Sentuhan Kayu di Mobil Mewah...Makin Keren!

nurcahyo

New member
Sentuhan Kayu di Mobil Mewah...Makin Keren!

Kapanlagi.com - Saat mobil pertama kali ditemukan sepenuhnya berasal dari kayu, mulai dari roda, kerangka, sampai seluruh body mobil terbuat dari batangan-batangan kayu, namun jaman telah berubah.

Namun saat ini tak seorangpun akan membuat kerangka dari kayu (dengan perkecualian refuseniks Morgan) meskipun beberapa produsen mobil yang membuat dashboard dan door cap dari bahan kayu. Mengapa? Mungkin lebih karena gengsi yang mungkin sebanding dengan TV berwarna dan kamar toilet mewah dalam gedung yang membuat Anda merasa sebagai bagian dari bonafitas di kalangan kelas menengah.

Apa yang lebih mengejutkan selain para ahli di klinik modern Jerman yang tak hanya mengambil getah dari pohon elm namun juga menambahkan model cabin yang lebih aksi. Mungkin mereka menjadi pelopor dalam sikat aluminium dan plastik dengan sentuhan lembut. Namun kita juga bakal dimanjakan dengan M3 yang dilengkapi sebuah cabinet minuman dengan kotak sampah didalamnya.

Namun produsen dari kawasan timur juga tak bisa memproduksi yang lebih baik lagi, meraka menggunakan pohon kayu dengan tampilan anaemic ke dalam sebuah model premium selama bertahun-tahun lamanya. Namun tampaknya produsen Jepang mulai bangkit dengan memproduksi mobil mewah dengan sentuhan kayu yang berkualitas. Ehm...mau tahu bahwa kayu juga manis?

1. JAGUAR

Sementara obsesi Jaguar dengan hasil hutan mulai tak terkontrol, cobalah tengok dealer-dealer yang menjual Jaguar akhir-akhir ini? Secara alamiah kita bisa mengibaratkannya dengan seorang resepsionis yang bekerja dengan komputer namun bukan sembarang komputer, karena keyboard dan layarnya semua terbuat dari kayu!

Namun tentu saja semua itu tampak konyol karena semua itu hanyalah songgok kayu palsu, dengan tekstur yang kasar dan tampak kaku.

Untungnya kemewahan yang disuguhkan Jaguar XK-R bukan sesuatu yang menggelikan, dengan sentuhan akhir kayu yang banyak menggunakan Pina Colada daripada Vintage Port.

XK-R memiliki dua pintu convertible yang berkembang menjadi 400bhp dari supercharged 4,2 liter pada mesin V8, membawa kita menuju kecepatan 62 mph dalam 5,2 detik dan menantang kita untuk meningkatkannya menjadi 155 mph. Mesin yang dikawinkan dengan gearbox otomatis six-speed dan sewaktu mobil licin dan melaju dengan kecepatan tinggi mesin akan mentransformkannya pada kumparan roket jika Anda menginjakkan kaki kanan Anda.

Dengan kapasitas tersebut Jaguar akan tampak semakin cepat, dengan ukuran yang lumayan kecil namun elegan, XK regular tampak elegan. Dalam warna gelap yang kontras dengan tutup serta paduan sporting 20" BBS berjari-jari sembilan membuat tampilan Jag tampak lebih anggun, mewah dan menawan.

Penampilan interior bisa dibilang sama dengan penampilan luranya, seperti yang banyak kita jumpai pada mobil-mobil sport, dengan bangku yang didesain lebih menonjol namun mudah disesuaikan jika pengemudi merasa khawatir dengan penumpang anak-anak.

Penutup pada dua ruangan terbuat dari kulit yang ditarik dengan kuat dengan model persneling yang terlalu keras. Namun tanpa sebuah kelemahan tak akan ada Jaguar, dan memang sesuai dengan gaya Anda, bagaimana dengan Lexus SC430?

2. LEXUS

Lexus yang mudah disesuaikan tampak tak familiar di dunia media mobil, namun tanpa keanggunan yang kita dapati pada Jaguar, mereka masih menyuguhkan sesuatu yang istimewa untuk ditonjolkam.

Mobil ini memiliki kelemahan pada pada kekuatan mesinnya yang merupakan rata-rata 2003 atau SC430 yang kurang menarik meskipun telah mengalami perbaikan. Meskipun memiliki beberapa kelemahan baik Jaguar dan Lexus merupakan mobil yang memiliki nilai GT yang mudah disesuaikan.

Lexus juga memiliki bangku yang kurang tepat jika kita menggunakannya untuk belanja namun cukup nyaman untuk perjalanan jauh.

Tak seperti Jaguar, Lexus lebih cepat, namun tak begitu brutal dan mampu mencapai 62 mph hanya dalam 6,4 detik. Mesin V8 berkapasitas 4,3 liter mengembangkan 282 bhp, beberapa mirip dengan 118 bhp pada Jaguar, namun dengan perpindahan otomatis.

Seperti Jaguar, interior yang ditawarkan Lexus juga didominasi kulit namun lebih mewah dibanding Jaguar. Jika XK-R menekankan pada sisi tradisi dan kenyamanan, Lexus lebih modern dan efisien. Dengan sentuhan lembut audio sistem Mark Levinson yang teletak manis di bagian belakang slick door. Menawan untuk dilihat dan nyaman digunakan.

3. MERCEDES BENZ

Tentu saja yang memimpin semua kelas masih dipegang Mercedes Benz-SL. Bahkan dalam ukuran standar yang masih lebih baik dibandingkan Jaguar ataupun Lexus, namun SL500 akan membuat nyali Anda ciut dengan patokan harga ?70.000, dan akan membuat status kita semakin naik saat mengendarai mobil ini dibanding dua mobil sebelumnya.

XK-R hanya berkisar sekitar ?63.350 namun harga standar XK dapat mencapai ?8.000. Sedangkan Lexus, hanya mematok harga spesifikasi standar sekitar ?50.855. Jaguar dan Lexus memang berbeda, namun masih memiliki sisi objektif yang mirip.
 
Kayu merupakan material yang menarik untuk dijadikan bagian mobil, terutama interior. Di sini bisa dijadikan aksen yang mantap atau dashboard juga sip.
 
Back
Top