2 Tips Melawan Rasa Sakit

Berikut 2 Tips Melawan Rasa Sakit

Pertama
Seseorang bisa menahan rasa sakit dengan cara bernapas perlahan-lahan dan secara dalam. Teknik bernapas seperti ini memiliki efek mengurangi rasa sakit.

Kebanyakan orang dewasa yang sehat bernapas sebanyak 12-14 kali dalam satu menit. Namun dengan bernapas secara pelan-pelan hanya 6 kali napas dalam satu menit dapat menjadi efek yang kuat untuk mengurangi rasa sakit.

Cara bernapas seperti ini tidak hanya memberikan efek jangka pendek dengan mengurangi rasa sakit akibat terluka atau luka bakar. Tapi dapat membantu ribuan orang yang mengalami penyakit kronis pada sendi dan ototnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini didapatkan seseorang bisa menahan rasa sakit yang lebih baik dan lebih lama jika melakukan cara bernapas perlahan-lahan dan secara dalam. Selama ini orang bernapas secara perlahan-lahan agar menjadi rileks saat dilanda gugup atau takut.

Seperti dikutip dari Dailymail, Senin (8/2/2010) studi ini dilakukan oleh peneliti dari Amerika Serikat yang mempelajari sekelompok perempuan setengah baya yang sehat dengan perempuan yang memiliki penyakit fibromyalgia. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit tapi tanpa ada penyebab yang jelas.

Kedua kelompok perempuan ini diberikan rasa panas dengan temperatur yang berbeda pada bagian tangannya, lalu para ilmuwan mengukur seberapa banyak rasa sakit yang bisa ditolerir. Ternyata didapatkan perempuan yang hanya bernapas setengah dari jumlah napas normal dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Hal ini disebabkan karena dengan bernapas secara perlahan-lahan dapat memberikan efek yang langsung pada sistem saraf simpatik. Saraf simpatik adalah serat di dalam sistem saraf pusat yang membantu mengontrol aliran darah serta temperatur kulit.

Berdasarkan hasil penelitian ini, jika seseorang mengalami rasa sakit akibat sebab apapun usahakan untuk bernapas secara perlahan-lahan dan mendalam. Karena dengan bernapas seperti itu dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan.


Kedua
Ketika merasa bagian tubuh tertentu sakit, misalnya lutut, punggung, leher, anda mungkin langsung mencari obat pereda atau penawar sakit. Atau menggunakan obat pereda sakit resep dokter. Para ahli menemukan, ada cara alamiah untuk mengatasi rasa sakit, yaitu sebagai berikut:
Relaksasi atau Tidur Dalam dan Tepat
Menurut direktur Sleep Disorders Center di Columbia Presbyterian Medical Center, New York City, tidur adalah waktu di mana tubuh dapat melakukan pekerjaan perbaikan. Jadi, jika anda sakit karena cedera atau karena kondisi lainnya, tubuh akan bisa memeranginya dan bekerja menyembuhkan sakit ketika anda tidur. Relaksasi juga penting. Selain membantu cepat tidur, juga menurunkan ketegangan otot yang dapat membantu meredakan sakit atau mencegah sakit jadi memburuk. Merasa rileks juga bisa membantu cara pengobatan rasa sakit lainnya yang digunakan, bekerja secara lebih baik. Relaksasi bisa dilakukan dengan latihan pernapasan dalam, mendengarkan music tenang, atau mengerjakan hobi atau aktivitas repetitive. Contohnya merajut.




Saya Mendapatkan $10 / Hari Melalui --->www.forexnews.co.tv<---​
 
Bls: 2 Tips Melawan Rasa Sakit

Nice Info

tapi kalau sedang sakit hati/ patah hati. Tidak bisa diredakan mas, apalgi di bawa tidur.hehehe
 
Back
Top