Dua Kebakaran Hebat Terjadi di Berau Kalimantan Timur

Kalina

Moderator
116421large.jpg


TANJUNG REDEB - Sehari kemarin (9/2) dua kebakaran hebat terjadi Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kebakaran pertama terjadi di Hotel Adhi, Jalan Rambutan, Kecamatan Teluk Bayur. Api juga melahap mes karyawan dan sebuah rumah di dekat hotel tersebut. Sedangkan kebakaran kedua terjadi di SPBU Jalan H Isa III, Kecamatan Tanjung Redeb. Api tidak sampai menghanguskan seluruh SPBU.

Api di Hotel Adhi dapat dipadamkan setelah enam mobil pemadam kebakaran (PMK) dikerahkan ke lokasi. Petugas harus berjuang selama sekitar sejam, sebelum api benar-benar padam. Sementara itu, untuk memadamkan api di SPBU, petugas harus mengerahkan lima mobil PMK. Tidak ada koban jiwa dalam peristiwa kebakaran di dua tempat itu.

Kasatreskrim AKP Gunawan yang mewakili Kapolres Berau AKBP Armed Widjaya menyatakan, peristiwa kebakaran di SPBU itu diduga disebabkan hubungan pendek arus listrik. Peristiwa berawal dari pemindahan premium di tangki nomor 4 ke tangki lainnya dengan menggunakan mesin pompa (alkon).

Karena ada kabel yang terkelupas dan terjadi hubungan singkat, percikan api dari kabel pun langsung menyulut premium yang dipindahkan. "Saat ini kami masih terus memeriksa. Selain itu, menunggu keterangan dari pihak Pertamina," kata Gunawan kemarin.

Dia menambahkan, kebakaran di SPBU tersebut tidak sampai menyulut premium yang berada di dalam tangki. "Kalau sampai itu terjadi, dipastikan terjadi ledakan. Sebab, stok premium di SPBU itu masih sekitar 80 ribu liter," sebut Gunawan.

Kapolsek Teluk Bayur AKP R. Sigit Hutomo yang dikonfirmasi terpisah menyatakan, sumber api kebakaran di Jalan Rambutan diduga berasal dari lilin di sebuah kamar mes pekerja hotel. "Tapi, kami masih mengembangkan penyelidikan kasus ini. Kami masih meminta keterangan dari saksi-saksi dan korban," kata Sigit.
 
Bls: Dua Kebakaran Hebat Terjadi di Berau Kalimantan Timur

Ada apa di dunia ini, kebakaran dimana-mana, begitu juga dengan banjir. Tanah Longsor pun terjadi. Bumi sudah tua..
 
Back
Top