News: Agar Laku, Munculkan Kontrovesi Dulu

Kalina

Moderator
Sepanjang dua tahun ini, Maxima Pictures termasuk salah satu motor paling produktif perilis film horor dengan bumbu keseksian dibalut judul yang panjang dan menggoda. Ramuan itu terbukti ampuh untuk meraup penonton. Setidaknya untuk sekadar bisa balik modal. Dengan ongkos produksi rata-rata Rp 3-4 miliar, salah satu syarat agar bisa balik modal ialah meraih sedikitnya 400 ribu penonton.

Menurut Ody, jelang akhir 2009, dari 14 judul film yang dirilis, rata-rata penontonnya ada di bawah angka 200 ribu. Hanya film Get Married 2 yang sanggup melebihi angka tersebut. Sebab, ada jaminan dari Hanung Bramantyo, sang sutradara, dan beberapa pemain unggulan, seperti Nirina Zubir, serta soundtrack dari Slank.

Maka, Ody berpikir, untuk mendobrak hal itu, diperlukan terobosan baru. Salah satunya memunculkan kontroversi. "Menurut kami, kontroversi itu harus ada. Karena harus ada sesuatu yang dibicarakan. Saya sih tidak pede kalau sekadar menjual film dan datar-datar saja," jelas dia.

Saat merilis film Air Terjun Pengantin, Ody lantas "menjual" Tamara Bleszynski yang sejak awal disebut-sebut berani tampil seksi. Hasilnya sesuai dengan harapan Ody. Film tersebut meraih lebih dari satu juta penonton. Sukses selanjutnya datang lewat film dengan genre sama belum lama ini: Suster Keramas. Film itu ditonton sekitar 800 ribu orang.

Beda dengan Hantu Puncak Datang Bulan yang berakhir dengan pencekalan, beberapa film produk Maxima memang sukses melenggang di bioskop dan ditonton banyak orang. Menurut Ody, sukses tersebut diperoleh karena pihaknya tidak semata-mata menjajakan keseksian. "Kontroversi itu memang perlu, tapi bukan berarti promosi vulgar. Lagi pula, saya selalu kemas secara beda. Masing-masing ada taste-nya," yakin Ody.

Pengamat film Yan Widjaja menerangkan, film-film sejenis yang sudah tayang sebelumnya juga meraih sukses. Antara lain, Paku Kuntilanak yang menampilkan Dewi Perssik mendapatkan 1,1 juta penonton. Hantu Binal Semanggi juga terbilang lumayan, ditonton lebih dari 300 ribu orang. "Ada film Pemburu Hantu. Sama-sama horornya, tapi tidak ada adegan syurnya. Penontonnya sangat sedikit," ucap Yan memberikan pembanding.
 
Bls: News: Agar Laku, Munculkan Kontrovesi Dulu

wah 1 M ya, Tamara memang berhasil memerankan tokoh itu. Cantik, Sexy. ehm
Mike lewis gitu. :)
 
Back
Top