'V10' Bintangnya BMW

nurcahyo

New member
'V10' Bintangnya BMW

BMW memang jempolan'. Mulai model hingga mesin, semuanya bisa dibilang nomer satu. Hanya terhitung setahun BMW kembali menambah daftar penghargaan, kali ini mesin V10-nya jadi jawara di International Engine of the Year 2005. Penghargaan bergengsi tersebut diperoleh setelah mesin V10 yang dicangkokkan pada model M5-nya mendapat juara pertama pada kontes International Engine of the Year.

BMW meraih kemenangan dengan mengusung mesin V10 berkapasitas 5,0 liter yang sangat fleksibel, selain memiliki putaran mesin cukup tinggi (hingga 8.250 rpm). Para juri dalam ajang yang mengutamakan kualitas mesin tersebut juga menyebutkan bahwa tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini patut diacungi jempol. Kabarnya, mesin yang nantinya akan dicangkokkan pada M6 Coup? ini sanggup menyemburkan tenaga hingga 507 bhp.

BMW layak bangga dengan kemenangan ini, pasalnya hanya dalam periode setahun produsen mobil asal Jerman ini sukses memboyong total 26 gelar terbaik untuk kategori mesin, sebuah prestasi terbaik dalam sejarah kompetisi engine manufacturer.

Selain kemenangan mesin 5.0-litre V10, mesin twin-turbo diesel 3,0 yang terpasang pada BMW 535d sukses menempati posisi kedua, sedangkan mesin 3,2 liter yang terpasang pada BMW M3 pun masuk dalam urutan kelima dalam award ini.

Uniknya, dalam kompetisi ini, mesin twin-turbo diesel 3,0 yang terpasang pada BMW 535d adalah saingan berat V10. Meskipun pada akhirnya, V10 berhasil menundukkan twin-turbo diesel 3,0 dan para juri memutuskan untuk menempatkannya pada posisi kedua.

Mesin 5.0-litre V10 benar-benar menjadi bintang, tak hanya tangguh dikelasnya namun V10 juga meraup beberapa kemenangan kategori best engine dikelas 4.0-litre menyurutkan nyali Ferrari F430, VW Touareg serta Phaeton. Pada akhirnya para juri mentahbiskan V10 sebagai jawara best performance engine mengalahkan Ferrari dan Mercedes.
 
Memang sebuah BMW sangat menarik para penggemar. Mesinnya sangat gahar dan tentunya kalau cc besar boros bahan bakar.
 
Back
Top