Wah, Sekali Magang di Jepang Dapat Rp 400 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan nasib sejumlah tenaga kerja Indonesia yang teraniaya di "Negeri Jiran", nasib para pemagang Indonesia yang mengadu nasib di Jepang justru sangat beruntung. Dari program magang yang mereka ikuti, para pemagang Indonesia di Jepang tidak hanya mendapatkan pelatihan kompetensi dan pengalaman menarik, tetapi juga mendapatkan upah kerja yang lumayan besar.

Dalam sekali magang, seorang pekerja asal Indonesia mampu mengantongi upah magang lebih kurang Rp 400 jutaan. Hal ini juga diakui oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Muhaimin Iskandar.

"Saat ini para pemagang Indonesia dari Jepang bisa membawa pulang sekitar Rp 400 jutaan dalam sekali magang, per tiga tahun," papar Menteri saat ditemui usai menandatangani nota kesepahaman program pemagangan ke Jepang di Jakarta, Senin (1/2/2010).

Jumlah upah tersebut sebenarnya sudah mengalami kenaikan sejalan dengan berubahnya peraturan ketenagakerjaan Jepang terkait standar upah para pekerja dan pemagang. Menteri juga mengatakan, pengiriman pemagang Indonesia ke Jepang banyak memberikan dampak positif dalam peningkatan kompetensi tenaga kerja di Indonesia.

"Paling tidak kompetensi, kualitas mental, etos kerja, dan keahlian para pekerja kita meningkat. Ditambah lagi, mereka juga membawa sedikit modal uang dari hasil magang yang mungkin bisa digunakan untuk melakukan usaha mandiri di dalam negeri," ujar Muhaimin.

Nasib para pekerja Indonesia di Jepang memang sangat jauh berbeda dengan nasib sejumlah tenaga kerja Indonesia di beberapa negara lain seperti Malaysia dan Arab Saudi. "Di Jepang tidak pernah ada kasus-kasus yang merugikan tenaga kerja Indonesia. Di sana, hak para pekerja Indonesia dilindungi oleh peraturan dan posisinya diakui sama dengan para pekerja asal Jepang," tandas Menteri.

http://bisniskeuangan.kompas.com/re.....Sekali.Magang.di.Jepang.Dapat.Rp.400.Jutaan


Saya Mendapatkan $10 / Hari Melalui --->www.forexnews.co.tv<---​
 
Back
Top