Apple Rilis iPad, iPad SDK, iBooks dan iWork

Zenman

New member
Apple Rilis iPad, iPad SDK, iBooks dan iWork




Apple pagi tadi mengumumkan produk terbaru mereka, sebuah perangkat tablet bernama iPad yang menawarkan layar 9.7 inci dengan resolusi 1024x768, dan pilihan kapasitas penyimpanan antara 16GB, 32GB, dan 64GB. Produk ini dilengkapi dengan chip “Apple A4” 1GHz, memiliki berat 1.5 pound dan ketebalan 0.5 inci. iPad akan dijual pada kisaran harga $499, $599, dan $699 untuk variasi model tanpa 3G, dan $629, $729, dan $829 yang sudah dilengkapi dengan 3G. Variasi model yang hanya menyediakan koneksi Wi-Fi akan mulai membanjiri pasaran dalam waktu 60 hari. Sementara itu, versi iPad yang mendukung 3G akan tersedia dalam waktu 90 hari.

Dari segi konektifitas standar, iPad menawarkan Wi-Fi (802.11n) dan Bluetooth 2.1+EDR, dimana model yang sudah mendukung 3G juga menawarkan konektifitas lewat data selular. Semua jenis iPad sudah dilengkapi dengan akselerometer, kompas, speaker, sebuah mic, dan konektor dock 30-pin. iPad juga menawarkan daya tahan baterai hingga 10 jam untuk memutar video, dan tahan 1 bulan dalam mode standby.






iPad 3G menggunakan micro SIM untuk konektivitas jaringan selulernya dan tidak dikaitkan dengan operator seluler tertentu. Micro SIM adalah jenis kartu SIM yang berbeda dengan kartu SIM yang umum digunakan di ponsel yang ada.

iPad akan memiliki apps standar untuk manajemen informasi personal seperti address book dan kalender, bersama-sama dengan e-mail, Safari, Google Maps, dan Notes. Sebuah versi khusus dari iTunes juga telah disediakan untuk memberikan pengalaman merambah dunia maya secara optimal pada layar 9.7inci milik iPad.





Aksesoris untuk iPad juga sudah disediakan, termasuk sebuah dock dengan keyboard mekanis yang akan mengakomodasi iPad dalam posisi portrait, serta sebuah case yang dilengkapi dengan sebuah stand built-in untuk kenyamanan menonton video yang lebih sempurna. Harga untuk aksesoris-aksesoris tersebut masih belum diumumkan. iPad juga mendukung keyboard Bluetooth.

Beberapa demo yang ada menunjukkan bahwa app-app iPhone yang belum dimodifikasi bisa diaktifkan di dalam iPad pada resolusi original dan bahkan dibesarkan skalanya untuk memaksimalkan layar iPad. Menurut Apple Senior VP iPhone Software Scott Forstall, iPad dapat menjalankan hampir semua app tanpa harus memodifikasinya, dimana Anda bisa menggunakan tombol on-screen untuk membesarkan atau mengecilkan skala resolusi sesuai selera. Para pengguna iPhone tidak perlu membeli ulang apps untuk memasukannya ke dalam iPad.

Pada event peluncuran ini, Apple juga menampilkan berbagai demo seperti N.O.V.A dari Gameloft, sebuah app seni bernama Brushes, Need for Speed Shift milik Electronic Arts, dan sebuah video di dalam app Major League Baseball.

Seperti yang sudah diperkirakan dari rumor teranyar mengenai negosiasi Apple selama beberapa minggu terakhir dengan media penerbitan besar, New York Times hadir mendemokan sebuah app dedicated untuk New York Times dan menyatakan bahwa mereka bangga menjadi “pionir untuk jurnalisme digital generasi berikutnya”. App tersebut menawarkan konten Koran tersebut lengkap dengan in-line video viewing dan kapabilitas untuk tersinkronisasi dengan app iPhone.





Steve Jobs kemudian mengenalkan app bernama iBooks, yang mirip dengan Kindle milik Amazon. App iBooks memiliki toko maya bernama iBookstore yang menawarkan konten dari Penguin, HarperCollins, Siom & Schuster, Macmillan, dan Hachette Book Group. iBooks menggunakan standar open ePub dan menawarkan tables of contents serta navigasi halaman yang intuitif pada iPad. Selain itu, app ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk dibaca secara portrait maupun horizontal, berkat accelerometer.

Sebuah app versi iWork khusus iPad juga diperkenalkan pada hari itu, lengkap dengan demo Keynote, Pages, dan Numbers oleh Phil Schiller. Schiller menunjukkan sebuah keyboard on-screen khusus dan menu drop-down untuk menonjolkan kemudahan penggunaan app-app ini pada iPad. Masing-masing App iWork akan dijual seharga $9.99.

Di akhir acara, Steve Jobs mendeskripsikan iPad sebagai produk Apple “yang paling mutakhir di dalam sebuah device revolusioner dengan harga yang tak terbayang murahnya”. Ia juga menunjukkan bahwa sudah ada 125 juta akun iTunes dengan pembayaran lewat kartu kredit dan bahwa menggunakan iPad akan menjadi hal wajar bagi 75 juga pengguna iPhone dan iPod touch di seluruh dunia.

Para pengembang app bisa mengakses SDK 3.2 untuk iPhone 3.2 mulai kemarin, yang sekaligus menawarkan tools untuk mengembangkan aplikasi iPad termasuk panduan, contoh kode, dan simulator aplikasi.
source : megindo.net


info terbaru tentang ipad apple..keren abis nih :D
 
Bls: Apple Rilis iPad, iPad SDK, iBooks dan iWork

Ajip banget dunia elektronik sekarang ini. semkin baju.
 
Back
Top