iPad Mulai Tuai Protes

Kalina

Moderator
115310large.jpg


Mulai Resolusi Layar hingga tanpa Kamera

AKHIR-AKHIR minggu ini, setiap orang membicarakan iPad. Perangkat baru buatan Apple Inc itu menjadi salah satu gadget yang paling diperhatikan. Menurut para pengamat, iPad dikatakan lebih mirip iPod Touch dengan skala layar yang lebih lebar.

Seperti teknologi mutakhir pada umumnya, tidak ada gadget yang sempurna. Selalu ada saja kekurangan yang muncul setelah diluncurkan ke pasaran. Begitu pula iPad. Banyak pengamat yang menyayangkan hal itu. Sebab, mereka sudah lama menunggu kehadiran perangkat tablet dari Apple tersebut. Berikut ini kelemahan iPad yang banyak dipermasalahkan orang.

Ukuran display tidak terlalu besar

Display iPad hanya 9,7 inci. iPad hanya memiliki aspek rasio 4:4 untuk memutar film. Itu berada di bawah standar 16:9, meski resolusinya mampu mencapai 1.024 x 768 piksel seperti netbook.

Tidak multitasking:

Jika diasumsikan untuk menggantikan netbook, iPad seharusnya bisa multitasking. Misal, membuka Twitter bersamaan dengan membuka inbox e-mail.

Tanpa kamera

Hampir seluruh gadget muncul dengan fitur kamera. Namun, iPad melupakan fitur penting itu. Otomatis, tanpa kehadiran kamera, iPad tidak bisa menangani video iChat.

Tidak ada port HDMI:

iPad tidak bisa digunakan untuk melihat video TV dengan definisi tinggi, seperti hasil video yang di-download dari iTunes.

Tanpa dukungan Adobe Flash

Google mengumumkan iPad memiliki fitur flash. Namun, kenyataannya, iPad hanya dilengkapi HTML5 standar konten multimedia, termasuk video streaming seperti pada YouTube.

Tanpa port USB

Pad memilki single dock konektor, namun tanpa port USB untuk koneksi, seperti USB flashdrive. Jika ingin memasang, misalnya iPad digital kamera, user harus membeli USB adapter lebih dahulu.

GPS tidak full

Apple hanya menggunakan A-GPS via wifi dan 3G. Masalahnya, A-GPS masih kurang akurat karena user harus memakai koneksi ponsel aktif untuk mendapat informasi lokasi. Artinya, jika user berhenti membayar langganan data mobile atau berada di zona dengan koneksi rendah, fungsi GPS tidak bisa digunakan. Jika iPad untuk keperluan traveling, alangkah baiknya dilengkapi chip GPS seperti pada iPhone.
 
Back
Top