Berita Mancanegara

Bls: Berita Mancanegara

Pizza Jadi Warisan Kuliner Eropa

55016_john_mccain_saat_membayar_sepotong_roti_pizza_kegemarannya_300_225.jpg


Pizza, makanan khas asal Napoli, Italia, resmi terpilih menjadi warisan kuliner Eropa.

Uni Eropa mengakhiri debat selama seperempat abad, menyangkut pizza buatan kota di selatan Italia yang memang terkenal sebagai pencipta pizza lezat ini. Dengan label 'Traditional Speciality Guaranteed (TSG)', pizza ala Napoli mulai kini tidak boleh ditiru.

Komisi pertanian Uni Eropa mengatakan, 'Pizza Neapolitan' kini menjadi bagian dari warisan makanan Eropa. Label TSG itu sendiri sudah disetujui bulan lalu dan mulai berlaku kemarin.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, 5 Februari 2010, ketua asosiasi pembuat pizza mengatakan merek dagang atas pizza Napoli ini merupakan suatu kehormatan.

Label TSG berarti, semua kedai penjual pizza (pizzeria) yang ingin membuat dan menjual pizza ala Napoli harus diperiksa oleh komisi khusus yang akan memeriksa standarnya. Standar itu antara lain penggunaan tomat san marzano dan keju mozzarella segar.

Asosiasi peternak Italia menuturkan, setengah dari 25.000 pizzeria di Italia keliru menggunakan bahan-bahan pizza Napoli. Kesalahan itu antara lain menggunakan keju dari Eropa Timur atau tepung dari Ukraina.

Status hak dagang ini membuat produsen pizza Napoli bisa membanggakan eksklusivitas pizza mereka dan mendapat bonus.

Sementara itu, Italia saat ini, berada di peringkat pertama Uni Eropa dengan 180 produk dilindungi, melebihi Spanyol dan Prancis.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Mancanegara

RI Pamerkan Angklung dan Gamelan di Ceko

84742_tari_dayak_pada_suatu_pameran_alat_musik_tradisional_di_ceko_300_225.jpg


Angklung dan Gamelan yang dilengkapi Wayang Kulit dari Indonesia menarik perhatian para pengunjung di hari pertama Pameran Alat Musik Tradisional di Museum Kota Pardubice, Ceko. Pameran itu berlangsung selama 4 Februari hingga 18 April 2010.

Pameran dibuka oleh Direktur Museum, Jitka Rychlikova, bersama Azis Nurwahyudi, pejabat bidang penerangan dan kebudayaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha, Ceko, Kamis 4 Februari 2010. Acara itu juga dihadiri para pejabat Kota Pardubice serta masyarakat setempat.

Menurut siaran pers KBRI Praha, alat musik tradisional dari Indonesia tersebut secara khusus menempati paviliun terbesar di Museum itu, yang merupakan bagian dari Istana Pardubice. Bangunan itu dibangun pada abad ke-13 oleh dinasti Pernstejn.

Mewakili Duta Besar Salim Said, Azis menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang telah dijalin dengan Kota Pardubice. KBRI Praha juga menyambut baik tawaran untuk melakukan pameran budaya Indonesia di Istana Pardubice pada tahun ini.

"Banyaknya kegiatan kebudayaan dari Indonesia di Pardubice akan mendekatkan hubungan antara Indonesia dengan masyarakat kota di wilayah Bohemia berpenduduk 100 ribu jiwa tersebut," kata Azis.

Pada pembukaan acara ditampilkan Tari Dayak khas Kalimantan oleh para mahasiswa Indonesia di Ceko dan staf KBRI Praha. Kain Tenun Lombok dan Ulos Sumatra juga turut dipamerkan di paviliun Indonesia untuk menambah daya tarik bagi pengunjung, selain brosur pariwisata dalam Bahasa Ceko yang dibagikan kepada mereka.

Pameran Alat Musik Tradisional yang diselenggarakan setiap dua tahun tersebut selain memamerkan Angklung dan Gamelan dari Indonesia juga memamerkan aneka alat musik tradisional dari China, India, Afrika, Amerika dan Arab.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Mancanegara

Bicara Pada Lelaki, Seorang Gadis Dikubur Hidup-Hidup

54213_kekerasan_300_225.jpg


Seorang gadis naas berusia 16 tahun dikubur hidup-hidup oleh keluarganya di Provinsi Adiyaman, bagian Tenggara Turki. Dia dihukum karena berbicara pada laki-laki.

Seperti dikutip dari laman The Telegraph edisi 5 Februari 2010, polisi berhasil mengungkap kasus ini dan menggali lubang dimana sang gadis yang berinisial MM itu dikubur. Saat ditemukan, posisi anak gadis itu terduduk dengan tangan diikat. Dikutip dari laman BBC, anak gadis itu bernama Medine.

Jasadnya ditemukan di kedalaman dua meter, di bawah kandang ayam rumah keluarganya di Kahta, provinsi Adiyaman.

Polisi berhasil mengungkap kasus ini Desember lalu setelah mendapat informasi dari orang yang dirahasiakan. Sebelumnya, anak gadis itu dilaporkan hilang.

Informan polisi itu mengatakan bahwa Medine dibunuh setelah ada rapat keluarga besar. Ayah dan kakek sang anak pun ditangkap dan ditahan. Semula, ibu si anak pun ikut ditahan namun setelah pemeriksaan polisi, dia dibebaskan.

Dalam pengakuannya ke media lokal, sang ayah mengaku tidak senang salah satu anak-anaknya memiliki teman lelaki. Bahkan, kakeknya pun mengaku sempat memukuli Medine karena memiliki hubungan dengan lelaki.

Hasil otopsi menyimpulkan gadis malang itu dikubur hidup-hidup. Tim dokter menemukan tanah di paru-paru dan perut gadis malang itu.

Penemuan ini diperkirakan akan memunculkan kembali perdebatan lama di Turki mengenai "pembunuhan dengan alasan kehormatan." Praktek ini lazim ditemui di wilayah miskin di Tenggara Turki. Petugas setempat menemukan 200 praktek serupa setiap tahunnya.

Sumber : Vivanews
 
Last edited:
Bls: Berita Mancanegara

Google Digugat Karena Peta Kuil

cambodia_evisa_google_earth.gif


Pemerintah Kamboja mengecam keras mesin pencari raksasa, Google khususnya peta Google Earth. Pasalnya, Google menempatkan hampir setengah dari Kuil Preah Vihear masuk wilayah Thailand.

Kompleks kuil tersebut selama ini menjadi pusat perselisihan Thailand-Kamboja. Seperti dikutip dari laman M&C, keluhan tersebut diungkapkan pemerintah Kamboja melalui sebuah surat, Jumat 5 Februari 2010.

“Peta Google meletakkan hampir setengah dari kuil Preah Vihear di Thailand,” tulis Dewan Menteri dalam surat tersebut. Peta Google tersebut dinilai sebagai peta yang sangat keliru.

“Untuk itu kami meminta Anda (Google) menarik kekeliruan yang telah disebarluaskan, sangat keliru, dan peta yang tidak dianut oleh dunia internasional, dan mengganti peta tersebut,” lanjut surat tersebut.

Komplain ini diajukan sehari sebelum Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, hari ini melakukan kunjungan kali pertama ke kuil berusia 11 tahun tersebut. Kamboja dan Thailand selama berpuluh tahun mempersoalkan kepemilikan wilayah di sekitar kuil.

Perselisihan kedua negara berubah menjadi aksi kekerasan pada Juli 2008 saat kuil Preah Vihear dinobatkan menjadi Warisan Dunia oleh oleh UNESCO. Empat prajurit tewas saat itu. Baku tembak kembali terjadi April 2009.

Hubungan kedua negara makin memburuk pada November tahun lalu setelah PM Hun Sen menunjuk PM Thailand yang dikudeta, Thaksin Shinawatra, sebagai penasehat ekonomi. Thaksin menjadi buron pemerintah Thailand atas kasus korupsi.

Pada 1962, kuil tersebut ditetapkan sebagai milik Kamboja meski pintu masuk utama kuil berada di kaki gunung di Thailand. Perbatasan di sekitar kuil itulah yang menjadi diperebutkan kedua negara bertetangga ini.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Mancanegara

Media Jepang Kritik Bos Toyota

84731_akio_toyoda__ceo_toyota_motor_corp__300_225.jpg


Media-media terkemuka Jepang mengritik keterlambatan presiden Toyota, Akio Toyoda, dalam memberikan respon dan penjelasan terkait penarikan besar-besaran produk perusahaan otomotif terbesar dunia sekaligus ikon korporat Jepang tersebut.

Toyoda, cucu pendiri Toyota yang mulai memimpin perusahaan Toyota Motor Corp, Juni lalu, baru muncul di hadapan media Jumat malam waktu Nagoya. Dia meminta maaf atas persoalan pedal gas yang membuat 4,5 juta mobil Toyota ditarik pertengahan Januari lalu.

Munculnya Toyoda di hadapan para reporter di kantor perusahaan di Nagoya muncul di tajuk utama surat-surat kabar terkemuka Jepang, tanpa pujian. “Kata-kata tidak cukup,” tulis harian bisnis populer Nikkei dalam halaman editorial. “Kemampuan manajemen krisis perusahaan harus diperiksa dengan cermat,” lanjut Nikkei.

“Benar-benar terlambat,” sebut surat kabar nasional Asahi. “Seluruh dunia menyaksikan bagaimana Toyota bisa dengan rendah hati belajar dari serangkaian kegagalan belakangan ini dan memproduksi mobil yang aman,” tulis Asahi.

Dalam konferensi pers kemarin, Toyoda berjanji untuk meningkatkan kontrol kualitas dan mengatakan akan memimpin komite khusus untuk meninjau pemeriksaan kualitas. Selain itu, dia juga berjanji akan menindaklanjuti keluhan pelanggan dan mendengarkan saran para ahli dari luar Toyota untuk melakukan perbaikan.

Sumber : Vivanews
 
Bls: Berita Mancanegara

Badai Salju Dahsyat Hantam Washington

82198_badai_salju_di_amerika___belanja_di_philadelphia_300_225.jpg


Badai salju hebat menerpa Washington dan negara-negara bagian mid-Atlantik, Amerika Serikat (AS), Sabtu pagi waktu setempat, 6 Februari 2010. Badai dahsyat tersebut membuat lalu lintas dan transportasi lumpuh.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN, bus dan kereta berhenti beroperasi di Washington. Pejabat transportasi mengatakan, hanya kereta bawah tanah yang akan dioperasikan. Penundaan transportasi darat terjadi beberapa jam setelah penerbangan di tiga bandara utama di wilayah Washington-Baltimore dan Bandara Internasional Philadelphia ditunda.

Maskapai Delta Air Lines menuda penerbangan ke dan dari Washington, Baltimore, Maryland, dan Philadelphia, kata juru bicara Delta, Anthony Black. Dia mengatakan, hari ini layanan penerbangan ke Philadelphia terbatas. Delta berharap penerbangan akan kembali normal Minggu besok.

Kantor berita Associated Press mengabarkan, tumpukan salju dengan segera menutupi jalan raya, pohon, hingga bangunan apartemen dan mobil.

Pemerintah masing-masing negara bagian menghimbau warga untuk tinggal di rumah selama akhir pekan. Para ahli cuaca mengatakan, badai salju kali ini bisa jadi merupakan badai salju terbesar di Washington sepanjang sejarah modern. Sementara itu, di Virginia, seorang ayah dan anak tewas saat sebuah traktor gandeng menabrak mobil yang mereka tumpangi.

Sumber : Vivanews
 
Back
Top