disk (disket) dikelompokkan sebagai removable storage, sementara hard disk masuk dalam kelompok non-removable storage.

T
Trojan horse
- Sebuah program komputer yang mengandung rutin-rutin tersembunyi, biasanya bersifat merusak, yang berjalan di latar belakang saat program utama dijalankan. Trojan horse biasanya berwujud sebuah program yang menarik sebagai jebakan terhadap user supaya ia tertarik untuk menjalankannya. Walaupun bekerjanya mirip dengan virus, namun trojan horse (biasanya) tidak dirancang untuk menginfeksi sebuah program.

U
UNIX
- Merupakan salah satu sistem operasi yang populer untuk server saat ini. UNIX dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie sekitar tahun 1969 di AT&T Bell Laboratories. Pada mulanya sistem ini dikembangkan dalam bahasa assembly. Akan tetapi karena portabilitasnya rendah (sehingga sulit dikembangkan di sistem lain) maka Ritchie mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut bahasa C (sekitar tahun 1972). Sistem UNIX kemudian berkembang di lingkungan perguruan tinggi dan mulailah muncul variant dari sistem UNIX ini. Varian yang utama adalah UNIX BSD dan UNIX System V.

USB - Universal Serial Bus.
Teknologi yang memungkinkan pemasangan peripheral secara mudah dengan bandwidth yang lebih besar daripada port serial atau paralel.

Upgrade - Istilah untuk tindakan penggantian sebagian atau keseluruhan perangkat sistem dengan perangkat sejenis yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

V
Virus
- Istilah untuk sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan cara menyisipkan programnya kedalam sebuah file lain tanpa campur tangan manusia. Mirip seperti virus biologis, virus komputer dapat menyebar pada file-file dalam sebuah komputer, atau bahkan menulari file di komputer lain, baik melalui jaringan maupun lewat kegiatan tukar-menukar file. Sebuah virus dapat berisi rutin-rutin tertentu yang diisikan oleh programmer virus. Rutin-rutin ini bisa saja berisi perintah perusakan atau hanya sekedar menampilkan pesan.

VLB - Vesa Local Bus. Adalah ekstensi 32 bit yang memiliki kecepatan tinggi untuk ISA. VLB dipromosikan oleh VESA (Video Electronic Standard Association).

W
WAN - Lihat LAN.

Worm - Sejenis virus komputer yang tidak menginfeksi sebuah program. Worm menduplikasi dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya dengan memanfaatkan jaringan komputer). Walaupun worm tidak menular melalui sebuah program, namun ia juga dapat bersifat merusak.

X
XT - eXtended Technologi. Istilah untuk komputer yang menggunakan processor Intel 8086/8088.


capeeekkk.. dah dulu ahh.. ntar di terusin lagi...
Redbastard
World Level

Post: 16.821
 
Reputasi: 219

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

nice share bozzz
onyon_gila
Home Level

Post: 15
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

yup... :P
Redbastard
World Level

Post: 16.821
 
Reputasi: 219

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

good share bro...
Marlboro11
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

request bro..
istilah dalam website juga dong..
kopitubruk82
City Level

Post: 98
 
Reputasi: 0

__________________
Hi prenn, kita cari temen disini. ngomongin komputer, tambah ilmu, tambah teman, tambah rejeki





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

nice share
Larc
Continent Level

Post: 5.888
 
Reputasi: 133

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

info bagus nih...
agen_pale
Mod

Post: 22.080
 
Reputasi: 483






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

mantap den
rizalolo
Mod

Post: 45.497
 
Reputasi: 260

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

Sebelumnya salam kenal buat semua agan2....saya baru aja gabung di forum ini.

Nice share tapi masih kurang lengkap, ada berjuta istilah dalam dunia komputer bro...mungkin yg bro RED sampaikan baru 0.1% persen, tapi gw yakin lu pasti lagi cape yaw.....

ni sedikit gw tambahin :

Istilah-istilah Dalam Dunia Komputer

Adapter

Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.

Algorithm

Secara umum, sebarang kumpulan instruksi yang dapat dilaksanakan untuk suatu tugas khusus. Pada bidang komputer dapat secara eksplisit disendi menjadi kumpulan instruksi dalam bahasa komputer yang memanipulasi suatu jenis data.

ANSI.SYS

Device driver yang dapat diinstalasi, tersedia bagi pengguna komputer MS-DOS yang memungkinkan penggunaan instruksi ANSI (Urutan escape) untuk mengendalikan konsul (layar dan keyboard).

Arc

Extensi/Sambungan suatu nama fail yang dikompres dengan memakai program ARC lainnya untuk menjimatkan ruang.

Batch

Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.



Batch Processing

Berlangsungnya batch fail pada mikro komputer dan suatu simpanan 'batch' instruksi (pentunjuk) sistem operasi yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi (gangguan) pengguna.



Benchmark

Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.

Bit map ( BMP )

Suatu bit image, khususnya struktur data yang menyatakan bit image yang ada pada memori, yang mewakili suatu gambar yang akan ditampilkan pada layar.


Bit/ Binary Digit

Pada pemrosesan atau penyimpanan data, bit merupakan satuan informasi terkecil yang ditangani komputer dan secara fizikal diwakili oleh suatu aksara tunggal yang disalurkan ke media.

CAD/ Computer Aided Design

Istilah yang diaplikasikan untuk program-program yang digunakan dalam perancangan perekaan, arkitektur dan model-model ilmiah mulai dari alat-alat sederhana sampai gedung, kapal terbang dan lain-lain.

CAM/ Computer Aided Manufacturing

Istilah yang menjelaskan penggunaan komputer dalam manufaktur sebuah produk. Sebuah produk diselesaikan ke dalam satu kumpulan instruksi yang dapat ditransmisikan ke dan digunakan oleh mesin-mesin khusus untuk industri.

Cache Memory

Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

Card

Istilah umum yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB) yang dapat dipasang di dalam komputer untuk menyediakan fungsi tambahan atau kemampuan baru.

Capture

Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

CD-I

Kependekan dari compact disc-interactive, sebuah piawaian hardware dan software dalam bentuk CD (Compact Disc) yang dapat mengkombinasikan audio, video dan teks pada CD berkapasiti tinggi.

CD-ROM

CD-Read Only Memory media penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 MB) yang memakai laser optik untuk membaca data.


CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory

Bentuk penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 megabyte) dan penggunaan laser optic, bukan magnetik, untuk membaca data.



Chip

Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.


Computer Graphics Interface/ CGI

Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.


Complier

Sembarang program yang mengubah kumpulan simbol ke kumpulan lain dengan mengikuti sintaksis, atau sebuah program yang menerjemahkan seluruh kod sumber suatu program, yang ditulis dalam bahasa program tingkat tinggi ke dalam kod objek sebelum program dieksekusi.


Crash

Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

CRT/ Cathode Ray Tube

Merupakan asas atau nama teknik dari layar televisyen atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.


Config.sys

Sebuah fail teks khusus yang mengendalikan aspek perilaku sistem operasi dalam komputer PC.


COM

Nama alat logik untuk komunikasi, merupakan nama sejumlah port serial (COM1, COM2, COM3, dan COM4) dalam komputer PC melalui perintah sistem operasi DOS. Jika sebuah modem dihubungkan ke salah satu port lain, maka peralatan tersebut ditetapkan sebagai COM1, dan COM2 oleh sistem operasi.


Coaxial

Suatu gulung kabel yang menggunakan dua konduktor, sebuah kawat pusat di dalam sebuah pelindung silinder yang dihubungkan dengan tanah/ bumi.

Cray

Sebutan untuk jenis komputer yang besar dan cepat, sebesar almari es, 64-bit, kecepatan 165 MHz.

Daisy-wheel Printer

Printer yang menggunakan elemen logam atau plastik berbentuk seperti roda atau bunga aster (daisy) dengan tonjolan karakter di setiap ujung jari-jarinya. Cara kerjanya dengan mengetukkkan logam berhuruf timbul ke pita yang menyentuh kertas di bawahnya seperti mesin ketok.

Data compression

Memadatkan data atau informasi pada suatu fail agar penyimpanan lebih efisien


Desktop Publishing

Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualiti tinggi.

Dial Access

Komunikasi yang dapat diakses melalui fasiliti/kemudahan hubungan antara jaringan yang dihasilkan melalui jalur telefon biasa .


DRAM (Dynamic RAM)

Bentuk RAM (Random Access Memory) semikonduktor yang dapat dibaca dan ditulis oleh prosesor atau piranti lainnya. Lokasi penyimpanan data pada rangkaian terpadu (chip) yang mengandung kapasitor dengan kapasiti lebih besar.



Download

Proses hantar salinan fail dari komputer jauh ke komputer pemanggil dengan pertolongan modem atau jaringan.



DOS

Singkatan dari Disk Operating System atau Sistem Pengoperasian Disket/Cakera. Adalah program atau aturcara yang membolehkan komputer beroperasi



DBMS

Singkatan dari Data Base Management System atau sistem manajemen asas data. Adalah sebuah lapisan peringkat lunak di antara asas data fisik dan pengguna. DBMS mengatur seluruh permintaan untuk tindakan asas data (seperti pembaruan) dari pengguna.

EDO RAM/ Extended Data Out RAM

Chip RAM yang menyertakan komponen logik yang mengorganisi aliran data keluar yang menawarkan aliran data lebih cepat bila ada permintaan dengan susunan berurutan.



Expansion Bus

Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer.



Encryption/ Enkripsi

Proses pembuatan informasi yang tidak dapat dibaca untuk memproteksi informasi dari pengguna yang tidak sah, khususnya selama transmisi atau ketika informasi tersebut disimpan pada medium magnetik yang boleh diangkat-angkat.



Ethernet

Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.



Feature

Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.

Firewall

Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.

GIF/ Graphics Interchange Format

Fail format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded (dikirim) ke online services.



Grapical User Interface / GUI

Format tampilan yang mengandalkan interface grafik yang ditunjukkan dengan penggunaan tombol gambar (icon) dan daftar menu pull-down pada layar.

Groupware

Tipe software/ peringkat tinggi yang mendukung penggunaan objek pada waktu yang bersamaan (seperti dokumen, kalender, dan spreadsheet) oleh banyak pengguna jaringan.



Home PC

merupakan jenis komputer pribadi yang dirancang untuk dipakai di rumah dan harganya sesuai dengan barang rumah tangga termasuk dengan fasiliti hiburannya.



Host

Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.



Hypertext

Metafora untuk menyajikan informasi dimana teks, gambar suara dan tindakan menjadi terkait bersama jaringan asosiasi yang rumit, tidak berurutan, yang memungkinkan melihat topik yang bersangkutan tanpa pedulikan urutan topik.



Hypermedia

Integrasi grafik, suara dan video, atau sebarang kombinasi menjadi penyimpanan dan pemanggilan sistem inforamsi asosiasi yang primer.



Impact Printer

Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.

Ink-jet Printer

Printer semburan/nonketik yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas.

Intel

Salah satu perusahaan pembuat mikroprosesor yang mempopularkan Pentium yang terkenal di dunia.

IDE/ Integrated Devide Elektronic

Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.

ISO/ International Piawaiands Organization

Sebenarnya kependekan dari Organization for Piawaiandization yaitu organisasi yang membangun atau pembuat piawai untuk komunikasi data nasional dan internasional.

Intranet

Penggunaan teknologi internet pada jaringan internal (setempat) untuk mendistribusikan informasi.



Imaging

Proses yang terlibat dalam penangkapan, penyimpanan, penampilan dan pencetakan gambar atau dokumen secara grafik atau dapat juga dikatakan jenis image yang seringkali dipakai pada Web pages karena kemampuannya merender warna latar belakang sebagai transparan.

Jack

Konektor yang dirancang khusus untuk menerima stopkontak. Biasanya jack dihubungkan ke rangkaian untuk membuat hubungan audio-video.

Log-on atau Log-in

Proses awal 'menggunakan' suatu komputer jaringan yang ditandai dengan mengidentifikasi kata sendi pengguna yang dikenal komputer jaringan.

Multiuser system

Sebarang sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.

Modem

Singkatan dari modulator/demodulator; alat komunikasi yang memungkinkan komputer mengirimkan informasi melalui saluran telepon piawaian.


MPEG Card

Kependekan dari Motion Picture Expert Group. Yaitu card yang melengkapi CD-ROM agar mampu menampilkan full motion video secara mulus, satu full motion video harus dijalankan pada kecepatan 30 frame per detik (fps). Dengan memasang MPEG card dan CD-ROM drive di PC, kita boleh menonton film CD maupun berkaraoke di PC.

MMX/ Microprocessor Multimedia Exstensions

Prosesor Pentium generasi baru yang dapat mendongkrak kinerja multimedia dan komunikasi sampai 60% di atas pentium. Secara umum MMX membuat game/ permainan lebih realistik, video lebih baik dan fasiliti grafik lebih sempurana .


Offline

Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

Online

Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

Postcript Page Description Language

Bahasa pemrograman yang khusus untuk mendefinisikan tampilan dokumen, biasanya menyediakan kapabilitas huruf yang fleksibel dan grafik dengan kualitas tinggi.



Plotter

Alat untuk menggambar grafik, diagram dan grafik garis lainnya yang menggunakan pena atau muatan elektrostatik dan toner.


Pentium

Sebutan untuk prosesor Intel 80586 disebut juga P5. Prosesor Pentium berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 3.1 juta buah transistor.

Pentium Pro

Sebutan untuk prosesor Intel 80686 disebut juga P6. Yaitu prosesor berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 5.5 juta buah transistor. Sasaran pasar umumnya untuk komputer jaringan dengan sistem operasi Windows NT (New Technology).



Peripheral

Istilah dalam komputer yang digunakan untuk peralatan seperti penggerak disik, printer, modem dan lainnya yang dihubungkan ke komputer dan dikendalikan oleh prosesornya.


Prosesor

Disebut juga unit pemrosesan pusat chip tunggal, yaitu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan instruksi-instruki yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak komputer.

Pixel/ Picture element

Unsur terkecil yang ditampilkan atau dicetak yang dapat ditangani oleh hardware dan software untuk membentuk huruf, angka atau grafik. Atau suatu titik kisi-kisi yang terdiri dari ribuan titik satu per satu untuk membentuk suatu gambar pada layar oleh komputer atau pada kertas printer.

Port

Soket, sejenis stopkontak pada hardware komputer, disebut juga konektor input/ output; yaitu tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.

Power Supply

Alat yang mengubah listrik dari soket listrik menjadi tegangan yang lebih rendah (khususnya 5 sampai 12 volt DC) yang dibutuhkan oleh sistem komputer.



Query

Proses pengambilan data dari suatu asas data dan menyediakannya untuk dipakai atau suatu himpunan tertentu yang berisi instruksi untuk mengambil data tertentu secara berulang.



Real time

Operasi real time adalah lingkungan di mana aktiviti mesin sesuai dengan persepsi manusia mengenai waktu atau di mana operasi komputer berjalan dengan kecepatan dengan proses fizikal atau eksternal.



Resolution/ Resolusi

Kejernihan atau kehalusan detil yang diperoleh monitor atau printer dalam menghasilkan gambar. Resolusi biasanya dipakai untuk menunjukkan jumlah total pixel yang ditampilkan secara horisontal atau vertikal pada tampilan video.



Router

Alat perantara pada jaringan komunikasi yang melancarkan pengiriman pesan.



Scan

Menggerakkan alat peka cahaya sepanjang permukaan yang ditempati gambar seperti halaman teks, mengkonversi berbagai bidang pada permukaan menjadi digit biner yang dapat diinterpretasi oleh komputer.

Spreadsheet program

Paket program komputer yang digunakan untuk memproses data keuangan dan data lain yang berhubungan dengan angka seperti anggaran, analisa cash flow, dan sebagainya.


Shareware

Program yang boleh digunakan secara terhad untuk jangka waktu percobaan tertentu.



SRAM/ Static RAM

Chip RAM yang dapat menyimpan sekitar seperempat data pada chip DRAM tetapi jauh lebih cepat dari pada DRAM. Harganya masih mahal.

Stack

Daerah memori yang dicadangkan dimana program menyimpan data status, seperti prosedur dan fungsi yang memanggil return address, meneruskan parameter, dan (kadang-kadang) variabel setempat.

Storage

Suatu alat yang secara fisik dapat digunakan menyimpan data atau informasi mengenai fail/ arsip dan dapat dibaca komputer.


SIMM

Singkatan dari Single In-line Memory Module. Papan rangkaian kecil yang dirancang untuk menempati chip/IC memori.



SCSI/Small Computer System Interface

Interface paralet dengan tahap kecepatan tinggi yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke alata lainnya seperti harddisk, printer, atau ke komputer lain secara jaringan.



Serial port

Konektor/ soket untuk lokasi input/output untuk transmisi data serial seperti printer atau mouse.



Sound clip

Koleksi suara pada sebuah disk yang dapat diambil dan digabungkan ke dalam dokumen dengan bantuan software atau hardware tertentu.



Token Ring

Struktur objek data yang unik atau pesan yang berkeliling secara bersambung di antara node-node suatu jaringan yang bertopologi gelang (topologi tertutup, ring) dan menggambarkan status yang ada di jaringan.



Universal Serial Bus/ USB

Kombinasi hardware, software dan kabel listrik yang menghasilkan suatu cara berkomunikasi antara semua bagian komputer yang berlainan secara universal, satu per satu.



Validasi

Pengujian untuk mengukur persesuaian dengan piawaian .



Visual Image

Deskripsi gambar yang disimpan dan dirakam dengan berbagai cara dan merupakan suatu salinan atau reproduksi yang diedit untuk sebuah citra di komputer.


Video Card

Card yang dapt mengubah data analog dari kamera, VCR, laser disc, maupun televisi menjadi data digital, sehingga dapat disimpan di harddisk. Selanjutnya data video diolah oleh komputer dan hasilnya dapat ditampilkan di layar komputer, pesawat TV, atau dirakam ke kaset video.

VGA/ Video Graphic Array

Merupakan video adapter yang diperkenalkan oleh IBM pada 1987, yang menduplikasikan sampel suatu variabel fisik, seperti suara. Makin tinggi samping rate atau makin banyak sampel diambil persatuan waktu, makin rapat hasil digitasi menyerupai aslinya.

Wavetable synthesizer

Sistem yang berdiri sendiri, membangkitkan suara digital yang bukan karena manipulasi alat fisik atau rekaman suara dan dapat menghasilkan suara yang realistis tanpa gangguan.



WORM/ Write Once, Read Many

Jenis disk optik yang dapat dan dibaca ulang tetapi tidak dapat diubah setelah dirakam dengan ruang penyimpanan kapasiti tinggi.

Worksheet

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan fail data yang dibentuk dan dipakai oleh dan dengan program lembar kerja elektronik. Contoh MS Excel



Xing MPEG Software

Program yang dapat memainkan aplikasi MPEG berupa filem-filem dalam media CD/ Video CD.

ZIP

Extensi/Sambungan ada nama fail yang mengindikasikan bahwa fail tersebut sudah dikompres oleh program PKZIP. Contoh motor.zip
marganti99
Home Level

Post: 10
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Istilah-Istilah Dalam Dunia Komputer

untuk Istilah lain yang ribet utk di jabarkan ( huahahah bilang aja males ngetik )

--- A ---
ADSL - Asymmetric Digital Subscriber Line
AGP - Accelerated Graphics Port
ALI - Acer Labs, Incorporated
ALU - Arithmetic Logic Unit
AMD - Advanced Micro Devices
APC - American Power Conversion
ASCII - American Standard Code for Information Interchange
ASIC - Application Specific Integrated Circuit
ASPI - Advanced SCSI Programming Interface
AT - Advanced Technology
ATI - ATI Technologies Inc.
ATX - Advanced Technology Extended

--- B ---
BFG - BFG Technologies
BIOS - Basic Input Output System
BNC - Barrel Nut Connector

--- C ---
CAS - Column Address Signal
CD - Compact Disk
CDR - Compact Disk Recorder
CDRW - Compact Disk Re-Writer
CD-ROM - Compact Disk - Read Only Memory
CFM - Cubic Feet per Minute (ft�/min)
CMOS - Complementary Metal Oxide Semiconductor
CPU - Central Processing Unit
CTX - CTX Technology Corporation (Commited to Excellence)

--- D ---

DDR - Double Data Rate
DDR-SDRAM - Double Data Rate - Synchronous Dynamic Random Access Memory
DFI - DFI Inc. (Design for Innovation)
DIMM - Dual Inline Memory Module
DRAM - Dynamic Random Access Memory
DPI - Dots Per Inch
DSL - See ASDL
DVD - Digital Versatile Disc
DVD-RAM - Digital Versatile Disk - Random Access Memory

--- E ---
ECC - Error Correction Code
ECS - Elitegroup Computer Systems
EDO - Extended Data Out
EEPROM - Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory
EPROM - Erasable Programmable Read-Only Memory
EVGA - EVGA Corporation

--- F ---
FC-PGA - Flip Chip Pin Grid Array
FDC - Floppy Disk Controller
FDD - Floppy Disk Drive
FPS - Frame Per Second
FPU - Floating Point Unit
FSAA - Full Screen Anti-Aliasing
FS - For Sale
FSB - Front Side Bus

--- G ---
GB - Gigabytes
GBps - Gigabytes per second or Gigabits per second
GDI - Graphical Device Interface
GHz - GigaHertz

--- H ---
HDD - Hard Disk Drive
HIS - Hightech Information System Limited
HP - Hewlett-Packard Development Company
HSF - Heatsink-Fan

--- I ---
IBM - International Business Machines Corporation
IC - Integrated Circuit
IDE - Integrated Drive Electronics
IFS- Item for Sale
IRQ - Interrupt Request
ISA - Industry Standard Architecture
ISO - International Standards Organization

--- J ---
JBL - JBL (Jame B. Lansing) Speakers
JVC - JVC Company of America

--- K ---
Kbps - Kilobits Per Second
KBps - KiloBytes per second

--- L ---
LG - LG Electronics
LAN - Local Area Network
LCD - Liquid Crystal Display
LDT - Lightning Data Transport
LED - Light Emitting Diode

--- M ---
MAC - Media Access Control
MB � MotherBoard or Megabyte
MBps - Megabytes Per Second
Mbps - Megabits Per Second or Megabits Per Second
MHz - MegaHertz
MIPS - Million Instructions Per Second
MMX - Multi-Media Extensions
MSI - Micro Star International

--- N ---
NAS - Network Attached Storage
NAT - Network Address Translation
NEC - NEC Corporation
NIC - Network Interface Card

--- O ---
OC - Overclock (Over Clock)
OCZ - OCZ Technology
OEM - Original Equipment Manufacturer

--- P ---
PC - Personal Computer
PCB - Printed Circuit Board
PCI - Peripheral Component Interconnect
PDA - Personal Digital Assistant
PCMCIA - Peripheral Component Microchannel Interconnect Architecture
PGA - Professional Graphics Array
PLD - Programmable Logic Device
PM - Private Message / Private Messaging
PnP - Plug 'n Play
PNY - PNY Technology
POST - Power On Self Test
PPPoA - Point-to-Point Protocol over ATM
PPPoE - Point-to-Point Protocol over Ethernet
PQI - PQI Corporation
PSU - Power Supply Unit

--- R ---
RAID - Redundant Array of Inexpensive Disks
RAM - Random Access Memory
RAMDAC - Random Access Memory Digital Analog Convertor
RDRAM - Rambus Dynamic Random Access Memory
ROM - Read Only Memory
RPM - Revolutions Per Minute

--- S ---
SASID - Self-scanned Amorphous Silicon Integrated Display
SCA - SCSI Configured Automatically
SCSI - Small Computer System Interface
SDRAM - Synchronous Dynamic Random Access Memory
SECC - Single Edge Contact Connector
SODIMM - Small Outline Dual Inline Memory Module
SPARC - Scalable Processor ArChitecture
SOHO - Small Office Home Office
SRAM - Static Random Access Memory
SSE - Streaming SIMD Extensions
SVGA - Super Video Graphics Array
S/PDIF - Sony/Philips Digital Interface

--- T ---
TB - Terabytes
TBps - Terabytes per second
Tbps - Terabits per second
TDK - TDK Electronics
TEC - Thermoelectric Cooler
TPC - TipidPC
TWAIN - Technology Without An Important Name

--- U ---
UART - Universal Asynchronous Receiver/Transmitter
USB - Universal Serial Bus
UTP - Unshieled Twisted Pair

--- V ---
VCD - Video CD
VPN - Virtual Private Network

--- W ---
WAN - Wide Area Network
WTB - Want to Buy
WYSIWYG - What You See Is What You Get

--- X ---
XGA - Extended Graphics Array
XFX - XFX Graphics, a Division of Pine
XMS - Extended Memory Specification
XT - Extended Technology
marganti99
Home Level

Post: 10
 
Reputasi: 0

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Istilah dalam dunia anime-manga. shisio Anime, Manga & Komik 34
Istilah-istilah Dalam Dunia Internet gratcy Internet 8
Sign on Chat (daftar singkatan/istilah asik di dunia Chating) Megha Internet 9
[Tanya] ada yang tau Istilah" dalam Processor ??? debrian Komputer 2
Istilah-Istilah Teknologi Informasi xraith Komputer 2


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.