Manfaat Biji Pepaya... Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Manfaat Biji Pepaya...

Merawat kesehatan mata tak memerlukan biaya dan usaha yang banyak, selama kamu displin melakukannya, mata kamu akan senantiasa berbinar indah dengan tatapan yang menebarkan aura kebahagiaan.
Menurut dr. Rini Mahendra SpM salah satu cara perawatan murah ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata.
Bila kamu tidak tahan akan rasa getirnya, maka kamu dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.
Sekain itu, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata, misalnya yang mengandung antioksidan, seperti karotin (banyak dijumpai pada sayuran wortel dan bayam), mengandung seng (terdapat pada daging sapi atau domba), dan selenium (pada ikan atau daging merah).
Sudah sering pastinya orang tua mengingatkan untuk makan wortel supaya mata kita cerah. Tetapi ternyata data yang diterbitkan di Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa buah-buahan-lah yang akan memberikan perlindungan dan mencegah kerusakan mata. Tiga porsi buah per hari akan mencegah kerusakan mata dengan sangat kuat.
Sementara dalam kesehariannya, menjaga mata pun tak membutuhkan banyak pantangan. Menonton televisi merupakan hal yang aman bagi mata, karena peregangan di mata saat melihat televisi tidak terlalu berlebihan dibanding saat membaca. Tetapi ada beberapa hal kecil yang mesti kamu perhatikan.
Perhatikan pencahayaan yang memadai, usahakan agar tidak terlalu besar dan terlalu rendah. Pencahayaan yang terlalu kuat dapat mengurangi kontras di layar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya tidak menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan di televisi, dan jaga warna di sekitar televisi bercorak netral.
Sebaiknya cahaya di ruang televisi tidak gelap total. Ruangan yang gelap total mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan mata.
Untuk jarak menonton, setidaknya jarak antara mata dan televisi adalah lima kali diameter layar. Pada jarak tersebut, gambar dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu mata. Jika sering menonton dalam jarak dekat, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan mata.
Pastikan televisi telah diatur dengan baik, sehingga posisi televisi sejajar dengan mata dan ketika menonton tidak harus mendongak atau membungkuk.
Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu lama mengakibatkan mata teregang dan kering. Beberapa tips yang berkaitan dengan layar televisi dapat digunakan saat menggunakan komputer.
Jika sudah terlalu lama, sebaiknya berhenti dulu beberapa saat untuk mengistirahatkan mata. Selain itu, sering berkedip juga disarankan untuk menghindari mata kering.
Jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai degan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.
Pastikan monitor yang anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya menggunakan monitor LCD (layar datar) karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor CRT (layar tabung).
Gunakan screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi. Pun jika mengalami gangguan penglihatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli mata, dan jangan sekali-kali berusaha untuk memperjelas pandangan mata dengan mengusapnya menggunakan jari, karena hal ini dapat menyebabkan retina mata sobek.
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

yups, kalau mentah pasti getir banget tuh... tapi klo disangrai masih mending kali ya.. lom pernah nyobain nih.. tapi klo bisa menyehatkan mata, boleh juga tuh dicobain...
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 243

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
yups, kalau mentah pasti getir banget tuh... tapi klo disangrai masih mending kali ya.. lom pernah nyobain nih.. tapi klo bisa menyehatkan mata, boleh juga tuh dicobain...
aku uddh nyobain tu artikel di atas.....lumanyan juga sih ada sedikit perubahan.
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

nyobain makan langsung gitu? apa disangrai? terus perubahan yang dirasakan kayak apa tu anak dumai?
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 243

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

Kutip:
Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata.
Nice Info, dicoba deh. Biar mata jernih juga ya?
World Level

Post: 10.653
 
Reputasi: 302

__________________
Asyifa





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

Kutip:
Oleh Gia_Viana View Post
Nice Info, dicoba deh. Biar mata jernih juga ya?
@ non bla_bla_bla :nyobain makan langsung gitu? apa disangrai? terus perubahan yang dirasakan kayak apa tu anak dumai?

@gia : klu aku sih yg lebih penting mata hati harus di jernihkan

@ bla_bla_bla : gila getir amat rasanya..pandangan agak lebih terang dari pada biasa tapi sekarang udh ngk komsumsi lagi.
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

Kutip:
Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata.
pk kata2 konon berarti blm ada penelitian ilmiah ya
jd kuatir ada efek samping
mojave
Mod

Post: 51.225
 
Reputasi: 1170






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

Kutip:
Oleh anak_dumai View Post
@ non bla_bla_bla :nyobain makan langsung gitu? apa disangrai? terus perubahan yang dirasakan kayak apa tu anak dumai?

@gia : klu aku sih yg lebih penting mata hati harus di jernihkan

@ bla_bla_bla : gila getir amat rasanya..pandangan agak lebih terang dari pada biasa tapi sekarang udh ngk komsumsi lagi.
oh gitu ya, berarti anak dumai udah ngebuktiin sendiri kasiatnya donk..

Kutip:
Oleh mojave View Post
pk kata2 konon berarti blm ada penelitian ilmiah ya
jd kuatir ada efek samping
huahaha.. mungkin efek sampingnya rasa getir kali bay..
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 243

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Manfaat Biji Pepaya...

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
oh gitu ya, berarti anak dumai udah ngebuktiin sendiri kasiatnya donk..


huahaha.. mungkin efek sampingnya rasa getir kali bay..
betul efek samping yg di timbulkan emang cuma rasa getir doank....
anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Manfaat Biji Pepaya...

wew bisa buat mata?
tiaseptiani
Staff

Post: 20.959
 
Reputasi: 209

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Manfaat Biji Tomat dindadinda Flora, Pertanian & Perkebunan 3
Atasi Uban Dengan Biji Pepaya ramon Flora, Pertanian & Perkebunan 8
Manfaat Pepaya Megha Flora, Pertanian & Perkebunan 1
Pepaya bisa mengugurkan kehamilan!!! Megha Kesehatan 1
Bubur Isi Pisang Saus Pepaya andy_baex Memasak & Makanan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.