'Teana', Sedan Lux Nissan Ramah Lingkungan

nurcahyo

New member
'Teana', Sedan Lux Nissan Ramah Lingkungan

Nissan meluncurkan sedan mewah ramah lingkungan, All-New Teana - ANT ke pasar Indonesia yang diharapkan meraih 10 persen pangsa pasar yang saat ini mencapai 3.000-3.600 unit per tahun.

"Kami berharap melalui Teana akan mampu meraih 10 persen pangsa pasar sedan di Indonesia, setelah sebelumnya sukses dalam penjualan tipe Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Van (MPV)," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Toru Hasegawa di Jakarta, Kamis.

Nissan dinilai berhasil dalam menggaet pasar di Indonesia setelah sebelumnya sukses menjual Nissan X Trail untuk tipe SUV dan New Serena untuk tipe MPV. Berkaitan dengan hal itu perusahaan menargetkan penjualan tahun 2004 mencapai 10.000 unit.

Teana merupakan sedan keluaran pertama PT NMI pada tahun 2004, yang di Jepang dikenal ramah lingkungan karena mampu mereduksi kadar racun Nox dan HC dari gas buang sisa pembakaran hingga 75 persen dari ambang batas maksimal, sehingga memperoleh sertifikat ULEV, kata Hasegawa.

Predikat lain yang diperoleh Teana karena performa dan keanggunan rancang bangunnya diantaranya Best Valued Award 2004-2005 dari Car of the Year Japan dan Good Design Award dari Japan Industrial Design Promotion Organization (JIDPO).

Teana berarti Fajar dalam bahasa Indian, Nissan yakin jika Teana adalah fajar dari all-new luxury sedan selain karena penampilan Teana yang elegean.

Teana menyuguhkan desain interior yang berusaha memindahkan ruang keluarga rumah modern kedalamnya. Dengan konsep smart modern living, Teana memiliki ruang yang sangat luas untuk kategori sedan medium. Disain interior mengkombinasikan material kayu dan kulit dan permainan warna memberikan suasana nyaman dan dinamis. Intinya interior Teana bisa dibilang mewah, elegan, dinamis, rapi dan modern.

Teana menggunakan mesin berkapasitas 2,3 liter dengan konfigurasi silinder V6 dari kelas VQ yang didaulat sebagi mesin terbaik oleh Ward's Auto World. Mesin VQ mampu mengaplikasi teknologi CTVC (Continuous Variable-valve Timing Control) dan ETC (Electronic Throttle Chamber). yang menghasilkan produksi power hingga 173hp/6000 rpm dan torsi 22.9 kg-m/4400 rpm. Perpaduan ini mampu menghasilkan tenaga besar namun tetap bersuara halus sehingga ruang kabin tetap hening.

Kendaraan juga dilengkapi intelligent key berbentuk kartu yang memungkinkan pengemudi membuka pintu secara mudah hanya dengan menekan tombol kecil di pegangan pintu tanpa menggunakan kunci. Begitu juga untuk menyalakan mesin cukup menggunakan kartu tersebut.

Manuver Teana juga sangat mudah karena dirancang memiliki radius putaran minimum mencapai 5,3 meter, serta dilengkapi dengan atap yang dirancang pengemudi mudah melihat tepi terluar kendaraan, kata Hasegawa.

Tenana akan dipasarkan secara terbatas di Jakarta, Bandung, dan Surabaya dengan harga On The Road (OTR) Rp355 juta.
 
Back
Top