Kebakaran Landa Pasar Batu Akik Rawabening

Kalina

Moderator
Jakarta - Kebakaran melanda kawasan Pasar Batu Akik, Rawabening, Jakarta Timur. Api mulai melahap bangun di lokasi selepas salat Subuh.

"Kejadiannya sekitar pukul 05.00 WIB," ujar petugas dinas pemadam kebakaran Jakarta Timur, Komarudin, kepada detikcom, Rabu (10/2/2010) pukul 06.10 WIB.

Menurut Komarudin, penyebab kebakaran belum dapat diketahui. Untuk mengatasi kobaran api, 17 mobil pemdam kebakaran dikerahkan. Meski demikian, api terus berkobar dan para petugas masih berada memadamkan.

"Api masih menyala," jelas Komarudin.
 
Bls: Kebakaran Landa Pasar Batu Akik Rawabening

Rabu, 10/02/2010 07:25 WIB
Kebakaran di Pasar Batu Akik Sudah Mulai Padam

Jakarta - Api yang melahap pasar Batu Akik Rawabening, Jakarta Timur sejak pukul 05.00 WIB mulai meredup. Si jago merah yang sebelumnya membumbung tinggi kini tak tampak lagi.

"Sekitar pukul 06.55 api mulai padam namun belum tuntas benar," ujar petugas dinas pemadam kebakaran Jakarta Timur, Komarudin, kepada detikcom, Rabu (10/2/2010) pukul 07.05 WIB.

Menurut Komarudin, 17 mobil pemadam kebakaran akhirnya mampu menjinakkan si jago merah. Namun, petugas pemadam saat ini tengah melakukan pendinginan di lokasi karena masih ada bara api yang belum dipadamkan. "Mungkin baru akan tuntas benar sekitar 20 menit lagi," jelasnya.

Sementara itu terkait jumlah kios yang terbakar dan korban, Komarudin mengaku belum mendapat laporan dari petugas di lapangan. Meski demikian, kata Komarudin, kondisi disekitar lokasi mulai normal.

"Arus lalulintas lancar," tutupnya.
 
Bls: Kebakaran Landa Pasar Batu Akik Rawabening

Pedagang Mengais Barang, Kebakaran Diduga Akibat Korsleting

rawabening.jpg


Ratusan pedagang Pasar Batu Akik, Rawabening, Jakarta Timur, masih berusaha mengais barang-barang sisa kebakaran. Mereka mengevakuasi sejumlah barang seperti patung.

Selain itu pedagang juga ada yang mengevakuasi meja ukir dan batu akik yang dibungkus dalam kardus.

Kapospol Rawabening AKP Edy mengatakan, ada 793 kios di Pasar Batu Akik itu. Kios yang terbakar sekitar 500 kios. Diduga kebakaran muncul dari salah satu lapak sepuh emas yang diakibatkan arus pendek (korsleting listrik).

Edy membantah adanya unsur sabotase dalam kebakaran itu. "Tidak benar kalau ada unsur kesengajaan dalam kebakaran ini," tegas Edy.

Kebakaran terjadi pukul 05.00 WIB. Api berhasil dipadamkan pada pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa pada kebakaran ini.

Selama proses pemadaman api, polisi berjaga di sekitar pasar karena khawatir terjadi penjarahan. Pasar batu akik Rawabening merupakan pasar batu cincin kelas dunia. Pembelanjanya tidak hanya hanya orang lokal, tapi banyak juga dari luar negeri.

Batu cincin dari berbagai negeri tersedia di pasar tradisional ini. Asli atau palsu, lengkap. Harganya pun bervariasi, ribuan hingga ratusan juta rupiah. Batu yang dijajakan misalnya rubi, safir dan zamrud.
 
Bls: Kebakaran Landa Pasar Batu Akik Rawabening

Tinjau Pasar Batu Akik, Foke Perintahkan Pedagang Pakai Kios Baru

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) meninjau Pasar Batu Akik Rawabening, Jatinegara yang terbakar. Foke memerintahkan pedagang untuk memakai kios yang baru.

Saat baru tiba di Pasar, Foke menyalami para pedagang dan berkeliling untuk melihat kios-kios yang terbakar. Para pedagang menyambut kedatangan Foke sambil berteriak 'Hidup Foke!'

Foke datang didampingi Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Hasanuddin.

"Alhamdulillah Pak Gubernur mau melihat kejadian ini. Kalau bukan Pak Gubernur kepada siapa lagi kita mengadu," ujar salah seorang pedagang kepada Foke, Rabu (10/2/2010).

Mendengar itu, Foke yang mengenakan batik coklat lengan panjang dipadu celana panjang hitam, hanya senyum-senyum saja.

"Saya sudah perintahkan mulai hari ini para pedagang gunakan saja tempat yang baru (Gems Center Rawabening)," kata Foke.

Setelah berkeliling, Foke berhenti di salah satu kios yang menjadi pemicu kebakaran. Foke membantah kebakaran itu karena adanya sabotase.

"Program pemindahan pedagang Rawabening sudah direncanakan jauh-jauh hari. Kalau memang ada orang iseng mau menjahili, kan bulan-bulan lalu, nggak mungkin beberapa hari ini. Jadi sebaiknya kita selesaikan saja semuanya pada pihak Kepolisian," tegas Foke.

Setelah memantau lokasi kebakaran, Foke memasuki Gems Center Rawabening. Foke berkeliling di bangunan yang sudah jadi itu dan belum dihuni pedagang.

Rencananya para pedagang akan mulai memasuki tempat itu pada 15 Februari 2010 (sebelumnya ditulis 16 Februari 2010).
 
Bls: Kebakaran Landa Pasar Batu Akik Rawabening

Foke: Pedagang Bisa Langsung Tempati Lokasi Baru

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meninjau lokasi kebakaran di Pasar Batu Akik, Rawabening, Jakarta Timur. Dia pun meminta kepada para pedagang untuk segera menempati lokasi baru yang telah disediakan oleh Pemprov DKI.

"Mereka sudah bisa langsung menempati tempat yang baru. Tidak usah nunggu tanggal 15, karena pendapatan mereka kan keseharian dari berdagang," kata Foke di lokasi kebakaran, Rabu (10/2/2010).

Foke menjelaskan, sebenarnya pada 15 Februari nanti sudah direncanakan pemindahan pedagang ke Gems Center Rawa Bening. "Tapi sangat disayangkan, menjelang beberapa hari kepindahan terjadi kebakaran. Investigasi kita serahkan ke polisi," imbuh Foke.

"Untuk sementara penyebab kebakaran dari arus pendek listrik. Kita ingin ajak semuanya untuk serahkan ke polisi," imbuh pria berkumis ini.

Dia menambahkan, tempat yang terbakar saat ini akan dikembalikan kepada fungsinya semula, yakni sebagai fasilitas olah raga.
 
Back
Top