Anal abses dan anal fistula Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Anal abses dan anal fistula

Riwayat dan gejala :

Anal abses dan anal fistula boleh dikatakan adalah satu penyakit dengan dua muka.

Penyebabnya adalah peradangan di dalam dubur tepatnya dari kelenjar anal (krypto-glandular) didaerah linea dentata.Jika peradangan sampai kebawah kulit disekitar dubur , kulit menjadi merah , sakit dan ada benjolan ; penderita biasanya merasa meriang . Dengan bertambahnya kumpulan nanah maka rasa sakit sakit juga akan bertambah ; keadaan ini oleh awam sering disebut bisul.Pada tahap ini pemberian antibiotika saja tidak akan dapat menyembuhkan abses ; tetapi nanah harus juga hilang Jika abses ini pecah maka gejala diatas akan hilang. Abses dapat pecah sendiri (spontan) atau harus dibuka (incisi) dalam narkose.Pembukaan dalam narkose umumnya dapat dilakukan dalam rangka rawat jalan tetapi penderita harus puasa makan dan minum selama 6 jam sebelum dilakukan tindakan.

Setelah nanah keluar dan luka mengering , ada dua kemungkinan yaitu sembuh sama sekali atau sembuh dengan meninggalkan lubang kecil yang terus menerus mengeluarkan cairan nanah terkadang bercampur darah. Meskipun tidak sakit tetapi akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Kondisi ini disebut anal fistula



Pada analfistula terbentuk saluran antara lubang didalam dubur dan lubang disekitar dubur.Umumnya analfistel ada dibagian belakang (paling sering) atau didepan ; jika lubang dalam fistel ada disamping maka kita harus mencari penyakit lain yang menyebabkan fistel ini misalnya M Crohn.

Analfistula lebih banyak diderita pria daripada wanita (2:1 sampai 3:1) jadi tidak seperti analfissur dimana lebih banyak wanita yang menderita.

Anal fistula dapat terbentuk primer atau sekunder dari anal fissur yang meradang dan dapat sederhana atau susah

Therapie :

Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat menyembuhkan anal fistula. Satu-satunya jalan yang terbaik adalah dengan operasi / tidakan.



Kemungkinan terulangnya kembali fistula selalu ada ( 20 30 %) tergantung juga apakah fistula itu sederhana atau susah dan letak fistula itu sendiri.

Pada fistula sederhana , dengan membelah saluran dan membersihkan dindingnya maka hampir selalu penyembuhan total dapat dicapai.Penyembuhan dapat berlangsung beberapa minggu . Penting adalah menjaga suapaya luka tidak cepat menutup.



Apakah fistula itu sederhan atau susah , sering baru diketahui waktu dilakukan operasi/tindakan.

Pada fistula yang susah , tidak mungkin saluran dibelah begitu saja karena banyak otot yang ikut terpotong dan menyebabkan inkontinensi sehingga kotoran tidak dapat ditahan. Disini ada beberapa cara pengobatan . Yang paling sering dilakukan ialah dengan memasang Seton yaitu seutas benang atau karet diikatkan melalui saluran fitula dan ditinggalkan untuk beberapa bulan sehingga terlepas sendiri. Cara lain yang lebih susah ialah adalah dengan menutup lubang dalam fistula dengan dinding usus (advancement flap), tetapi keberhasilannya tidak terlalu besar.



Cara lain yang sebenarnya relative sedrhana tetapi keberhasilannya juga masih kecil dan masih belum umum dilakukan adalah dengan menyuntikkan perekat khusus (fibrin glue) kedalam saluran fistula . Sejak kira-kira 1 tahun yang lalu ada jaringan khusus (anal Fistula Plug/ AFP) yang juga dimasukkan kedalam saluran fistula dan akan merangsang pembentukkan jaringan alamiah , AFP ini akan diserap oleh tubuh.



Komplikasi :

Yang paling menonjol adalah inkontinensi dimana waktu buang air besar , kotoran padat / cair / gas tidak dapat ditahan . Situasi ini dapat untuk seterusnya tetapi dapat juga untuk beberapa waktu saja.Komplikasi yang berat tetapi umumnya jarang terjadi .



Pencegahan :

Sebenarnya tidak ada penyegahan yang khusus , tetapi dengan mengusahakan waktu ada perasaan buang air besar sebaiknya jangan ditahan-tahan dan kebersihan didaerah dubur dilaksanakan terlebih untuk mereka yang lama duduk ditempat yang panas atau mudah berkeringat kemungkinan terjadinya anal sbses/fistula dapat diperkecil.

Jika fistula ini sudah terjadi lama (kadang hingga beberapa tahun) ada kemungkinan dilubang fisula yang disekitar dubur dapat berubah menjadi kanker.

Sebaiknya jika terjadi fistula , segera memeriksakan diri kedokter.
National Level

Post: 1.876
 
Reputasi: 4

__________________
blog tutorial www.soloboys.blogspot.com

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Anal abses dan anal fistula

kasih tau lebih jelas n lengkap tentang fistula donk
tq
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Anal abses dan anal fistula

Saya adalah satu penderita anal fistula
Mohon diberikan jalan untuk proses penyembuhannya
Dimanakah dokter khusus yg bisa menanganin penyakit ini ?
Thanks
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Anal abses dan anal fistula

sudah 4 tahun saya menderita penyakit ini..
dulu sewaktu masih anal abses, saya sempat dioperasi tapi kemungkinan gara2 perawatan yang kurang sempurna, akhirnya berubah jadi anal fistula.
saya kemarin baru dioperasi di rumah sakit st.borromeus, dokternya ialah dr.yayat ruchiyat SP.BDig. beliau praktek juga di rsu hasan sadikin.
hasil operasinya, ada jaringan mati yang harus diangkat. alhamdulillah hasil lab. tidak ada sel ganas.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Anal abses dan anal fistula

Bagaimana sekarang keadaannya? Apakah sudah sembuh fistulanya? Berapa lama operasinya dan berapa lama penyembuhannya??
Tks
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Anal abses dan anal fistula

sekarang sudah 36 hari semenjak operasi, tinggal nunggu luka merapat. Terkadang nanah masih keluar, apalagi kalo abis duduk (perawat nyaranin untuk tidak duduk selama perawatan). selama ganti perban, selain memakai betadine sy memakai gentamicin yg dicampur NaCl untuk membersihkan luka. Juga mencampur betadine dgn madu murni yang membantu mempercepat pertumbuhan jaringan yang telah diambil. so, jgn putus asa meski penyembuhan penyakit ini lama.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Anal abses dan anal fistula

oh, iyah. Sy operasi gak lama kok, kurang lebih 2,5 jam :-).
Di rumah sakit selama 7 hari.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Anal abses dan anal fistula

saya bisul di dekat dubur udah lama gak sembuh, ada yang tau obatnya gak?selain operasi. please help me..
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Abses Periapikal mozilla_solo1 Kesehatan 1
Abses nurcahyo Kesehatan 0
Fistula Anorektal mozilla_solo1 Kesehatan 0
Abses Anorektal mozilla_solo1 Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.