Gejala Wasir dan pengobatannya

andy_baex

New member
Pendahuluan

Wasir atau Ambeien atau haemorrhoid sebenarnya banyak kita jumpai diantara kita, hanya karena perasaan malu atau dianggap tidak penting, maka kurang diperhatikan. Oleh awam semua keluhan didubur sering diartikan sebagai wasir dan diobati sendiri seadanya. Sebelum kita dapat menegakkan diagnosa wasir, haruslah disingkirkan kemungkinan lain lebih-lebih kemungkinan adanya suatu keganasan.

Apakah itu Wasir ?

Secara anatomis wasir itu bukanlah suatu penyakit melainkan suatu perubahan pada bantalan pembuluh-pembuluh darah didubur (dalam bahasa latin disebut corpus cavernosa recti) berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Fungsi bantalan ini sebagai klep/katup yang membantu otot-otot dubur untuk menahan faeces. Ada tiga pembuluh darah (arteria ) didaerah dubur. Bila oleh salah satu sebab terjadi gangguan (bendungan) aliran darah, maka pembuluh darah ini akan melebar dan membengkak, keadaan ini disebut WASIR. Kita mengenal wasir dalam (haemorrhoid interna) seperti yang tertulis diatas, dan wasir luar dimana kulit luar sekitar dubur membengkak karena pelebaran pembuluh darah balik dibawah kulit.

Apa yang menyebabkan terjadinya Wasir ?

Tentang penyebab terjadinya wasir terdapat banyak pendapat, antara lain : faktor keturunan, sikap tubuh manusia dalam berjalan dengan kaki sehingga tekanan kebawah lebih besar, kehamilan, perubahan hormonal (waktu hamil), jenis pekerjaan, dll. Kemungkinan besar berbagai faktor ini saling terkait dan mempengaruhi.

Gejala-gejala Wasir.

Salah satu gejala pertama yang sering dijumpai adalah perdarahan dari dubur mungkin hanya beberapa tetes saja tetapi bisa pula cukup banyak bahkan kadang-kadang memancur keluar. Darah yang keluar merah muda / segar. Umumnya tidak ada rasa sakit. Rasa sesuatu yang mengganjal atau keluar sementara atau setelah buang air besar adalah keluhan kedua yang sering dikemukakan. Ini menyebabkan perasaan buang air besar yang belum tuntas sehingga yang bersangkutan mengejan lebih kuat yang menyebabkan wasir bertambah parah. Prolaps atau menonjolnya wasir terjadi pada tingkat lanjut dan klasifikasi atau tingkat keparahan tergantung dari prolaps ini. Dengan adanya prolaps maka fungsi penutup dari otot-otot dubur dapat terganggu ini menyebabkan cairan dari usus dapat keluar sehingga penderita mengeluh bahwa ada bercak-bercak kotoran pada pakaian dalam. Ini disebut inkontinensi. Rasa sakit dapat terjadi pada tingkat lanjut jika terjadi thrombosis (gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah) umumnya terjadi pada wasir luar atau inkarserasi dimana wasir yang keluar terjepit

Pembagian derajat keparahan

Untuk memilih cara pengobatan yang paling tepat, kita harus mengetahui derajat keparahannya. Wasir dibagi dalam 4 derajat keparahan :

1. Keadaan wasir derajat ini hanya dapat dilihat dengan teropong yang disebut proktoskop/anuskop. Gejala paling jelas adalah perdarahan waktu buang air besar.
2. Pada derajat ini sewaktu buang air besar atau berjongkok keluar benjolan dari dubur yang dapat masuk kembali secara spontan (tanpa dibantu tangan).
3. Disinipun terdapat bagian wasir yang menonjol keluar seperti pada derajat II, tetapi tidak dapat masuk secara spontan dan harus dibantu dengan tangan.
4. Wasir yang keluar tidak dapat masuk lagi atau keluar kembali, tetapi biasanya tidak sakit. Pada derajat II dan III ada kemungkinan bahwa bagian wasir yang keluar terjepit, membengkak dengan rasa sakit dan tidak dapat masuk kembali. Keadaan ini disebut inkarserasi.Kejadian ini biasanya terjadi setelah makan makanan yang pedas atau "panas" (seperti misalnya durian, kambing, tape, dll), mengejan, minuman beralkohol dan perjalanan yang jauh.

Pemeriksaan

Seperti penyakit-penyakit lain, sebelum dapat menegakkan diagnosa dan therapinya, diperlukan pemeriksaan yang teliti. Yang pertama dan sebenarnya yang terpenting (karena menunjukkan arah pemeriksaan selanjutnya) ialah anamnesa atau riwayat penyakit. Tahap beritkutnya ialah pemeriksaan fisik yaitu inspeksi dan rektaltouche (colok dubur). Menyusul pemeriksaan dengan teropong yaitu anuskopi atau proktoskopi dan rektoskopi. Pemeriksaan-pemeriksaan ini mutlak harus dikerjakan hanya jika ada rasa sakit yang kuat (misalnya karena inkarserasi) pemeriksaan dapat ditunda hingga rasa sakit hilang dahulu. Sebagai pelengkap dapat dipertimbangkan apakah memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti roentgen (colon inloop) dan/atau colonoskopi. Juga tidak boleh dilupakan pemeriksaan darah, urin, faeces sebagai pemeriksaan penunjang. Baru setelah pemeriksaan-pemeriksaan ini selesai kita dapat mengambil kesimpulan, menegakkan diagnosa dan menentukan therapi.

Diagnosa Banding

Seperti telah dikemukakan diatas selain wasir masih banyak penyakit yang mempunyai gejala yang sama dimana yang terpenting adalah menghilangkan kemungkinan tumor ganas.

Pengobatan Wasir

Ada dua macam pengobatan yaitu tanpa operasi/ oninvasiv dan dengan cara operasi/invasiv. Kedua macam cara ada keuntungan dan kerugiannya. Pada cara pertama dapat dilakukan dalam rangka rawat jalan sedang pada cara kedua pasien harus dirawat karena dilakukan dalam pembiusan/narkose.

1.

Pengobatan tanpa operasi.


1.

Salep dan/atau suppositori dapat mengurangi keluhan subyektif tetapi tidak dapat menyembuhkan wasir.
2.

Suntikan (dengan sklerosing agent) dapat diberikan pada derajat keparahan I-III dan kadang-kadang juga pada derajat IV. Prinsip dari obat suntikan ini adalah menyumbat pembuluh darah dan mengecilkan bantalan pembuluh darah.
3.

Infrared coagulation (IRC) sering dipakai pada derajat I lebih-lebih disertai perdarahan. Juga pada derajat II masih memberikan hasil yang cukup bagus. Prinsip IRC adalah pemberhentian perdarahan dengan sinar infra merah.
4.

Alternatif lain untuk pengobatan wasir derajat III dan IV adalah dengan ligasi yaitu pangkal wasir diikat dengan karet yang khusus sehingga wasir akan "layu" dan jatuh. Umumnya dipakai jika wasir hanya ada disatu atau dua tempat. Sering dilakukan kombinasi antara suntikan dan ligasi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2.

Pegobatan dengan operasi.

Operasi umumnya dilakukan pada derajat III dan IV. Keberhasilan operasi lebih bagus dibandingkan tanpa operasi, artinya kemungkinan kambuh kembalinya wasir lebih kecil. "Kerugiannya" adalah bahwa penderita harus dirawat disamping operasi harus dilakukan dalam pembiusan. Juga rasa sakit setelah operasi tidak dapat dihindari, meskipun dengan methode operasi sekarang rasa sakit jauh berkurang dan lama perawatan juga lebih cepat (3-4 hari). Dengan kemajuan teknik pengobatan tanpa operasi, pola pengobatanpun berubah. Hanya 20% dari penderita wasir yang memerlukan penanganan dengan operasi sedangkan 80% dapat diobati tanpa operasi. Catatan : Harus diingat bahwa dengan metode pengobatan apapun kemungkinan wasir dapat kambuh kembali selalu ada. Kambuh tidaknya wasir sangat tergantung dari kebiasaan makan, minum, buang air besar.
 
Last edited by a moderator:
Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Makanan apa yg bsa mengurangi/menyembuhkan wasir....
apa yg harus saya lakukan agar wasir saya bsa berkurang dan hilang sama sekali tanpa operasi....????
karena saya jg takut operasi n gaq ada biaya ????
trima kasih atas saran nya.....
smoga bsa cepat sembuh,amien? saya ada di madiun
 
Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Mendapatkan cukup serat dalam diet dan mendapatkan latihan rutin akan sangat mengurangi wasir yang membuat Anda menderita.
 
Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

harus sering mengkomsumsi serat dong
 
Last edited by a moderator:
Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Maksh atas saran2 nya.......
mksdnya latihan tuh yg kyak gmana ?????
macam2 makanan serat tuh yg kyak apa aja ????
o iya....u asli mana nih ????
 
Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Maksh saran nya......
apa cukup dengan makanan yg brserat ????
MACEM2 makanan yg brserat yg bagus bt obati ambein tu apa ?????
 
Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Maksh saran nya......
apa cukup dengan makanan yg brserat ????
MACEM2 makanan yg brserat yg bagus bt obati ambein tu apa ?????

Secara umum makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan semuanya mengandung serat dalam jumlah yang bervariasi sedangkan makanan hewani tidak mengandung serat.

Serat makanan termasuk golongan karbohidrat, namun tidak akan mengalami proses pencernaan di usus sehingga akan dikeluarkan dari tubuh melalui kotoran saat buang air besar (BAB). Serat ada dua macam yaitu serat yang larut dan serat yang tidak larut. Kelarutan yang dimaksud di sini adalah kelarutan dalam air.

Untuk memilih makanan yang kaya serat kita perlu mengetahui dulu sumber-sumbernya. Secara umum sayuran, buah, sereal (makanan dari jenis padi-padian), kaya akan serat.

Daftar kandungan serat makanan per 100 gram

Makanan/Grup Makanan
Sereal (whole grain) 15-30 gr
Kacang (mete, kacang tanah, dll.) 5-10 gr
Sayur kacang (kedele, kacang hijau, buncis dll.) 3-6 gr
Roti putih 2-3,5 gr
Roti (whole sereal) 5 gr
Sayuran berupa daun dan buah 1,5-4 gr
Umbi-umbian termasuk kentang 1-3 gr
Nasi putih dan pasta 0.5-2 g
 
Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Maksh atas saran2 nya.......
mksdnya latihan tuh yg kyak gmana ?????
macam2 makanan serat tuh yg kyak apa aja ????
o iya....u asli mana nih ????

Penyembuhan wasir tanpa operasi terpopuler saat ini adalah metode Barron yang menjepit wasir pada pangkalnya dengan karet khusus sehingga menghentikan aliran darah ke wasir. Wasir akan terlepas sendiri dalam waktu sekitar satu minggu. Tingkat keamanan dan kesembuhan dengan metode ini lebih besar daripada metode-metode non-operasi lainnya.

Metode Barron ada dua macam yaitu metode Barron lama (kuno) dan mutakhir. Metode Barron mutakhir menggunakan penyedot vakum untuk menarik wasir sampai ke dasar dinding rectum sebelum karet gelang khusus dipasang pada wasir sehingga menjamin keberhasilan terapi yang tinggi tanpa luka atau resiko infeksi. Sebaliknya, metode Barron kuno menarik wasir dengan semacam pinset sebelum dipasang karet gelang khusus sehingga menyebabkan rasa nyeri yang hebat karena terjadi luka atau pembuluh darah pecah saat dijepit dan ditarik pinset. Selain itu, mutu karet yang dipakai pada metode Barron kuno biasanya tidak sebagus karet metode Barron mutakhir yang sangat elastis tetapi memiliki daya jepit lebih kuat sehingga meminimalkan rasa nyeri.
 
Re: Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Bersama Dr. Oetomo Hadisoedarmo Sembuhkan wasir tanpa operasi
September 27, 2007 pada 11:48 am (WASIR)







Pengobatan wasir

Oleh Dr Oetomo
Apa itu wasir?
Adalah tonjolan di daerah lubang anus/ dubur yang makin menonjol keluar atau makin membesar pada waktu mengejan (buang air besar). Tonjolan ini adalah pelebaran vena setempat. Pada keadaan iritasi atau meradang tonjolan makin membengkak, timbul rasa nyeri, mudah berdarah, sering menjadi gatal atau timbul sensasi panas terbakar pada daerah tersebut.

Apa gejala wasir-luar?
Adanya tonjolan daging yang pangkalnya dari pinggit atau sekitar lubang anus. Suatu saat tonjolan ini akan membesar dan membengkak serta nyeri. Kadang akan mengeras karena darah di wasir menggumpal. Daerah ini sensitif terhadap nyeri karena banyak mengandung syaraf. Dalam kondisi seperti ini, bila duduk maka wasir akan terjepit bokong sehingga makin nyeri. Duduk harus posisi miring. Sangat tidak nyaman dan mengganggu kualitas hidup. Cepatlah ke dokter untuk diberikan pengobatan.

Apa gejala wasir-dalam?
Pada stadium awal (stadium satu) tonjolan daging masih di dalam saluran anus-rectum tanpa rasa nyeri. Tetapi sering timbul rasa tidak nyaman, rasa panas di dalam anus atau di pinggul belakang. Feces yang keras dapat merobek dinding Wasir sehingga berdarah (berak darah/ darah segar menetes).

Bila tidak diobati, wasir akan semakin membesar dan akan keluar dari lubang anus setiap mengejan /berak/ buang air besar. (stadium dua atau tiga)

Kadang terjadi spasme otot sphincter ani yang akan menjepit gumpalan wasir yang keluar sehingga tidak dapat masuk lagi walaupun didorong dengan jari tangan (stadium empat) . Kondisi ini akan menyebabkan nyeri hebat dan harus segera ditangani oleh dokter.

Bagaimana pembagian stadium “wasir-dalam”?

Stadium satu tanpa keluhan atau bila berak keras sering disertai darah segar tanpa terasa nyeri. Stadium dua bila waktu buang air besar keluar daging dari dalam anus tetapi masuk spontan bila selesai mengejan. Stadium tiga bila daging yang keluar dari lubang anus cukup besar dan untuk memasukkan kembali harus didorang masuk dengan jari tangan. Stadium empat bila daging yang keluar dari lubang anus tidak dapat dimasukkan lagi kedalam lubang anus karena terjepit oleh otot spincter ani yang kontraksi.

Apa saja penyebab wasir?
Mengejan, genetik, kurang konsumsi sayur dan buah, kehamilan, menunda buang air besar, konstipasi (sembelit), diare kronis, angkat beban terlalu berat, terlalu lama duduk atau berdiri, usia lanjut

Mengapa mengejan memicu wasir?
Waktu mengejan menyebabkan peningkatan tekanan dalam rongga perut dan tekanan dalam vena di daeah anus-rectal sehingga lebih banyak darah ke daerah tersebut dan mengakibatkan vena lebih lebar dan menonjol sehingga akan memicu terjadinya wasir

Mengapa faktor genetic?
Adanya kelemahan dinding vena di daerah anus-rektum yang di dapat sejak lahir akan memudahkan terjadinya wasir setelah mendapat provokasi tambahan seperti mengejan terlalu kuat atau terlalu lama, konstipasi dst.

Mengapa kurang sayur dan buah memicu terjadinya wasir?
Sayur dan buah banyak mengandung serat untuk membentuk feces menjadi lebih besar, lunak dan lebih basah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Minum banyak air akan menyebabkan feces lebih lunak lagi.

Mengapa kehamilan menyebabkan wasir?
Beratnya kandungan berisi bayi akan menekan vena di daerah anus-rektum untuk waktu yang panjang selama kehamilan hingga melahirkan. Hal ini akan menyebabkan vena di anus-rektum membengkak dan menonjol menjadi wasir. Konstipasi sering terjadi pada kehamilan. Hal ini akan memperparah kondisi wasir yang ada.

Mengapa menunda buang air besar memicu wasir?
Menunda buang air besar sering menakibatkan hilangnya keinginan mendesak untuk ke toilet. Bila hal ini berlangsung berhari hari maka feces yang tersimpan di rectum akan semakin keras dan kering sehingga untuk mengeluarkan harus mengejan kuat.

Mengapa diare kronis menyebabkan wasir?
Feces yang lembek bercampur air yang menyemprot kuat keluar dari lubang anus akan memicu timbulnya Wasir.

Mengapa konstipasi memicu wasir?
Konstipasi menyebabkan seseorang harus mengejan kuat dan lama waktu buang air besar.
Mengapa mengangkat barang terlalu berat menyebabkan wasir? Karena menagkat terlalu berat mempunyai efek seperti mengejan kuat

Mengapa duduk atau terlalu lama menyebabkan wasir?
Karena dalam posisi tersebut darah lebih banyak terkumpul pada vena di daerah anus-rektum. Darah akan mengalir lancar bila ada pergerakan badan.

Mengapa usia lanjut mudah terserang wasir?
Karena orang tua sering konstipasi dan terjadinya kelemahan struktur tubuh termasuk vena di daerah anus-rektum.

Apakah wasir berbahaya?
Pada stadium dini, hanya akan mengganggu kualitas hidup. Adanya tonjolan atau darah waktu buang air besar menimbulkan perasaan takut pada penderita. Menjadi sangat mengganggu bila timbul rasa nyeri setelah buang air besar. Adanya perdarahan yang lama akan menyebabkan anemia (muka makin putih, bibir pucat,letih lesu loyo sepanjang hari, pusing dan rasa terjatuh bila berjalan). Hal ini menyebabkan menurunnya semangat dan prestasi kerja.

Bagaimana mendiagnosa wasir?
Pergi ke dokter untuk pemeriksaan-dalam dan anuscopi (pemeriksaan dengan alat khusus untuk melihat anus)

Apa dan bagaimana cara pemeriksaan-dalam untuk wasir?
Posisi pasien tidur terlentang atau miring. Dokter dengan sarung tangan karet yang sudah diolesi dengan jelly pelumas, memeriksa kondisi sekitar anus dan didalam saluran anus-rektum untuk mencari adanya benjolan, luka atau pusat nyeri.

Apa dan bagaimana pemeriksaan Anuscopi?
Merupakan kelanjutan dari pemeriksaan-dalam, dengan alat Anuscope yang berbentuk corong kecil yang sudah dilapisi jelly pelumas dimasukkan kedalam lubang anus untuk melihat secara langsung kondisi didalam saluran anus-rectum.. Dapat dilihat lokasi, besar, bentuk dan jumlah Wasir.Pemeriksaan ini adalah untuk membedakan dengan penyakit lain seperti fissure ani, fistel, polip, abces, kanker ani yang gejala nya mirip wasir. Pemeriksaan ini tidak menimbulkan rasa nyeri.



Apakah ada pengobatan wasir tanpa operasi yang diakui secara medis?
Ada, salah satunya adalah Homorroidolysis atau Galvanic Therapy.

Apa dan bagaimana caranya?
Dalam posisi tidur miring, ujung alat ini dimasukkan melalui Anuscope yang sudah terpasang pada pasien untuk ditempelkan pada pangkal Wasir-dalam dialirkan arus baterei ber kekuatan (power) 12 sampai 16 mAmpere. Terapi ini hanya berlangsung 12 – 15 menit saja tanpa rasa nyeri. Dalam waktu 3 hari Wasir akan lysis (mengecil) 30 -40%. Pada hari keempat sampai tujuh hari terapyi dapat dilanjutkan lagi. Setelah 3 -4 kunjungan sebuah wasir akan sembuh total


Apakah ada rasa nyeri selama dan sesudah terapi?

Tidaj ada rasa nyeri. Kadang kadang sekali timbul sedikit rasa mules atau ingin kencing yang akan hilang bila posisi alat dirubah atau power dikurangi. Setelah terapi sensasi tersebut tidak ada lagi.

Apakah kelebihan cara ini dibandingkan operasi?
Tidak perlu mondok/ nginap, pasien boleh pulang dan ber aktivitas biasa, buang air besar seperti biasa. Tidak nyeri selama dan sesudah terapi, biaya lebih murah dibandingkan operasi. Sangat dianjurkan bagi penderita wasir yang ingin berobat dengan metode ini untuk sedini mungkindi terapi. Makin kecil wasir, makin cepat sembuh. Berobat waktu wasir tidak kambuh akan lebi cepat sembuh.

Apakah cara ini diakui dunia kedokteran?
Ya, cara ini termasuk tindakan medik yang hanya boleh dilakukan oleh seorang dokter.

Apakah sudah banyak pasien yang tertolong?
Cara ini sudah dikembangkan di Amerika sejak lama dan sudah ribuan pasien disembuhkan.

Apakah metode ini ada di Indonesia?
Sudah ada sejak beberapa tahun lalu (Informasi telfon ke 0816 4333 501 atau 548 4459 setiap harikerja 9.00 – 15.00)

Bila ada benjolan di keluar dari lubang anus dan nyeri sekali. Mulanya terjadi karena waktu buang air besar sulit sehingga harus mengejan dengan kuat. Apakah itu wasir? Ya kemungkinan besar itu wasir yang teriritasi dan meradang dan terjepit sehingga tidak dapat masuk lagi. Pada kondisi seperti ini pengobatan pertama adalah di lakukan laser terapi untuk mengempiskan dan menghilangkan nyeri agar wasir bisa masuk lagi kedalam anus. Setelah itu dilanjutkan pengobatan dengan alat Ultroid . Hasilnya sangat memuaskan. Semuanya dilakukan tanpa operasi dan tanpa menggunakan pisau..

Bagaimana mencegah Wasir agar tidak makin parah?
Konsumsi makanan berserat banyak seperti sayur mentah (lalapan) dan buah segar, minum air lebih banyak minimal 12 gelas air per hari, merubah kebiasaan buruk di toilet dan sering gerak badan.

Apakah ada makanan yang dipantang?
Jangan makan pedas, Hindari durian, lengkeng, nangka masak dan buah lainnya yang bila di konsumsi menimbulkan reaksi rasa panas di badan. Stop semua minuman dan makanan beralkohol. Semua makanan dan minuman tersebut menyebabkan iritasi pada saluran cerna termasuk anus-rektum

Mengapa konsumsi daging dan protein berlebihan tapi rendah serat memicu Wasir?
Karena feces akan menjadi kecil, kering dan keras sehingga sulit dikeluarkan.

Apa saja kebiasaan buruk di toilet yang dilarang?
Jangan terlalu lama di toilet, jangan membawa rokok atau bahan bacaan di toilet. Jangan mengejan terlalu kuat, tapi pelan pelan. Bila gagal tunggu sebentar dan ulangi mengejan lagi.Waktu ideal di toilet 3 – 5 menit.

Mengapa gerak badan bagus mencegah Wasir?
Gerak badan membuat haus dan minum air lebih banyak. Juga akan memperlancar aliran darah dan memperbaiki proses metabolisme dan sistim pencernakan.Pada usia lanjut sering terjadi kelemahan otot spinchter ani sehingga menyulitkan buang air besar. Dalam keadaan ini tidak dianjurkan penggunaan pencahar. Tetapi sangat dianjrkan melakukan ‘Buttock press exercises” yaitu kencangkan otot bokong selama beberapa detik dan kendorkan. Ulangi berpuluh kali setiap hari. Hal ini akan menolong memperkuat otot yang lemah.

Bagaimana menurangi keluhan Wasir?
Sitz bath, kompres, gunakan pelunak feces dan pelumas, memakai cream atau supositoria Wasir

Bagaimana cara melakukan Sitz bath?
Rendam wasir sampai sebagian bokong dengan air hangat-panas dalam baskom besar selama 15 menit untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Jangan tambahkan sabun, garam, minyak atau apapun karena dapat meng iritasi Wasir. Lakukan minimal pada pagi dan sore hari.

Kapan dilakukan kompres?
Pada kehamilan bulan terakhir tidak dianjurkan Sitz bath karena air dapat merembas ke vagina. Sebagai gantinya dapat digunakan kompres dingin atau panas

Bagaimana cara memakai pelumas?
Jari tangan kelingking dilumasi dengn pelumas (K Y Jelly), oleskan pad lubang anus dan bagian dalam dinding saluran pembuangan. Segara cuci tangan anda dengan sabun sehingga bersih.. Pelumas digunakan agar memperlancar kuluarnya feces.

Apa fungsi cream dan suppositoria untuk Wasir?
Cream dan suppositoria Wasir juga berfungsi sebagai pelumas, anti nyeri local dan anti radang, Obat ini dipakai untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Dapat dibeli di apotik.

Kapan penderita Wasir harus ke dokter?
Bila beberapa hari pengobatan sendiri penyakitnya tidak mereda.

Dimana tempat untuk mengetahi lebih lanjut tentang pengobatan Wasir tanpa operasi?
Penjelasan lebih lengkap dapat diberikan oleh Dr Oetomo di (021) 548 4459 atau 0816 4333 501 setiap jam kerja di Jalan Kemanggisan Utama Raya no F11, Slipi, Jakarta Barat

Catatan

Wasir mempunyai nama lain ambeien, ambeiyen, hemoroid, hemorrhoid

Wasir harus dibedakan dengan kanker anus, polip anus, bisul anus, pembengkakan anus, nyeri anus, penyempitan anus, fistel atau fistula anus.

Pengobatan Ultroid adalah pengobatan alternatf medik non medah, disamping pengikatan atau ligasi wasir, suntik wasir, infrared.

Pengobatan wasir sering dianjurkan dengan operasi atau bedah baik dengan pisau atau sinar laser.

Informasi tambahan :

Apakah Anda mau penghasilan tambahan… sambil belajar bhs Inggris secara Online..

Silahkan bergabung ==> http://jpfhx.cjb.net

Perusahaan berbadan hukum - legalitas terjamin..!
Produk jelas ada & bisa dimanfaatkan untuk keluarga

Proses pendaftaran gratis..!
Boleh mendaftar lebih dahulu sekalian mendapat kiriman paketnya gratis... yang penting alamat penerima jelas & lengkap..!

Silahkan hubungi Sms Center di Web tersebut untuk info & konfirmasi.

Silahkan bergabung ==> http://jpfhx.cjb.net

Dijamin Anda pasti bisa..!!


Terimakasih… Sukses selalu.
 
Re: Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Bersama Dr. Oetomo Hadisoedarmo Sembuhkan wasir tanpa operasi
September 27, 2007 pada 11:48 am (WASIR)
Pengobatan wasir
Oleh Dr Oetomo

Apa itu wasir?
Adalah tonjolan di daerah lubang anus/ dubur yang makin menonjol keluar atau makin membesar pada waktu mengejan (buang air besar). Tonjolan ini adalah pelebaran vena setempat. Pada keadaan iritasi atau meradang tonjolan makin membengkak, timbul rasa nyeri, mudah berdarah, sering menjadi gatal atau timbul sensasi panas terbakar pada daerah tersebut.

Apa gejala wasir-luar?
Adanya tonjolan daging yang pangkalnya dari pinggit atau sekitar lubang anus. Suatu saat tonjolan ini akan membesar dan membengkak serta nyeri. Kadang akan mengeras karena darah di wasir menggumpal. Daerah ini sensitif terhadap nyeri karena banyak mengandung syaraf. Dalam kondisi seperti ini, bila duduk maka wasir akan terjepit bokong sehingga makin nyeri. Duduk harus posisi miring. Sangat tidak nyaman dan mengganggu kualitas hidup. Cepatlah ke dokter untuk diberikan pengobatan.

Apa gejala wasir-dalam?
Pada stadium awal (stadium satu) tonjolan daging masih di dalam saluran anus-rectum tanpa rasa nyeri. Tetapi sering timbul rasa tidak nyaman, rasa panas di dalam anus atau di pinggul belakang. Feces yang keras dapat merobek dinding Wasir sehingga berdarah (berak darah/ darah segar menetes).

Bila tidak diobati, wasir akan semakin membesar dan akan keluar dari lubang anus setiap mengejan /berak/ buang air besar. (stadium dua atau tiga)

Kadang terjadi spasme otot sphincter ani yang akan menjepit gumpalan wasir yang keluar sehingga tidak dapat masuk lagi walaupun didorong dengan jari tangan (stadium empat) . Kondisi ini akan menyebabkan nyeri hebat dan harus segera ditangani oleh dokter.

Bagaimana pembagian stadium “wasir-dalam”?

Stadium satu tanpa keluhan atau bila berak keras sering disertai darah segar tanpa terasa nyeri. Stadium dua bila waktu buang air besar keluar daging dari dalam anus tetapi masuk spontan bila selesai mengejan. Stadium tiga bila daging yang keluar dari lubang anus cukup besar dan untuk memasukkan kembali harus didorang masuk dengan jari tangan. Stadium empat bila daging yang keluar dari lubang anus tidak dapat dimasukkan lagi kedalam lubang anus karena terjepit oleh otot spincter ani yang kontraksi.

Apa saja penyebab wasir?
Mengejan, genetik, kurang konsumsi sayur dan buah, kehamilan, menunda buang air besar, konstipasi (sembelit), diare kronis, angkat beban terlalu berat, terlalu lama duduk atau berdiri, usia lanjut

Mengapa mengejan memicu wasir?
Waktu mengejan menyebabkan peningkatan tekanan dalam rongga perut dan tekanan dalam vena di daeah anus-rectal sehingga lebih banyak darah ke daerah tersebut dan mengakibatkan vena lebih lebar dan menonjol sehingga akan memicu terjadinya wasir

Mengapa faktor genetic?
Adanya kelemahan dinding vena di daerah anus-rektum yang di dapat sejak lahir akan memudahkan terjadinya wasir setelah mendapat provokasi tambahan seperti mengejan terlalu kuat atau terlalu lama, konstipasi dst.

Mengapa kurang sayur dan buah memicu terjadinya wasir?
Sayur dan buah banyak mengandung serat untuk membentuk feces menjadi lebih besar, lunak dan lebih basah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Minum banyak air akan menyebabkan feces lebih lunak lagi.

Mengapa kehamilan menyebabkan wasir?
Beratnya kandungan berisi bayi akan menekan vena di daerah anus-rektum untuk waktu yang panjang selama kehamilan hingga melahirkan. Hal ini akan menyebabkan vena di anus-rektum membengkak dan menonjol menjadi wasir. Konstipasi sering terjadi pada kehamilan. Hal ini akan memperparah kondisi wasir yang ada.

Mengapa menunda buang air besar memicu wasir?
Menunda buang air besar sering menakibatkan hilangnya keinginan mendesak untuk ke toilet. Bila hal ini berlangsung berhari hari maka feces yang tersimpan di rectum akan semakin keras dan kering sehingga untuk mengeluarkan harus mengejan kuat.

Mengapa diare kronis menyebabkan wasir?
Feces yang lembek bercampur air yang menyemprot kuat keluar dari lubang anus akan memicu timbulnya Wasir.

Mengapa konstipasi memicu wasir?
Konstipasi menyebabkan seseorang harus mengejan kuat dan lama waktu buang air besar.
Mengapa mengangkat barang terlalu berat menyebabkan wasir? Karena menagkat terlalu berat mempunyai efek seperti mengejan kuat

Mengapa duduk atau terlalu lama menyebabkan wasir?
Karena dalam posisi tersebut darah lebih banyak terkumpul pada vena di daerah anus-rektum. Darah akan mengalir lancar bila ada pergerakan badan.

Mengapa usia lanjut mudah terserang wasir?
Karena orang tua sering konstipasi dan terjadinya kelemahan struktur tubuh termasuk vena di daerah anus-rektum.

Apakah wasir berbahaya?
Pada stadium dini, hanya akan mengganggu kualitas hidup. Adanya tonjolan atau darah waktu buang air besar menimbulkan perasaan takut pada penderita. Menjadi sangat mengganggu bila timbul rasa nyeri setelah buang air besar. Adanya perdarahan yang lama akan menyebabkan anemia (muka makin putih, bibir pucat,letih lesu loyo sepanjang hari, pusing dan rasa terjatuh bila berjalan). Hal ini menyebabkan menurunnya semangat dan prestasi kerja.

Bagaimana mendiagnosa wasir?
Pergi ke dokter untuk pemeriksaan-dalam dan anuscopi (pemeriksaan dengan alat khusus untuk melihat anus)

Apa dan bagaimana cara pemeriksaan-dalam untuk wasir?
Posisi pasien tidur terlentang atau miring. Dokter dengan sarung tangan karet yang sudah diolesi dengan jelly pelumas, memeriksa kondisi sekitar anus dan didalam saluran anus-rektum untuk mencari adanya benjolan, luka atau pusat nyeri.

Apa dan bagaimana pemeriksaan Anuscopi?
Merupakan kelanjutan dari pemeriksaan-dalam, dengan alat Anuscope yang berbentuk corong kecil yang sudah dilapisi jelly pelumas dimasukkan kedalam lubang anus untuk melihat secara langsung kondisi didalam saluran anus-rectum.. Dapat dilihat lokasi, besar, bentuk dan jumlah Wasir.Pemeriksaan ini adalah untuk membedakan dengan penyakit lain seperti fissure ani, fistel, polip, abces, kanker ani yang gejala nya mirip wasir. Pemeriksaan ini tidak menimbulkan rasa nyeri.



Apakah ada pengobatan wasir tanpa operasi yang diakui secara medis?
Ada, salah satunya adalah Homorroidolysis atau Galvanic Therapy.

Apa dan bagaimana caranya?
Dalam posisi tidur miring, ujung alat ini dimasukkan melalui Anuscope yang sudah terpasang pada pasien untuk ditempelkan pada pangkal Wasir-dalam dialirkan arus baterei ber kekuatan (power) 12 sampai 16 mAmpere. Terapi ini hanya berlangsung 12 – 15 menit saja tanpa rasa nyeri. Dalam waktu 3 hari Wasir akan lysis (mengecil) 30 -40%. Pada hari keempat sampai tujuh hari terapyi dapat dilanjutkan lagi. Setelah 3 -4 kunjungan sebuah wasir akan sembuh total


Apakah ada rasa nyeri selama dan sesudah terapi?

Tidaj ada rasa nyeri. Kadang kadang sekali timbul sedikit rasa mules atau ingin kencing yang akan hilang bila posisi alat dirubah atau power dikurangi. Setelah terapi sensasi tersebut tidak ada lagi.

Apakah kelebihan cara ini dibandingkan operasi?
Tidak perlu mondok/ nginap, pasien boleh pulang dan ber aktivitas biasa, buang air besar seperti biasa. Tidak nyeri selama dan sesudah terapi, biaya lebih murah dibandingkan operasi. Sangat dianjurkan bagi penderita wasir yang ingin berobat dengan metode ini untuk sedini mungkindi terapi. Makin kecil wasir, makin cepat sembuh. Berobat waktu wasir tidak kambuh akan lebi cepat sembuh.

Apakah cara ini diakui dunia kedokteran?
Ya, cara ini termasuk tindakan medik yang hanya boleh dilakukan oleh seorang dokter.

Apakah sudah banyak pasien yang tertolong?
Cara ini sudah dikembangkan di Amerika sejak lama dan sudah ribuan pasien disembuhkan.

Apakah metode ini ada di Indonesia?
Sudah ada sejak beberapa tahun lalu (Informasi telfon ke 0816 4333 501 atau 548 4459 setiap harikerja 9.00 – 15.00)

Bila ada benjolan di keluar dari lubang anus dan nyeri sekali. Mulanya terjadi karena waktu buang air besar sulit sehingga harus mengejan dengan kuat. Apakah itu wasir? Ya kemungkinan besar itu wasir yang teriritasi dan meradang dan terjepit sehingga tidak dapat masuk lagi. Pada kondisi seperti ini pengobatan pertama adalah di lakukan laser terapi untuk mengempiskan dan menghilangkan nyeri agar wasir bisa masuk lagi kedalam anus. Setelah itu dilanjutkan pengobatan dengan alat Ultroid . Hasilnya sangat memuaskan. Semuanya dilakukan tanpa operasi dan tanpa menggunakan pisau..

Bagaimana mencegah Wasir agar tidak makin parah?
Konsumsi makanan berserat banyak seperti sayur mentah (lalapan) dan buah segar, minum air lebih banyak minimal 12 gelas air per hari, merubah kebiasaan buruk di toilet dan sering gerak badan.

Apakah ada makanan yang dipantang?
Jangan makan pedas, Hindari durian, lengkeng, nangka masak dan buah lainnya yang bila di konsumsi menimbulkan reaksi rasa panas di badan. Stop semua minuman dan makanan beralkohol. Semua makanan dan minuman tersebut menyebabkan iritasi pada saluran cerna termasuk anus-rektum

Mengapa konsumsi daging dan protein berlebihan tapi rendah serat memicu Wasir?
Karena feces akan menjadi kecil, kering dan keras sehingga sulit dikeluarkan.

Apa saja kebiasaan buruk di toilet yang dilarang?
Jangan terlalu lama di toilet, jangan membawa rokok atau bahan bacaan di toilet. Jangan mengejan terlalu kuat, tapi pelan pelan. Bila gagal tunggu sebentar dan ulangi mengejan lagi.Waktu ideal di toilet 3 – 5 menit.

Mengapa gerak badan bagus mencegah Wasir?
Gerak badan membuat haus dan minum air lebih banyak. Juga akan memperlancar aliran darah dan memperbaiki proses metabolisme dan sistim pencernakan.Pada usia lanjut sering terjadi kelemahan otot spinchter ani sehingga menyulitkan buang air besar. Dalam keadaan ini tidak dianjurkan penggunaan pencahar. Tetapi sangat dianjrkan melakukan ‘Buttock press exercises” yaitu kencangkan otot bokong selama beberapa detik dan kendorkan. Ulangi berpuluh kali setiap hari. Hal ini akan menolong memperkuat otot yang lemah.

Bagaimana menurangi keluhan Wasir?
Sitz bath, kompres, gunakan pelunak feces dan pelumas, memakai cream atau supositoria Wasir

Bagaimana cara melakukan Sitz bath?
Rendam wasir sampai sebagian bokong dengan air hangat-panas dalam baskom besar selama 15 menit untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Jangan tambahkan sabun, garam, minyak atau apapun karena dapat meng iritasi Wasir. Lakukan minimal pada pagi dan sore hari.

Kapan dilakukan kompres?
Pada kehamilan bulan terakhir tidak dianjurkan Sitz bath karena air dapat merembas ke vagina. Sebagai gantinya dapat digunakan kompres dingin atau panas

Bagaimana cara memakai pelumas?
Jari tangan kelingking dilumasi dengn pelumas (K Y Jelly), oleskan pad lubang anus dan bagian dalam dinding saluran pembuangan. Segara cuci tangan anda dengan sabun sehingga bersih.. Pelumas digunakan agar memperlancar kuluarnya feces.

Apa fungsi cream dan suppositoria untuk Wasir?
Cream dan suppositoria Wasir juga berfungsi sebagai pelumas, anti nyeri local dan anti radang, Obat ini dipakai untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Dapat dibeli di apotik.

Kapan penderita Wasir harus ke dokter?
Bila beberapa hari pengobatan sendiri penyakitnya tidak mereda.

Dimana tempat untuk mengetahi lebih lanjut tentang pengobatan Wasir tanpa operasi?
Penjelasan lebih lengkap dapat diberikan oleh Dr Oetomo di (021) 548 4459 atau 0816 4333 501 setiap jam kerja di Jalan Kemanggisan Utama Raya no F11, Slipi, Jakarta Barat

Catatan

Wasir mempunyai nama lain ambeien, ambeiyen, hemoroid, hemorrhoid

Wasir harus dibedakan dengan kanker anus, polip anus, bisul anus, pembengkakan anus, nyeri anus, penyempitan anus, fistel atau fistula anus.

Pengobatan Ultroid adalah pengobatan alternatf medik non medah, disamping pengikatan atau ligasi wasir, suntik wasir, infrared.

Pengobatan wasir sering dianjurkan dengan operasi atau bedah baik dengan pisau atau sinar laser.




Informasi tambahan :

Apakah Anda bermninat belajar bahasa Inggris, tapi kurang waktu karena kesibukan..

Apakah Anda mau penghasilan tambahan… sambil belajar bhs Inggris secara Online..

Silahkan bergabung ==> http://jpfhx.cjb.net

Perusahaan berbadan hukum - legalitas terjamin..!
Produk jelas ada & bisa dimanfaatkan untuk keluarga

Proses pendaftaran gratis..!
Boleh mendaftar lebih dahulu sekalian mendapat kiriman paketnya gratis... yang penting alamat penerima jelas & lengkap..!

Silahkan hubungi Sms Center di Web tersebut untuk info & konfirmasi.

Silahkan bergabung ==> http://jpfhx.cjb.net

Dijamin Anda pasti bisa..!!


Terimakasih… Sukses selalu.
 
Re: Bls: Gejala Wasir dan pengobatannya

Bersama Dr. Oetomo Hadisoedarmo Sembuhkan wasir tanpa operasi
September 27, 2007 pada 11:48 am (WASIR)

Pengobatan wasir
Oleh Dr Oetomo

Apa itu wasir?
Adalah tonjolan di daerah lubang anus/ dubur yang makin menonjol keluar atau makin membesar pada waktu mengejan (buang air besar). Tonjolan ini adalah pelebaran vena setempat. Pada keadaan iritasi atau meradang tonjolan makin membengkak, timbul rasa nyeri, mudah berdarah, sering menjadi gatal atau timbul sensasi panas terbakar pada daerah tersebut.

Apa gejala wasir-luar?
Adanya tonjolan daging yang pangkalnya dari pinggit atau sekitar lubang anus. Suatu saat tonjolan ini akan membesar dan membengkak serta nyeri. Kadang akan mengeras karena darah di wasir menggumpal. Daerah ini sensitif terhadap nyeri karena banyak mengandung syaraf. Dalam kondisi seperti ini, bila duduk maka wasir akan terjepit bokong sehingga makin nyeri. Duduk harus posisi miring. Sangat tidak nyaman dan mengganggu kualitas hidup. Cepatlah ke dokter untuk diberikan pengobatan.

Apa gejala wasir-dalam?
Pada stadium awal (stadium satu) tonjolan daging masih di dalam saluran anus-rectum tanpa rasa nyeri. Tetapi sering timbul rasa tidak nyaman, rasa panas di dalam anus atau di pinggul belakang. Feces yang keras dapat merobek dinding Wasir sehingga berdarah (berak darah/ darah segar menetes).

Bila tidak diobati, wasir akan semakin membesar dan akan keluar dari lubang anus setiap mengejan /berak/ buang air besar. (stadium dua atau tiga)

Kadang terjadi spasme otot sphincter ani yang akan menjepit gumpalan wasir yang keluar sehingga tidak dapat masuk lagi walaupun didorong dengan jari tangan (stadium empat) . Kondisi ini akan menyebabkan nyeri hebat dan harus segera ditangani oleh dokter.

Bagaimana pembagian stadium “wasir-dalam”?

Stadium satu tanpa keluhan atau bila berak keras sering disertai darah segar tanpa terasa nyeri. Stadium dua bila waktu buang air besar keluar daging dari dalam anus tetapi masuk spontan bila selesai mengejan. Stadium tiga bila daging yang keluar dari lubang anus cukup besar dan untuk memasukkan kembali harus didorang masuk dengan jari tangan. Stadium empat bila daging yang keluar dari lubang anus tidak dapat dimasukkan lagi kedalam lubang anus karena terjepit oleh otot spincter ani yang kontraksi.

Apa saja penyebab wasir?
Mengejan, genetik, kurang konsumsi sayur dan buah, kehamilan, menunda buang air besar, konstipasi (sembelit), diare kronis, angkat beban terlalu berat, terlalu lama duduk atau berdiri, usia lanjut

Mengapa mengejan memicu wasir?
Waktu mengejan menyebabkan peningkatan tekanan dalam rongga perut dan tekanan dalam vena di daeah anus-rectal sehingga lebih banyak darah ke daerah tersebut dan mengakibatkan vena lebih lebar dan menonjol sehingga akan memicu terjadinya wasir

Mengapa faktor genetic?
Adanya kelemahan dinding vena di daerah anus-rektum yang di dapat sejak lahir akan memudahkan terjadinya wasir setelah mendapat provokasi tambahan seperti mengejan terlalu kuat atau terlalu lama, konstipasi dst.

Mengapa kurang sayur dan buah memicu terjadinya wasir?
Sayur dan buah banyak mengandung serat untuk membentuk feces menjadi lebih besar, lunak dan lebih basah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Minum banyak air akan menyebabkan feces lebih lunak lagi.

Mengapa kehamilan menyebabkan wasir?
Beratnya kandungan berisi bayi akan menekan vena di daerah anus-rektum untuk waktu yang panjang selama kehamilan hingga melahirkan. Hal ini akan menyebabkan vena di anus-rektum membengkak dan menonjol menjadi wasir. Konstipasi sering terjadi pada kehamilan. Hal ini akan memperparah kondisi wasir yang ada.

Mengapa menunda buang air besar memicu wasir?
Menunda buang air besar sering menakibatkan hilangnya keinginan mendesak untuk ke toilet. Bila hal ini berlangsung berhari hari maka feces yang tersimpan di rectum akan semakin keras dan kering sehingga untuk mengeluarkan harus mengejan kuat.

Mengapa diare kronis menyebabkan wasir?
Feces yang lembek bercampur air yang menyemprot kuat keluar dari lubang anus akan memicu timbulnya Wasir.

Mengapa konstipasi memicu wasir?
Konstipasi menyebabkan seseorang harus mengejan kuat dan lama waktu buang air besar.
Mengapa mengangkat barang terlalu berat menyebabkan wasir? Karena menagkat terlalu berat mempunyai efek seperti mengejan kuat

Mengapa duduk atau terlalu lama menyebabkan wasir?
Karena dalam posisi tersebut darah lebih banyak terkumpul pada vena di daerah anus-rektum. Darah akan mengalir lancar bila ada pergerakan badan.

Mengapa usia lanjut mudah terserang wasir?
Karena orang tua sering konstipasi dan terjadinya kelemahan struktur tubuh termasuk vena di daerah anus-rektum.

Apakah wasir berbahaya?
Pada stadium dini, hanya akan mengganggu kualitas hidup. Adanya tonjolan atau darah waktu buang air besar menimbulkan perasaan takut pada penderita. Menjadi sangat mengganggu bila timbul rasa nyeri setelah buang air besar. Adanya perdarahan yang lama akan menyebabkan anemia (muka makin putih, bibir pucat,letih lesu loyo sepanjang hari, pusing dan rasa terjatuh bila berjalan). Hal ini menyebabkan menurunnya semangat dan prestasi kerja.

Bagaimana mendiagnosa wasir?
Pergi ke dokter untuk pemeriksaan-dalam dan anuscopi (pemeriksaan dengan alat khusus untuk melihat anus)

Apa dan bagaimana cara pemeriksaan-dalam untuk wasir?
Posisi pasien tidur terlentang atau miring. Dokter dengan sarung tangan karet yang sudah diolesi dengan jelly pelumas, memeriksa kondisi sekitar anus dan didalam saluran anus-rektum untuk mencari adanya benjolan, luka atau pusat nyeri.

Apa dan bagaimana pemeriksaan Anuscopi?
Merupakan kelanjutan dari pemeriksaan-dalam, dengan alat Anuscope yang berbentuk corong kecil yang sudah dilapisi jelly pelumas dimasukkan kedalam lubang anus untuk melihat secara langsung kondisi didalam saluran anus-rectum.. Dapat dilihat lokasi, besar, bentuk dan jumlah Wasir.Pemeriksaan ini adalah untuk membedakan dengan penyakit lain seperti fissure ani, fistel, polip, abces, kanker ani yang gejala nya mirip wasir. Pemeriksaan ini tidak menimbulkan rasa nyeri.



Apakah ada pengobatan wasir tanpa operasi yang diakui secara medis?
Ada, salah satunya adalah Homorroidolysis atau Galvanic Therapy.

Apa dan bagaimana caranya?
Dalam posisi tidur miring, ujung alat ini dimasukkan melalui Anuscope yang sudah terpasang pada pasien untuk ditempelkan pada pangkal Wasir-dalam dialirkan arus baterei ber kekuatan (power) 12 sampai 16 mAmpere. Terapi ini hanya berlangsung 12 – 15 menit saja tanpa rasa nyeri. Dalam waktu 3 hari Wasir akan lysis (mengecil) 30 -40%. Pada hari keempat sampai tujuh hari terapyi dapat dilanjutkan lagi. Setelah 3 -4 kunjungan sebuah wasir akan sembuh total


Apakah ada rasa nyeri selama dan sesudah terapi?

Tidaj ada rasa nyeri. Kadang kadang sekali timbul sedikit rasa mules atau ingin kencing yang akan hilang bila posisi alat dirubah atau power dikurangi. Setelah terapi sensasi tersebut tidak ada lagi.

Apakah kelebihan cara ini dibandingkan operasi?
Tidak perlu mondok/ nginap, pasien boleh pulang dan ber aktivitas biasa, buang air besar seperti biasa. Tidak nyeri selama dan sesudah terapi, biaya lebih murah dibandingkan operasi. Sangat dianjurkan bagi penderita wasir yang ingin berobat dengan metode ini untuk sedini mungkindi terapi. Makin kecil wasir, makin cepat sembuh. Berobat waktu wasir tidak kambuh akan lebi cepat sembuh.

Apakah cara ini diakui dunia kedokteran?
Ya, cara ini termasuk tindakan medik yang hanya boleh dilakukan oleh seorang dokter.

Apakah sudah banyak pasien yang tertolong?
Cara ini sudah dikembangkan di Amerika sejak lama dan sudah ribuan pasien disembuhkan.

Apakah metode ini ada di Indonesia?
Sudah ada sejak beberapa tahun lalu (Informasi telfon ke 0816 4333 501 atau 548 4459 setiap harikerja 9.00 – 15.00)

Bila ada benjolan di keluar dari lubang anus dan nyeri sekali. Mulanya terjadi karena waktu buang air besar sulit sehingga harus mengejan dengan kuat. Apakah itu wasir? Ya kemungkinan besar itu wasir yang teriritasi dan meradang dan terjepit sehingga tidak dapat masuk lagi. Pada kondisi seperti ini pengobatan pertama adalah di lakukan laser terapi untuk mengempiskan dan menghilangkan nyeri agar wasir bisa masuk lagi kedalam anus. Setelah itu dilanjutkan pengobatan dengan alat Ultroid . Hasilnya sangat memuaskan. Semuanya dilakukan tanpa operasi dan tanpa menggunakan pisau..

Bagaimana mencegah Wasir agar tidak makin parah?
Konsumsi makanan berserat banyak seperti sayur mentah (lalapan) dan buah segar, minum air lebih banyak minimal 12 gelas air per hari, merubah kebiasaan buruk di toilet dan sering gerak badan.

Apakah ada makanan yang dipantang?
Jangan makan pedas, Hindari durian, lengkeng, nangka masak dan buah lainnya yang bila di konsumsi menimbulkan reaksi rasa panas di badan. Stop semua minuman dan makanan beralkohol. Semua makanan dan minuman tersebut menyebabkan iritasi pada saluran cerna termasuk anus-rektum

Mengapa konsumsi daging dan protein berlebihan tapi rendah serat memicu Wasir?
Karena feces akan menjadi kecil, kering dan keras sehingga sulit dikeluarkan.

Apa saja kebiasaan buruk di toilet yang dilarang?
Jangan terlalu lama di toilet, jangan membawa rokok atau bahan bacaan di toilet. Jangan mengejan terlalu kuat, tapi pelan pelan. Bila gagal tunggu sebentar dan ulangi mengejan lagi.Waktu ideal di toilet 3 – 5 menit.

Mengapa gerak badan bagus mencegah Wasir?
Gerak badan membuat haus dan minum air lebih banyak. Juga akan memperlancar aliran darah dan memperbaiki proses metabolisme dan sistim pencernakan.Pada usia lanjut sering terjadi kelemahan otot spinchter ani sehingga menyulitkan buang air besar. Dalam keadaan ini tidak dianjurkan penggunaan pencahar. Tetapi sangat dianjrkan melakukan ‘Buttock press exercises” yaitu kencangkan otot bokong selama beberapa detik dan kendorkan. Ulangi berpuluh kali setiap hari. Hal ini akan menolong memperkuat otot yang lemah.

Bagaimana menurangi keluhan Wasir?
Sitz bath, kompres, gunakan pelunak feces dan pelumas, memakai cream atau supositoria Wasir

Bagaimana cara melakukan Sitz bath?
Rendam wasir sampai sebagian bokong dengan air hangat-panas dalam baskom besar selama 15 menit untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Jangan tambahkan sabun, garam, minyak atau apapun karena dapat meng iritasi Wasir. Lakukan minimal pada pagi dan sore hari.

Kapan dilakukan kompres?
Pada kehamilan bulan terakhir tidak dianjurkan Sitz bath karena air dapat merembas ke vagina. Sebagai gantinya dapat digunakan kompres dingin atau panas

Bagaimana cara memakai pelumas?
Jari tangan kelingking dilumasi dengn pelumas (K Y Jelly), oleskan pad lubang anus dan bagian dalam dinding saluran pembuangan. Segara cuci tangan anda dengan sabun sehingga bersih.. Pelumas digunakan agar memperlancar kuluarnya feces.

Apa fungsi cream dan suppositoria untuk Wasir?
Cream dan suppositoria Wasir juga berfungsi sebagai pelumas, anti nyeri local dan anti radang, Obat ini dipakai untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Dapat dibeli di apotik.

Kapan penderita Wasir harus ke dokter?
Bila beberapa hari pengobatan sendiri penyakitnya tidak mereda.

Dimana tempat untuk mengetahi lebih lanjut tentang pengobatan Wasir tanpa operasi?
Penjelasan lebih lengkap dapat diberikan oleh Dr Oetomo di (021) 548 4459 atau 0816 4333 501 setiap jam kerja di Jalan Kemanggisan Utama Raya no F11, Slipi, Jakarta Barat

Catatan

Wasir mempunyai nama lain ambeien, ambeiyen, hemoroid, hemorrhoid

Wasir harus dibedakan dengan kanker anus, polip anus, bisul anus, pembengkakan anus, nyeri anus, penyempitan anus, fistel atau fistula anus.

Pengobatan Ultroid adalah pengobatan alternatf medik non medah, disamping pengikatan atau ligasi wasir, suntik wasir, infrared.

Pengobatan wasir sering dianjurkan dengan operasi atau bedah baik dengan pisau atau sinar laser.






Informasi tambahan :

Apakah Anda bermninat belajar bahasa Inggris, tapi kurang waktu karena kesibukan..

Apakah Anda mau penghasilan tambahan… sambil belajar bhs Inggris secara Online..

Silahkan bergabung ==> http://jpfhx.cjb.net

Perusahaan berbadan hukum - legalitas terjamin..!
Produk jelas ada & bisa dimanfaatkan untuk keluarga

Proses pendaftaran gratis..!
Boleh mendaftar lebih dahulu sekalian mendapat kiriman paketnya gratis... yang penting alamat penerima jelas & lengkap..!

Silahkan hubungi Sms Center di Web tersebut untuk info & konfirmasi.

Silahkan bergabung ==> http://jpfhx.cjb.net

Dijamin Anda pasti bisa..!!


Terimakasih… Sukses selalu.
 
Obat Wasir Berdarah " Ambeclear De Nature Indonesia "sebagai solusi terbaik untuk mengobati penyakit wasir anda.
Obat%2BWasir%2BStadium%2B3.jpg
 
Back
Top