Siasat Agar Mobil Anda Cepat Terjual

nurcahyo

New member
Siasat Agar Mobil Anda Cepat Terjual

Kapanlagi.com - Saat tiba waktunya menjual mobil Anda, Anda tidak akan pernah mendapat kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang luar biasa.

Saat Anda memutuskan untuk menjual mobil Anda, baik ke pihak ketiga atau tukar tambah ke penyalur,Anda ingin memaksimalkan uang yang akan Anda terima bukan?Charlie Vogelheim,editor Kelley Blue Book telah menyiapkan beberapa tips untuk menyiapkan mobil Anda yang akan dijual.

Membuat Mobil Menarik

"Hal yang paling utama adalah membersihkan mobil di dalam dan luar," kata Vogelheim kepada MSN Auto. "Jika mobil lebih tua,mencuci dan melapisi mobil dengan baik pada eksterior dan menyedot debu di dalam mungkin sudah cukup. Detil untuk bertukar tambah tergantung pada umur dari mobil."

Dan jika mobil hampir baru, Anda mungkin akan membawanya ke profesional yang lebih detil dan meminta mereka membersihkan bagian dalam, bagian luar dan mesin.

Vogelheim mengusulkan mengambil perbaikan penuh mobil sebagai alternatif mendapat detil lengkap. Sudahkah mobil dicuci seperti ekstra layanan yang disediakan seperti seperti menyedot debu, menyeka bagian dalam dan menutupi goresan dan mobil perlu tampil kelihatan menarik.

Mobil yang bersih dan berkilauan memberi kesan bahwa Anda memperhatikan mobil itu dan sudah merawatnya dalam kondisi yang baik. Pada sisi lain, suatu mobil yang kotor penuh sampah akan berdampah sebaliknya, dan boleh jadi akan menurunkan harganya dimata calon pemilik baru yang potensial.

"Makin baik penampilan mobil dan makin luas yang didapatkan calon pembeli, sekalipun mungkin Anda tidak mendapat banyak uang saat menjual, Anda mungkin dapat menjualnya lebih cepat," kata Vogelheim.

Memperbaiki Kerusakan yang Kelihatan

"Anda harus memperbaiki dimanapun materi yang rusak dan gampang diganti, seperti lampu besar dan lensa," kata Vogelheim. "Anda tidak ingin memberi seorang pembeli suatu alasan untuk tidak membeli mobil Anda."

"Kesukaran untuk memperbaiki kerusakan body adalah bahwa semakin besar jumlah kerusakan, semakin sedikit investasi Anda yang kembali saat menjual mobil," Vogelheim menambahkan. Tetapi tentu Anda tidak ingin kerusakan pada mobil menghalangi Anda menjual mobil.

"Masalah lainnya adalah mutu perbaikan tidak konsisten," lanjut Vogelheim. "Dan setelah perbaikan selesai, akan selalu ada pertanyaan seberapa banyak kerusakan yang benar-benar terjadi sebelum dilakukan perbaikan."

Gagasan yang terbaik mungkin adalah menuliskan estimasi biaya untuk perbaikan kerusakan dan menggunakannya sebagai alat negosiasi, saran Vogelheim.

Perbaikan Paintless Dent mengecat dan sentuhan airbrush

Perbaikan dengan paintless dent bisa merupakan suatu alternatif terbaik untuk badan mobil yang sedikit melesak. Teknisi menggunakan perkakas khusus untuk memijat punggung metal yang melesak ke posisi aslinya tanpa mengecat kendaraan dan pekerjaan dapat dikerjakan dalam beberapa jam.

"Dan jika kamu mempunyai banyak bagian yang melesak/penyok untuk diperbaiki,Anda dapat merundingkan untuk memperbaiki beberapa bagian yg penyok pada waktu yang bersamaan untuk mengurangi beban biaya daripada memperbaiki sendiri-sendiri," usul Vogelheim.

Sentuhan airbrush akan memperbaiki goresan kecil juga merupakan suatu ide yang bagus karena hal ini adalah suatu kosmetik dan membuat mobil tampak lebih baik. Perbaikan dilakukan dengan cepat dan banyak bengkel yang bisa mengerjakannya.

Kaca depan mobil dan Ban

"Jika kaca depan mobil retak, Anda harus menggantinya, tergantung pada lokasi keretakan dan seberapa besar," jelas Vogelheim. Para pembeli boleh menggagalkan pada retakan 6 inch dekat garis pandang pengemudi.

Berbicaralah pada ahli untuk perbaikan kaca depan mobil tentang perbaikan retakan seekonomis mungkin.

"Sebagian besar, dealer akan melakukan lebih banyak pekerjaan sebelum menjual kembali karena mereka juga menerima mobil untuk beberapa periode waktu," jelas Vogelheim. "Sehingga dealer akan mengurangi ongkos pekerjaan perbaikan yang akan dibuat dari jumlah yang akan mereka bayar untuk mobil Anda."

Vogelheim menambahkan agar mobil perlu mempunyai ban yang layak. "Ban harus sesuai dan cocok untuk kendaraan itu. Jika Anda menjual kendaraan itu ke dealer ban harus benar-benar baru untuk menghindari penurunan nilai mobil."

Ingat catatan perbaikan

"Usahakan untuk mempunyai semua arsip lengkap dan rapi untuk calon pembeli prospektif Anda," saran Vogelheim. "Ini akan menambah kepercayaan bahwa mobil telah dirawat dengan baik."

Jika mobil telah diperbaiki pada dealer, catatan servis akan disimpan di komputer. Mintalah kopi dari sejarah perbaikan mobil Anda ke dealer

Pertimbangan Lain

Bersikaplah obyektif atas kondisi mobil Anda dan jujurlah pada calon pembeli Anda tentang problem serius atau perbaikan yang harus dilakukan pemilik baru juga harus dikemukakan.

Jual mobil Anda apa adanya. Anda bukan Dealer dan Anda adalah tidak perlu memberikan garansi apapun atas mobil itu. Tetapi hati-hati bila Anda tidak sengaja salah menggambarkan kondisi mobil Anda, atau pembeli mungkin punya beberapa kesulitan.

Termasuk pernyataan dalam nota penjualan Anda bawa mobil dijual apa adanya dan menyimpan kopi nota penjualan untuk arsip Anda. Nota penjualan akan menetapkan tanggal penjualan dan melindungi Anda dari kewajiban apapun di kemudian hari.

Akhirnya, meminta pembayaran dalam bentuk cek atau perintah transfer dari kasir untuk menghindari kesulitan dari cek pribadi atau transaksi tunai.
 
Mobil harus dirawat dengan baik agar tidak terlalu rusak. Sehingga kalau mau dijual lagi bisa lebih bagus dan laku segera.
 
Back
Top