Pernikahan Adalah Meninjau Kufu (kesamaan/ kemiripan karakter)

asryibnuthoheb2

New member
Dalam pernikahan rasulullah menganjurkan kesamaan atau kufu, maksudnya agar jangan sampai dalam rumahtangga terjadi kesenjangan antara suami dengan isteri. Hal ini pernah dialami oleh Zaid dan Zaenab binti Jash. Zaid adalah putra angkat Nabi, sedangkan Zainab adalah keluarga dari keturunan terhormat Arab Quraisy, sekiranya bukan karena rasulullah saw. yang menjodohkan mereka, tentu keduanya sudah menolak. Namun demi menghargai dan menghormati keputusan nabi, mereka akhirnya menikah meski akhirnya mereka bercerai.

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi nikmat kepadanya:”Tahanlah terus isterimu dan bertaqwalah kepada Allah”, sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu (1) apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia"

(1) Ayat ini bukan menyatakan hasrat nabi terhadap Zainab (na'udzubillaah).....Tapi Nabi tahu, pernikahan itu tidak akan berjalan mulus, namun demi menjalankan perintah Allah, mereka ditikahkan jua.
 
Bls: Pernikahan Adalah Meninjau Kufu (kesamaan/ kemiripan karakter)

waahh keren ini....hmm tapi aku move ke forum agama saja yak... biar terbahas dengan koridor agama Islam
 
Bls: Pernikahan Adalah Meninjau Kufu (kesamaan/ kemiripan karakter)

Betul bang resi,... tapi content nya bagus juga tuh
 
Bls: Pernikahan Adalah Meninjau Kufu (kesamaan/ kemiripan karakter)

Hanya saja perlu sikap bijak dalam masalah ini.Memang kesederajatan lebih berpeluang besar menghindari konflik2 rumah tangga yang sulit terselesaikan dan anjuran dari agama bahkan bisa menjadi syarat sah sebuah pernikahan jika wali atau si perempuan memintanya.Tapi kurang tepat juga jika terlalu mencari kesedrhanaan sampai pada hal2 kecil, apalagi sampai mengesampingkan anjuran agama yang lain, yaitu aspek nilai keagamaan pasangan.Karena jika kita telah mendapatkan yang terakhir ini, semua perbedaan insyaAllah tidak akan menjadi sumber masalah dalam rumah tangga kita.;)
 
Back
Top