Mobil 'Compact', Keren Juga!

nurcahyo

New member
Mobil 'Compact', Keren Juga!

Kapanlagi.com - Jangan hanya terpaku pada ukuran, compact SUV menawarkan all-wheel drive, kenyamanan, keamanan dan masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan.

Ada sedikitnya 20 model compact SUVs (compact sport-utility vehicles) yang dijual di AS dan semua dipamerkan di ajang MSN Autos.

Patokan harga berkisar mulai US$16.000 untuk Honda Element dengan two-wheel drive dan mesin empat silinder yang mendekati harga US$32.000 untuk patokan Land Rover Freelander HSE dengan gabungan all-wheel drive permanen dan V6.

Jangan biarkan ukuran membodohi Anda. Mungkin kendaraan tersebut hanya muat untuk lima atau empat orang namun apakah kendaran tersebut memiliki four-wheel drive atau memberikan keleluasaan off-road.

Sekilas balik ke beberapa tahun kebelakang saat Freelander-nya Land Rover menjadi bagian integral dari kejuaraan memperebutkan Camel Trophy dimana tim diseluruh dunia bersaing memamerkan daya tahan fisiknya serta travel adventure.

Namun saat ini di AS Jeep Wrangler-lah yang tetap menjadi favorit dikalangan off-roaders.

Mesin bersilinder enam

Banyak kendaraan bertipe compact SUV kecuali Freelander dan Kia Sorento berkekuatan four-and six-cylinder.

Freelander yang diproduksi di Inggris hanya berkapasitas 172-tenaga kuda, 2,5-liter V6, sementara Chevrolet Tracker 2004 depan hanya berkapasitas 165-tenaga kuda, 2,5-liter V6. Mesin Tracker dilengkapi mesin bersilinder empat selain menawarkan two-door convertible model yang tak ditemui tahun lalu.

Suzuki juga tak menggunakan mesin empat silindernya dari jajaran mobil SUV-nya, untuk tahun 2004 semua mobil Suzuki- Vitara, Grand Vitara and XL-7- hanya dilengkapi V6, selain itu produksi Vitara dua pintu mulai tak diproduksi lagi.

Compact SUV yang hanya dilengkapi V6 juga dibuat oleh produsen mobil Korea Selatan, Sorento. Sorento datang dengan standar 192-tenaga kuda, 3,5-liter V6 dan mematok harga yang lumayan rendah. SUV dengan V6-powered ditawarkan ke pasaran mulai harga eceran sekitar US$19.000-hanya untuk Sorento 2004 dengan two-wheel-drive.

Santa Fe SUV produksi Hyundai tetap konsisten dengan mesin empat silindernya dan mesin pilihan V6. Untuk 2004 depan V6 akan diupdate dengan 3,5-liter powerplant pada mesin 195 tenaga kuda.

Xterra SUV andalan Nissan merupakan grup yang unik, meskipun termasuk mobil SUV berukuran kecil namun Xterra menawarkan supercharged V6 dengan maksium tenaga sekitar 210 tenaga kuda dengan gaya putar 246 lb-ft 2800 rpm. Namun Xterra menuntut penggunaan bakar premium. Xterra juga memiliki mesin empat silinder dan aspirated V6 natural.

Subaru Forester juga tak mau ketinggal menawarkan produk compact SUV-nya dengan menawarkan mesin turbo untuk keluaran 2004. Forester baru 2,5XT memiliki kapasitas 210 tenaga kuda dan gaya putar 235 lb-ft of 3600 rpm pada turbocharged-nya, 2.5-liter, dengan silinder pada posisi horisontal. Forester juga menggunakan bahan bakar tipe premium.

Mungkin dari semua compact SUV hanya Saturn VUE yang terkecil dengan kapasitas hanya 3,5-liter V6. mobil yang diproduksi Honda dengan fasilitas mesin Ohio sanggup menghasilkan daya sekitar 250 tenaga kuda yang tersedia di Saturn dengan perjanjian kontrak via VUE. V6 pada 2003 VUE memiliki kapasitas 181 tenaga kuda.

Empat silinder pada beberapa kasus

Sedikit sekali mobil SUV yang tak menawarkan mesin enam silinder. Kasus seperti ini bisa kita jumpai pada Element garapan Honda dan CR-V SUVs dengan kapasitas 160-tenaga kuda, 2,4-liter silinder empat dengan Variable Valve Timing-nya Honda serta Electronic Lift Control ataupun sistem VTEC.

2004 RAV4 didukung kekuatan 161-tenaga kuda, 2,4-liter empat silinder dengan dilengkapi variable valve timing, lebih dibanding mesin yang dimiliki 2003 RAV4.

Model Terbuka

Beberapa tahun silam, SUV berukuran kecil adalah media pengembangan model-model yang mudah diadaptasikan. Untuk tahun 2004 jumlah SUV berukuran kecil mulai beralih ke model atap terbuka seperti yang ditampilkan The Wrangler dan Freelander.

The Wrangler menonjolkan atap bertipe lembut dengan model konvendional. Sedang Freelander SE tiga pintu menuntut pengendaranya untuk memindahkan penutup bodynya yang keras dibagian belakang mobil.

Keistimewaan Tampilan

Honda CR-V memilki sebuah meja dalam ruang cargo yang bisa dimanfaatkan kapan saja kita melakukan piknik. Setelah dilipat maja bisa kita gunakan sebagai lantai ganda pada ruang cargo.

Saturn's VUE menggunakan panel dent-resistant (anti bengkok) dari plastik sedangkan Honda Element memasang dent-resistant-nya disekitar spatbor. Enaknya perangkat tersebut bisa dengan mudah digunakan pada sisi sisi pintu carginya tanpa perlu memasang pilar.

Sementara itu Xterra tampil dengan gaya barunya dengan memamerkan tubular-looking roof yang dapat di gunakan sebagai tempat penyimpanan maupun sebagai media kelengkapan. Untuk keluaran tahun 2004 Ford menawarkan sebuah inovasi atap No Boundaries yang berunag menjadi ruangan yang mudah dijangkau, keistimewaan ini bisa kita jumpai pada Escape SUV dari Ford. Namun tampaknya model 2004 mendatang bakal banyak terpaku pada VUE Red Linec, model baru VUE yang telah disesuaikan dengan penampilan rangkanya.

Keamanan

Compact sport utilities mungkin membawa citra yang sangat kecil dibanding SUV. Beberapa tahun terakhir perkembangan kendaraan jenis ini meningkat tajam dan semakin memicu perbaikan stabilitasnya. Namun untuk kontrol stabilitas terdapat beberapa model, misalnya 2004 RAV4 dan sebuah pilihan lain untuk model Xterra dari Nissan.

Curtain airbags (kantong udara) dapat diatur saat terjadi benturan maupun tubrukan sebagai bagian dari kemajuan mobil-mobil SUV, model airbags seperti ini bisa kita temui di Xterra. Selain airbags, mobil-mobil SUV juga dilengkapi monitor tekanan ban yang bisa membantu pengendara memantau kondisi ban mereka, fasilitas seperti ini bisa kita temui pada mobil Jeep Liberty 2004.
 
Mobil yang keren menjadi pilihan untuk banyak orang. Sehingga bisa dikondisikan dengan baik. Berhubung memang semua itu ada harga ada rupa.
 
Back
Top