OrDiBaL: James Cameron

Kalina

Moderator
james-cameron.jpg


Name:
James Cameron Birth Name: James Francis Cameron Height: 6' 2" Sex: M Nationality: Canadian Birth Date: August 16, 1954 Birth Place: Kapuskasing, Ontario, Canada Profession: Director, Producer, Writer Education: California State University, Fullerton, California (majored in phsycics) Husband/Wife: Suzy Amis (married June 4, 2000), Linda Hamilton (married July 26, 1997; divorced 1999), Kathryn Bigelow (married August 17, 1989; divorced 1991), Gale Anne Hurd (married 1985-1989), Sharon Williams (married February 14, 1978; divorced 1984) Father: Phillip Cameron (an electrical engineer) Mother: Shirley Cameron (an artist) Brother: Mike Cameron (actor, stuntman; younger), John David Cameron (born in 1969) Sister in law: Page Amis and Rebecca Amis Son: Quinn (mother Suzy Amis) Daughter: Elizabeth Rose (born December 26, 2006; mother: Suzi Amis), Josephine Archer Cameron (born February 15, 1993; mother: Linda Hamilton), Claire (born April 4, 2001; mother: Suzy Amis) Step son: Jasper Robards (mother: Suzy Amis; father: Sam Robards), Dalton Abbott (born October 4, 1989; mother: Linda Hamilton; father: Bruce Abbott) Step daughter: Lolita De Palma (mother: Gale Anne Hurd; father: Brian de Palma) Claim to fame: His direction in The Terminator (1984), a futuristic action-thriller starring Arnold Schwarzenegger.
James Cameron's Trivia:
After spending a sixth consecutive week atop box offices in markets around the globe, his sci-fi epic AVATAR overtook his romance epic TITANIC to become the new box office king, raking in $1.288 billion internationally (not including North America). (January 2010)James Cameron's Quotation:
His 2010 Golden Globe speech: “This is the best job in the world. I just want you to give it up for yourselves.
James Cameron's Award:
Golden Globes: Best Director – Motion Picture, AVATAR (2010)
 
Bls: OrDiBaL: James Cameron

James Cameron: Garap Film Tentang Suku Amazon

james-cameron-head.jpg


Sutradara film James Cameron mengatakan Minggu ini ia akan kembali ke Brazil untuk membuat film tentang suku asli di Amazon. Film yang masih dalam penggarapan ini berkisah tentang suku Xikrin-Kayapo yang menentang pembangunan bendungan besar oleh pemerintah Brazil karena takut akan menyebabkan banjir .

Seperti dilansir oleh Yahoo!, James mengatakan, “Saya ingin kembali ke Brazil untuk bertemu beberapa pemimpin suku Xikrin-Kayapo yang mengundang saya,” kata James dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh surat kabar lokal Brazil, Folha de Sao Paulo, “Saya ingin mengambil gambar untuk film, bagaimana mereka hidup, dan kebudayaan mereka,” tambahnya lagi.

James tercatat sudah dua kali datang ke Amazon untuk memberi dukungan pada suku pribumi dan membuat film pendek tentang bahayanya jika proyek bendungan di sungai Xingu jadi dibangun. Cerita film ini juga mirip dengan film tersuksesnya Avatar yang menceritakan kedamaian suku Na'vi yang terganggu akibat ulah manusia yang ingin mengambil sumber mineral suku asli planet Pandora itu.

Sutradara asal Kanada itu berbicara lebih lanjut tentang dukungannya terhadap perjuangan para warga yang menentang pembangunan bendungan, James mengatakan ia akan melakukannya lewat film dengan tema yang hampir sama dengan Avatar. Ketika ia ditanya untuk membantu, James menjawab, “Saat ada orang Indian Brasil yang putus asa, saya tidak bisa menolaknya,” ujar James lagi.

Penentang proyek bendungan mengatakan bahwa pembangunan akan menyebabkan perpindahan 16.000 orang dan bisa menyebabkan zona banjir dari 500 kilometer persegi di sepanjang tepi Xingu.

Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva sudah mengeluarkan ijin untuk pembangunan bendungan yang rencananya akan dimulai pada awal tahun 2011. Pemerintah setempat bersikeras tidak akan ada tanah warga yang terancam, karena telah menghabiskan dana besar untuk mengurangi dampak sosial dan lingkungan akibat pembangunan bendungan.
 
Back
Top