Berita Nasional

Bls: Berita Nasional

20 Juta Warga Jabar Belum Terjangkau Listrik

54773_proyek_pln_300_225.jpg


Sekitar 20 juta masyarakat di wilayah Jawa Barat belum menikmati listrik. Untuk itu Pemda Jawa Barat berharap segenap peneliti, terutama Institut Teknologi Bandung bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Kepala Bappeda Jabar Deni Djuwanda mengatakan, harapan itu diungkapkan karena Pemda tahu bahwa ITB punya potensi untuk memajukan bidang riset di Indonesia. Tentu banyak karya yang telah dihasilkan dan bisa berguna bagi masyarakat.

"Kami tunggu karyanya dalam bidang iptek untuk kemaslahatan masyarakat, karena penduduk Jabar yang mencapai 42 juta, setengahnya itu belum teraliri listrik," ujar Deni dalam acara pembukaan ITB Fair 2010, di ITB, Sabtu 6 Februari 2010.

Pemda Jabar berharap, penyelesaian itu tidak hanya pada masalah listrik saja, namun banyak persoalan lain seperti masalah lingkungan, air minum, juga teknologi yang belum dinikmati oleh masyarakat Jabar secara sempurna.

Acara ITB Fair sendiri baru dibuka pada pagi ini. Salah satu tema besar dari pameran ini adalah melakukan pemberdayaan masyarakat melalui teknologi. Oleh karenanya, ITB Fair 2010 juga mengadakan kompetisi community development berbasis teknologi.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Peringati 40 hari Wafatnya Gus Dur, Forum Lintas Agama Gelar Doa Bersama

82608_doa_dan_lilin_untuk_gus_dur_di_surabaya_300_225.jpg


Memperingati 40 hari wafatnya KH Abdurrahm Wahid atau Gus Dur, forum lintas agama di Solo menggelar doa bersama.

Kegiatan ini diikuti oleh orang-orang dari berbagai macam keyakinan dan elemen masyarakat. Pesan yang ingin disampaikan dalam doa bersama tersebut adalah menjunjung tinggi pluralisme seperti yang diperjuankgan mendiang Gus Dur.

“Tema doa bersama nanti malam adalah ‘Merayakan dan Memperjuangkan Pluralitas. Karena pluralisme itu tidak hanya sekadar ada untuk diperjuangkan tetapi juga dirayakan. Sebab, pluralitas sebuah hadiah yang indah,” ujar Pendeta Retno Ratih Suryaning Handayani, Salah seorang pemuka agama Gereja Kristen Jawa, kepada VIVAnews di Solo, sabtu, 6 Februari 2010.

Menurut rencana akan dihadiri oleh berbagai tokoh pemuka agama di Solo. Antara lain, agama Islam, Katolik, Budha, Hindu, Khonghucu, Kristen dan elemen agama lainnya. Selain itu, beberapa elemen masyarakat dan mahasiswa juga akan hadir.

Pendeta Retno Ratih Suryaning Handayani yang juga seksi acara pada kegiatan tersebut, mengatakan, doa bersama ini akan dipusatkan di depan pasar tradisional Windujenar, Solo, Sabtu, 6 Februasi 2010, nanti malam.

Rencananya, lanjut dia, setiap perwakilan agama akan mempersembahkan pertunjukkan yang menjadi ciri khas dari masing-masing agama. “Karena ini adalah momen peringatan dan perayaan pluralitas sebagaimana yang didengungkan Gus Dur. Dari agama Islam akan mempersembahkan musik qasidah, Kristen tampilkan campursari, Katolik dengan wayang wahyu, Khonghucu dengan barongsai, dan Hindu dengan tarian khasnya,” sebutnya.

Selain menampilkan performing art, pada gelaran doa bersama itu juga akan menyelipkan seruan moraluntuk tetap memperjuangkan pluralisme. Meskipun Gus Dur sudah wafat namun semangatnya masih tetap hidup. “Kami juga sangat mendukung Gus Dur dinobatkan sebagai pahlawan nasional,” ia mengharapkan.

Dalam peringatan itu, doa bersama nantinya akan dipimpin oleh salah satu tokoh agama Islam. Pembacaan doa juga akan diikuti oleh para tokoh agama lainnya. “Doa itu itu dipersembahkan kepada sang pahlawan pluralisme Gus Dur,” kata Pendeta Ratih.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Sambut Imlek, Ratusan Batik China Dipamerkan

58101_batik_hokokai_300_225.jpg


Menjelang perayaan Imlek tanggal 17 Februari 2010, ratusan lembar kain batik kuno bermotif China akan dipamerkan di Museum Batik Danar Hadi Solo mulai besok.

Batik-batik yang akan dipamerkan tersebut merupakan batik peninggalan akhir abad 18. Asisten Manager Batik Danar Hadi, Asti Suryo Astuti mengatakan, batik China kuno yang akan dipamerkan jumlahnya sekitar 200 lembar kain.

Batik kuno tersebut merupakan sebagian dari total 2.800 lembar kain koleksi batik China kuno milik H Santosa Doellah. "Batik China kuno yang dipamerkan itu diproduksi sekitar akhir abad 18 dan awal abad 19," ujar dia kepada pers di Solo, 6 Februari 2010.

Menurut Asti, batik-batik kuno itu bukan batik yang diproduksi di negara China. Namun dibuat oleh pembatik lokal yang ikut orang China. "Makanya, motif yang dihasilkan pun khas China," kata Asti

Bagi masyarakat Jawa, batik bukan sekadar sebuah kain dengan motif gambar semata, melainkan juga mengandung makna dan konsep mereka dalam memandang alam semesta.

Batik Indonesia sendiri, telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Menkeu: Masa SMA Indah Dibanding Jadi Menteri

76418_sri_mulyani_300_225.JPG


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku masa-masa SMA merupakan masa indah dibandingkan posisinya saat ini yang seringkali harus menerima demontrasi dari masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani Indrawati dalam kesempatannya kembali bernostalgia ke SMA Negeri 3 Semarang yang pernah menjadi tempatnya mengenyam pendidikan. "Masa-masa indah saat sekolah SMA, kalau jadi menteri sering didemo sedikit-sedikit," katanya dalam Silaturahim Wakil Presiden dengan Perwakilan Pelajar SMA Negeri 3 Semarang dan Perwakilan Pelajar sekota Semarang, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 26 Februari 2010.

Pada kesempatan nostalgia tersebut, Sri Mulyani bercerita bahwa masa-masa SMA-nya diisi dengan mengikuti sejumlah kegiatan ekstrakulikuler seperti menjadi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Paskibra, basket, bola voli.

"Setiap ke sekolah saya naik sepeda,tapi hasilnya tidak jelek-jelek amat. Padahal saya bersekolah di SMA yang sebagian siswanya adalah anak orang-orang kaya dan pejabat," ujar Sri Mulyani seraya mengenang bahwa kepala sekolah di masanya dulu sangat galak karena selalu menghukum siswanya yang terlambat tiba di sekolah walau hanya satu menit sekalipun.

Dia mengaku iri pada pelajar SMA 3 Semarang saat ini. Pasalnya fasilitas, kurikulum, dan kegiatan para siswa saat ini jauh lebih baik dibandingkan ketika dirinya masih menjadi siswa disekolah tersebut. "Saya serasa kembali ke sekolah kembali hari ini, paling tidak sekarang saya menggunakan baju berwarna putih," katanya.

Lebih lanjut Menkeu mengingatkan agar para pelajar bisa memilih informasi yang memang berguna bagi dirinya. Hal tersebut harus dilakukan karena tantangan yang dihadapi generasi mendatang bukanlah akses informasi dan pengetahuan melainkan kepandaian siswa dalam memilih informasi.

Untuk diketahui, kesempatan Menkeu berpidato di depan pelajar SMAN 3 Semarang sekaligus bernostalgia di bekas almamater SMA tersebut merupakan inisiatif dari Wakil Presiden Boediono yang mempersilahkannya untuk berdiri di podium tempat Wapres berpidato.

"SMA 3 memiliki alumnus yang hebat, saya ingin memberikan waktu beberapa menit kepada Sri Mulyani untuk berbicara," katanya.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

George Aditjondro Resmi Jadi Tersangka

82428_george_junus_aditjondro___gurita_cikeas_300_225.jpg


Kepolisian Resor Jakarta Selatan menetapkan pengarang buku 'Membongkar Gurita Cikeas" George Junus Aditjondro sebagai tersangka pemukulan terhadap Ramadhan Pohan.

Menurut keterangan Kepala Kepolisian Jakarta Selatan, Komisaris Besar Gatot Edi Pramono, surat pemanggilan terhadap George sudah dikirimkan.

"Kamis malam sudah dikirim ke alamat yang berdomisili di Jogjakarta," ujar Kapolres dalam acara Peduli Keselamatan Lalu Lintas di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu 6 Febuari 2010.

Kapolres menambahkan, berdasarkan alat bukti dan keterangan saksi-saksi, George sudah memenuhi sebagai tersangka.

"Keterangan saksi yang ada di lokasi kejadian dan rekaman dari kejadian itu sudah diperiksa," ujar kapolres lagi.

Senin 8 Febuari 2010, yang bersangkutan dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka dalam kasus pemukulan terhadap Ramadhan Pohan.

Insiden keributan antara George Aditjondro dan Pemimpin Redaksi harian Jurnal Nasional, Ramadhan Pohan terjadi saat peluncuran buku 'Membongkar Gurita Cikeas.' di Doekoen Cafe, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu 30 Desember 2009.

Keributan dipicu saat Ramadhan mendapat giliran menanggapi soal buku itu. Terjadi adu mulut antar keduanya, yang berujung aksi George mengibaskan buku ke wajah Pohan. Aksi itu dianggap Pohan sebagai pemukulan atas dirinya.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan.

Sementara itu, George Aditjondro saat dihubungi VIVAnews mengaku belum menerima surat pemanggilan polisi.

"Saya belum terima suratnya, bagaimana saya harus datang. Kemana dikirimnya. Jadi tenang-tenang saja," ujar George, Sabtu 6 Febuari 2010.

George tidak ingin berkomentar lebih jauh mengenai persoalan ini.
"Lihat saja perkembangannya bagaimana nanti," ujarnya lagi.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Wapres: Di Facebook Jangan Tunjukkan Benci

70887_boediono_300_225.jpg


Wakil Presiden RI Boediono mengimbau kebencian masyarakat Indonesia yang tertuang dalam jaring sosial internet atas munculnya sejumlah upaya klaim budaya nasional oleh negara-negara lain hendaknya diutarakan dengan kata-kata baik.

Wapres menyampaikan hal itu menanggapi pertanyaan salah satu pelajar dalam Silaturahim Wakil Presiden dengan Perwakilan Pelajar SMA Negeri 3 Semarang dan Perwakilan Pelajar sekota Semarang , di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 26 Februari 2010. "Kalau di Facebook tolong jangan tunjukan kebencian, cukup menunjukan bahwa budaya itu milik kita dengan bahasa yang baik-baik," ujarnya.

Menurut Boediono, ucapan yang santun dan halus tersebut diharapkan bisa membuat negara-negara yang bermaksud mengambil budaya-budaya nasional akan berpikir ulang. Lebih jauh, masyarakat juga diminta untuk menjaga warisan-warisan budaya nasional.

"Kalau marah, iri, dan benci itu nantinya akan menjadi beban sendiri. Kalau saya sendiri beranggapan tidak usah benci tapi jagalah warisan-warisan yang dimiliki tapi bukan berarti difosilkan," kata dia.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Jaya Suprana: Tiap Hari Doa Untuk Gus Dur

59121_abdurrahman_wahid_300_225.jpg


40 hari wafat Abdurrahman Wahid, menurut bos Jamu Jago, Jaya Suprana pasti akan diperingati oleh semua kalangan umat beragama. Bahkan, dia mengaku berdoa untuk Abdurrahman atau Gus Dur, hampir setiap hari.

“Gus Dur itu tokoh fenomenal. Waktu beliau masih hidup banyak yang mencemooh, bilang aneh, nyleneh tetapi begitu beliau meninggal tidak ada satu orang pun yang berani ngomong jelek. Itu merupakan fenomena yang luar biasa. Termasuk Amien Rais pun memuji dia,” kata Jaya Suprana kepada VIVAnews di Solo, Sabtu, 6 Februari 2010.

Dia menuturkan dalam peringatan 40 hari wafatnya Gus Dur ini, tidak hanya diperingati umat Muslim namun juga kelompok dari Budha, Katholik, Kristen maupun Hindu. “Mereka tidak perlu diharap atau disuruh. Mereka sudah jalan karena mereka cinta Gus Dur,” terangnya.

Selain itu, Jaya Suprana juga mengatakan Gus Dur sangat berjasa dalam menghidupkan kembali kebudayaan China seperti perayaan Imlek yang sudah berlangsung 10 tahun terakhir ini. “Dengan sangat terharu saya menyatakan tanpa seseorang yang telah memperjuangkan kembalinya perayaan Imlek dan juga menjunjung tinggi kebudayaan China, almarhum Gus Dur,” sebutnya

Berkat Gus Dur, tambah Jaya Suprana, perayaan Imlek dan budaya tradisi China kembali hidup dan berkembang. “Tolong jangan sampai hadiah dari Gus Dur itu dikhianati. Jangan sampai kita yang keturunan China ini lupa daratan bahwa tanah air kita ini Indonesia," harap Jaya Suprana.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Tjipta Lesmana : SBY Harus Belajar Komunikasi Politik

78887_presiden_susilo_bambang_yudhoyono__sby__jumpa_pers_soal_kpk_300_225.jpg


Pakar Komunikasi Politik, Tjipta Lesmana, menilai bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum mampu melakukan komunikasi politik dengan baik. Sehingga banyak komunikasi yang dianggap percuma yang disampaikan SBY.

"SBY mesti banyak belajar dari Presiden Soeharto soal komunikasi politik," ujar Tjipta usai diskusi Polemik Trijaya FM di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 6 Februari 2010.

Soeharto, kata Tjipta, sosok yang punya kedewasaan dalam komunikasi politik. Selalu tenang dalam menghadapi berbagai persoalan politik dan tidak banyak bicara.

Tjipta mengimbau agar SBY tidak terlalu sering bicara menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan. Sehingga akan mengesankan SBY sebagai pemimpin yang komplain melulu di mata publik.

Apalagi jika menggunakan metode komunikasi politik yang membangkitkan ketakutan Cara-cara komunikasi yang dapat menimbulkan ketakutan terbukti tidak akan berhasil dan efektif kepada publik.

Pansus angket Century di DPR sedang berupaya mengungkap data dan fakta mengenai penyalahgunaan kewenangan pejabat negara dalam kasus dana talangan Bank Century yang mencapai Rp 6,7 triliun.

Sementara itu, Partai Demokrat memunculkan isu perombakan kabinet atau reshuffle. Tjipta menilai SBY dan Demokrat sering menggunakan cara-cara yang menimbulkan ketakutan semacam ini kepada mitra koalisinya.

"Dalam teori komunikasi politik sudah terbukti metode seperti ini tidak efektif. Makin diancam tentu akan makin berani melawan," kata Tjipta.

Tjipta yakin sekali bahwa Sekjen Demokrat Amir Syamsuddin hanya bicara pendapat pribadi mengenai reshuffle kabinet. Namun itu membuat bingung para partai koalisi.

"Kita tahu Sekjen dalam parpol adalah nomor dua posisinya setelah ketua umum. Sekjen tidak boleh sembarang ngomong. Sekjen termasuk pemimpin partai," kata Tjipta.

Namun, lanjut Tjipta, SBY sebagai pemimpin tertinggi Partai Demokrat
tidak boleh diam dan membiarkan keadaan yang mencemaskan bagi para mitra koalisi.

Tjipta mengaku tahu suasana hati para mitra koalisi yang sedang bingung dan dirundung cemas akibat munculnya isu reshuffle. "Saya dapat banyak sms dari mitra-mitra koalisi itu. Dsinilah saya katakan SBY bukan comunicator politik yg baik," kata Tjipta.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Presiden SBY Akan Rapat di Atas Kapal Perang

58918_presiden_susilo_bambang_yudhoyono_di_pertemuan_g20__300_225.jpg


Presiden Susilo Bambang akan menggelar rapat terbatas di atas kapal perang, KRI Surabaya 591 dalam perjalanan dari Merak, Banten menuju Lampung.

Menurut juru bicara kepresidenan, Julian Pasha, rapat tersebut akan digelar Sabtu 6 Februari 2010 pukul 20.30 WIB. "Agendanya adalah anggaran alutsista (alat utama sistem senjata) TNI," kata Julian saat dihubungi VIVAnews.

Dia menambahkan dalam rapat itu hadir semua menteri koordinator. Selain itu, kata dia, hadir juga Menteri Perikanan dan Kelautan, Menteri Pertahanan, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, dan Menteri Perhubungan.

"Akan dibahas juga evaluasi alusista TNI selama ini," kata dia. Hal ini menyikapi sejumlah kecelakaan yang melibatkan alutsista beberapa tahun terakhir.

Dephan dan TNI masih harus berbenah diri agar lebih konsisten dalam pengajuan pengadaan alat utama sistem senjata. Pada Tahun Anggaran 2009 Departemen Pertahanan dan TNI mendapat anggaran sebesar Rp33,6 triliun.

Hingga September 2009, Dephan.TNI mendapat tambahan anggaran dari Anggaran 999 (Bendahara Umum Negara) sebesar Rp899,27 miliar. Sedangkan pada 2010 Dephan dan TNI mendapat alokasi anggaran sebesar Rp42,3 triliun.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Nasional

Pasutri Itu Hilang Saat Menyebrang Sungai

sungai-ciujung.jpg


Sepasang suami istri Derin (75) dan Subai (65), warga Dukuh Slalang, RT 01, RW 07, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, hanyut terseret aliran sungai Logung, Jumat (5/2) lalu. Mayat Subai berhasil ditemukan di bawah jembatan Jeratun Gadu, Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo sekira pukul 11.00 WIB. Sedangkan, Derin masih dalam pencarian.

Kabar hilangnya suami istri tersebut muncul setelah hingga sore hari keduanya belum sampai di rumah. Sebab, jika Derin dan Subai pergi ke sawah yang berada dipinggiran sungai Logung, selalu pulang sebelum petang. Salah seorang keluarga korban, Kasmin mencoba mencarinya di sawah. Namun, pencarian tidak membuahkan hasil dan Kasmin hanya menemukan caping yang biasa dipakai Subai tergeletak di pinggir sungai.

Setelah sore hari pasangan suami istri yang sudah dikaruniai 8 anak itu tidak pulang, keluarganya mulai curiga. Dengan dibantu warga sekitar keluarganya mulai mencari dengan menyisir aliran sungai Logung dan sebagian melapor ke polisi.

"Setelah salat Jumat, mereka (korban) berangkat ke sawah untuk menengok lahan pertaniannya. Saat anaknya mengirim makanan, keduanya masih di sawah. Kami lantas menyimpulkan mereka hanyut di sungai saat menyeberang dalam perjalanan pulang," kata Kasmin kepada wartawan, Sabtu (6/2/2010).

Tidak lama berselang, tim SAR Kabupaten Kudus dibantu puluhan warga setempat menyusuri sungai Logung mencari korban. Akhirnya, korban Subaik ditemukan dalam kondisi meninggal dunia tersangkut onggokan kayu yang ada di sungai.

Dilihat dari lokasi penemuan, diduga korban terseret arus kurang lebih 10 km. Dari hasil pemeriksaan petugas, tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas penganiayaan. Korban dinyatakan meninggal akibat tenggelam. Sedangkan Derin masih dalam pencarian dan diduga terseret arus hingga ke hilir sungai Jeratun.

Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Kudus, Atok Darmobroto mengatakan, pencarian menggunakan perahu karet dilakukan sejak pukul Jumat pukul 20.00 WIB. "Pencarian tidak bisa maksimal karena cuaca gelap dan hanya menggunakan penerangan senter. Arus sungai yang lumayan deras juga menambah tingkat kesulitan di lapangan," pungkasnya.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

Banjir 3 Meter, Akses Jalan Bandung-Baleendah Tertutup

utama-banjir470.jpg


Akses Jalan Bandung menuju Kecamatan Baleendah sejak kemarin praktis tertutup menyusul banjir yang melanda Kampung Cieunteung, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Kendaraan yang hendak menuju Baleendah dan sebaliknya terpaksa dialihkan ke Jalan Bojongsoang.

"Sekarang ruas jalan praktis tertutup banjir. Jadi kendaraan terpaksa dialihkan ke Jalan Bojongsoang. Kemudian dari Andir ke Kampung Sayuran juga terputus," ujar Kapolsek Baleendah AKP Asep Dedi Suryana, kepada okezone, Sabtu (6/2/2010) sore.

Hal yang sama dikatakan Camat Baleendah Usman Sayogi. Menurut Usman, ketinggian air di jalan sudah mencapai 50 sampai 70 Cm, sehingga kendaraan yang melintas dialihkan karena khawatir mogok.

"Sekarang jalur alternatif itu melewati jembatan Bojongsoang-Dayeuhkolot. Sementara jalur utama sudah praktis tertutup genangan air setinggi antara 50-70 Cm," kata Usman.

Kapolres Bandung AKBP Imran Yunus menambahkan, pihaknya menurunkan satu kompi pasukan terkait banjir yang melanda Baleendah. Mereka juga termasuk petugas lalu lintas yang mengatur pengalihan jalur.

"Satu peleton juga kita siagakan di lokasi banjir untuk mencegah terjadinya penjarahan. Namun sejauh ini, tidak ada laporan adanya penjarahan," kata Imran kepada wartawan.

Sebelumnya diberitakan, banjir yang melanda dua kelurahan di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung sejak tiga minggu lalu semakin parah. Sejak semalam, ketinggian air di Kampung Cieunteung, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, bahkan mencapai 3 meter.

Pantauan okezone di lokasi banjir, ketinggian banjir di Kampung Cieunteung bervarisi mulai dari 1,5 meter hingga 3 meter. Rumah yang paling parah terendam banjir berada di RT 2 RW 9 Kampung Cieunteung.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

Ancaman Reshuffle Hanya Gertak Sambal

reshuffle.jpg


Isu perombakan kabinet yang akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap partai-partai koalisi yang membangkang dinilai sebagai ancaman bagi partai peserta koalisi. Ancaman tersebut ditujukan untuk mengamankan posisi pemerintahan SBY-Boediono. Ancaman tersebut hanya gertak sambal belaka.

Demikian dipaparkan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), Imanudin saat berbincang dengan pers di bilangan Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/2/2010).

"Partai - partai koalisi harusnya tidak takut mengungkap kesalahan kasus Century. Isu reshuffle muncul setelah partai koalisi bertentangan dengan partai Demokrat dalam Pansus Century. Ungkaplah kesalahan tersebut, jangan ditutup - tutupi, Partai Demokrat mengancam yang lain dengan isu reshuffle kalau tidak patuh." terangnya.

Saat ini, kata Imadudin, banyak pihak yang tengah menanti jabatan menteri jika perombakan kabinet tersebut jadi dilaksanakan. "Jangan jadi politik dagang sapi, dan jangan sampai yang salah dibela, saya juga dukung sikap PKS dan Golkar yang tidak takut dengan isu reshuffle, saat ini yang dipikirkan harusnya pertanggungjawaban terhadap rakyat, bukan jabatan." Tegasnya.

Isu reshuffle muncul menjelang kesimpulan akhir Pansus Hak Angket Bank Century. Isu tersebut dihembuskan oleh Partai Demokrat. Isu ini kemudian ramai diperdebatkan antar fraksi, seperti fraksi Partai Golkar dan fraksi PKS.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

PDAM Karanganyar Dilaporkan KPK

Ktr_PDAM.jpg


Gabungan masyarakat yang tergabung dalam Elemen Masyarakat Surakarta,(EMAS) secara resmi melaporkan kasus dugaan penyimpangan pembangunan seribu rumah buruh dan pekerja berpenghasilan rendah, Griya Lawu Asri kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk ditindak.

Dalam laporan yang disertai gambar-gambar sebelum dan sesudah peresmian perumahaan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menguraikan kondisi perumahaan tersebut, diantarannya jalan rusak,jembatan yang putus, kondisi rumah yang dibangun seadaannya dengan menggunakan bahan bangunan jauh dari standar,sehingga banyak yang rusak, pemalsuan data warga yang memohon kredit rumah, listrik, termasuk rekayasa saluran pengadaan air minum yang dilakukan Perusahaan Air Minum Daerah,(PDAM) dengan menyiapkan satu unit mobil tangki saat peresmian.

Ketua Elemen Masyarakat Surakarta,Rahmad mengatakan, air PDAM belum terpasang di kawasan tersebut belum. "Presiden dibohongi. padahal daerah tersebut dari penelusuran kami belum di pasangi aliran air minum. Saat peresmian, ada satu mobil tangki yang disembunyikan jauh dari lokasi dan dipasangi pipa ke sebuah rumah yang ditinjau Presiden usai peresmian. Jadi saat Presiden masuk dan mencoba air, air disana sudah terpasang,"papar Rahmad,kepada para wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2010).

Secara terpisah, Direktur Utama PDAM Aris Wuryanto membantah pihaknya ikut merekayasa sambungan air minum saat peresmian perumahaan Griya Lawu asri oleh Presiden. Menurut Aris,pihaknya memang menyediakan tengki air minum saat peresmian. Tetapi keberadaan tangki air minum tersebut digunakan dalam kondisi darurat saja. Aris menjelaskan,sebelum diresmikan Presiden, pihaknya sudah memasang lima saluran pelanggan yang sudah mengajukan permohonan pemasangan pada PDAM.

"Jangankan untuk Presiden,untuk anak-anak Pramuka saja kami menyediakan air bila diminta. Apalagi ini,untuk kedatangan Presiden. Tanpa diminta,kami wajib menyediakan.Jadi tangki tersebut untuk keadaan darurat saja dan digunakan bila air dalam rumah yang dikunjungi Presiden tidak berfungsi," jelasnya dengan emosi sambil menyatakan kesiapannya menghadapi KPK.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

Tak Puas dengan Kesimpulan Pansus Century, BEM UI Siap Demo

image3.jpg


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) pesimis terhadap kesimpulan awal yang akan diumumkan Pansus Hak Angket Bank Century dalam waktu dekat. BEM UI menillai Pansus tidak akan memberi keputusan yang tepat dan memuaskan hati rakyat.

Jika hasilnya tidak memuaskan hari rakyat, BEM UI bersiap menyambut kesimpulan awal itu dengan gelombang aksi mahasiswa untuk menyikapi kesimpulan yang dibuat Pansus.

"Kita sudah tidak percaya Pansus, kita ingin KPK yang terus mengusut, meskipun masih ada sedikit harapan kami kepada Pansus, jika rakyat tidak puas, kita akan turun lagi." ujar Ketua BEM UI, Imadudin saat berbincang dengan pers di kawasan Depok, Jawa Barat, Sabtu (06/02/10).

Dalam aksinya nanti, BEM UI tidak akan latah membawa binatang seperti kerbau dan ayam. BEM UI tetap memegang kode etik untuk berunjuk rasa dengan damai dan tertib. "Kita sih nggak akan seperti itu, karena biar bagaimanapun presiden adalah simbol negara. Tapi kami tetap acungkan jempol terhadap demonstran yang membawa kerbau Sibuya." pungkasnya.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

Puluhan Kamar Kos di Medan Terbakar

II0q82IDUq.jpg


Kebakaran kembali terjadi, sekira 20 unit kamar kos di Medan, Sumatera Utara hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi di Jalan Kapten Muslim, Medan Helvetia, Sabtu (6/2/2010) sore. Namun, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

"Awalnya api terlihat dari sebuah kamar kosong di lantai dua. Kemudian dengan cepat menjalar ke kamar lainnya," ujar pemilik kos-kosan, Nurzaihan di lokasi.

Angin yang berhembus kencang pada saat kejadian membuat api dengan cepat merambat ke seluruh bangunan rumah kos berlantai dua tersebut. Apalagi bangunan kamarnya terbuat dari bahan yang mudah terbakar.

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Sekitar dua jam kemudian, si jago merah baru dapat dijinakkan. Petugas pemadam kebakaran sendiri sempat kesulitan memasuki lokasi kebakaran karena jalan masuknya yang sempit.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan seorang penghuni kamar kos mengalami keracunan asap. Korban terlambat keluar dari bangunan rumah kos tersebut. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sementara itu, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun menurut dugaan sementara, kobaran api muncul akibat hubungan pendek arus listrik di lantai dua rumah kos tersebut. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

40 Hari Gus Dur, Nurmahmudi Adakan Doa Bersama

201011Nur%20Mahmudi.JPG


Ratusan santri Pondok Pesantren, Al Mauunah, Kampung Vitara, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat mengikuti acara doa bersama memperingati 40 hari wafatnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Namun doa tersebut nampak hanya seperti pembungkus acara utamanya, yakni galang dukungan bagi Wali Kota Depok, Nurmahmudi Ismail, yang kemungkinan besar akan maju kembali dalam Pilkada Depok tahun ini.

Acara dimulai dengan doa dan tahlilan bersama dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai pihak yang berisi dukungan terhadap Wali Kota. Para pimpinan Ponpes menginginkan Nurmahmudi untuk melanjutkan kepemimpinannya dan maju kembali dalam Pilkada Depok.

"Kita anggap momen ini tepat untuk galang dukungan, santri kami sendiri ada 67 orang, kami dukung Nurmahmudi maju lagi, kebetulan Tebu Ireng juga doa bersama." ujar Pimpinan Ponpes Al-Mauunah, Murjaya kepada okezone, Sabtu (06/02/2010).

Sementara itu, Nurmahmudi Ismail mengimbau kepada seluruh santri untuk menjadikan Gus Dur sebagai tauladan. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga meminta seluruh santri untuk mendoakan Gus Dur dan menjadikannya sebagai sosok pemimpin, guru, maupun kyai.

"Saya kenal Gus Dur sudah lama, dan kami sama - sama Jawa Timur, Gus Dur guru juga, kyai juga," terang Nurmahmudi.

Pilkada Depok akan digelar pada Oktober 2010 dengan diramaikan oleh beberapa calon seperti Badrul Kamal dan Naming Bothin. KPU akan memulai tahapan Pilkada pada bulan Juni 2010.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

Hujan Intai Jabodetabek Siang-Malam

ec2ozFjS8f.jpg


Hujan masih mengintai warga Ibu Kota Jakarta memasuki siang hingga malam hari. Anda yang ingin beraktifitas di luar rumah sebaiknya waspada terhadap hujan dengan intensitas ringan hingga sedang ini. Sementara pagi harinya, sejumlah kawasan di Jakarta berawan.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) untuk Minggu (7/2/2010), meramalkan hujan ringan hingga sedang itu akan mengguyur kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok. Sementara Kepulauan Seribu berawan.

BMKG mengingatkan potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir akan terjadi di Kepulauan Seribu, Tangerang, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

Longsor, Siswa SD Belajar di Halaman Sekolah

Tebing-Longsor-Panusupan-Rembang-382x270.jpg


Ruang Sekolah Dasar Negeri Cingebul 2, di Desa Cingebul Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas yang terbuat dari bilik ini terpaksa dikosongkan pihak sekolah bersama siswa-siswanya. Pasalnya, saat hujan deras dua hari yang lalu, ruang sekolah tersebut terkena longsoran tebing yang berada di belakang sekolah. Tebing dengan tinggi sekira 10 meter dan lebar 7 meter itu tak kuat menahan derasnya hujan yang turun terus menerus.

Akibatnya, tebing longsor yang menimpa ruang sekolah dari bilik ini. Siswa pun terpaksa membersihkan ruangan yang terkena longsoran. Beberapa siswa juga harus mengangkut kursi dan meja dari ruang sekolah menuju halaman depan sekolah. Sementara kegiatan belajar mengajar juga terpaksa dilakukan di halaman sekolah.

Menurut kepala sekolah SDN 2 Cingebul, Untung Imam Purnomo (46) mengatakan, pihaknya sudah mengajukan bantuan berkali-kali kepada pihak terkait, namun hingga Sabtu ini belum ada perhatian dan perbaikan sekolah. Padahal, siswa sudah merasa terganggu dengan kegiatan belajar mengajar di halaman sekolah serta ruang pertemuan desa.

"Kami sudah berkali-kali mengajukan bantuan namun belum ada tanggapan. Sedangkan dua kelas yaitu kelas tiga dan kelas empat terpaksa harus belajar di halaman sekolah dan di ruang pertmeudpertemuan desa," jelas Untung Imam Purnomo, Sabtu (6/2/2010).

Sedangkan siswa sendiri mengaku sudah tidak nyaman belajar di halaman sekolah dalam dua hari ini. Panas dan kadang gerimis membuat mereka terganggu dalam kegiatan belajarnya. Apalagi, halaman sekolah ini juga digunakan untuk kegiatan olah raga siswa.

Kini pihak sekolah hanya pasrah dengan kondisi sekolahan mereka. Letak geografis yang berada di perbukitan membuat bantuan perbaikan sekolah tak kunjung juga datang. Padahal, anak-anak sekolah dasar ini memerlukan kenyamanan belajar agar bisa mencapai prestasi sekolah yang baik.

Sumber : Okezone
 
Bls: Berita Nasional

Obama Dinilai Dapat Perbaiki Hubungan AS-Islam

obama.jpg


Presiden Amerika Serikat Barack Obama direncanakan akan datang ke Indonesia Maret 2010 mendatang. Kedatangan Obama itu dinilai dapat memperbaiki hubungan dunia Islam dengan negara barat.

"Apa yang dilakukan Obama tidak bisa optimal. Karena di Amerika sebagai negara demokrasi, peran presiden tidak sepenuhnya besar. Tapi good will cukup menggembirakan untuk meredakan ketegangan di dunia Islam," ujar Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) Pusat, Hasyim Muzadi, usai menghadiri acara Doa Masyarakat Jatim untuk Gus Dur, di Masjid Al-Akbar, Jalan Gayungan Surabaya, Sabtu (6/2/2010) malam.

Hasyim menjelaskan, meski upaya Obama tidak dapat optimal dalam memperbaiki hubungan Israel dengan Palestina atau negara Islam lainnya, PBNU tetap akan menyambut baik kedatangan presiden Amerika itu, sebab Indonesia adalah negara yang penduduknya mayoritas Islam dan terbesar di dunia. "Yang penting hubungan dunia Islam dengan dunia barat dapat hakiki," jelasnya.

Negara-negara Islam merasa terusik saat Amerika Serikat dipimpin George W Bush. Saat Amerika dipimpin George W Bush. Harapan baru muncul saat Obama terpilih sebagai Presiden AS. Obama menawarkan pemulihan hubungan Amerika dengan Islam lebih bagus. "Obama menawarkan pemulihan hubungan Amerika dengan Islam, setelah terganggu selama 10 tahun pemerintahan George Bush," tandasnya.

Sumber : Okezone
 
Back
Top